MEMASAK DAGING DENGAN KOPI? LEZATKAH?

Jika selama ini kita menganggap kopi hanya untuk diminum, maka jangan kaget jika kopi ternyata juga bisa dipakai untuk memasak. Memasak steak khususnya!

SAYA tidak tahu banyak perihal masak-memasak apalagi memasak masakan sekelas steak. Namun saya langsung bergairah saat seorang teman yang memang jago masak mengatakan bahwa kopi bisa menjadi campuran masakan. Bukan hanya sekadar bisa, kopi berperan penting dalam memberi cita rasa maksimal khususnya dalam masakan steak!

Daging yang akan diolah menjadi steak atau BBQ biasanya dilumuri oleh bubuk kopi terlebih dahulu dan didiamkan beberapa saat. Para chef dan orang yang ahli di dunia makanan percaya bahwa kopi yang mengandung asam ini memiliki khasiat yang hampir mirip dengan cara kerja wine. Daging yang dilumuri kopi akan memberi rasa gurih pada daging tersebut. Dan tentu saja memberi ledakan rasa yang ajaib!

Khasiat kopi pada daging sama seperti rempah. Bahkan jika digabung dengan rempah lainnya dia akan bekerja lebih baik dan memberi hasil nikmat lebih baik. Tak hanya sebagai bumbu saja, kopi yang sudah diseduh mampu berperan sebagai pelunak pada daging tersebut. Biasanya daging direndam di dalam air kopi yang sudah diseduh selama 24 jam atau bisa kurang demi mendapatkan tingkat kelunakan yang cocok.

Enzim di dalam kopi tersebut bekerja secara ajaib melunakkan daging yang akan diolah menjadi ragam masakan. Selain itu, rasa unik dari kopi akan memberi proses karamelisasi dan membuat daging menjadi garing dan crispy di bagian luarnya. Sebuah kesempurnaan aroma, rasa dan tampilan mampu dilakukan kopi pada masakan yang mengandung daging ini.

Jadi jangan kira kopi hanya bisa diseduh ya. Karena secara mengejutkan minuman favorit kita ini mampu membuat masakan lebih lezat dari biasa.

 

Foto utama dari www.cbc.ca

Artikel disunting dari theroasterie.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.