MEMBEKUKAN BIJI KOPI, EFEKTIFKAH?

Kopi harus dijaga kesegarannya agar cita rasanya bertahan lama saat kita menyeduhnya. Namun sayangnya kopi terus kehilangan kesegarannya jika tak langsung dinikmati.

BANYAK yang mengatakan bahwa menyimpan kopi di dalam wadah kedap udara mampu mempertahankan kesegarannya dan membuat cita rasa kopi itu tinggal di sana lebih lama. Tak salah memang. Tapi menurut para ahli, kopi pascasangrai tetap mengalami proses oksidasi meskipun disimpan di dalam wadah kedap udara. Wadah kedap udara tak cukup ampuh menahan cita rasa yang kita mau. Meski membantu sedikit daripada kopi yang dibiarkan di dalam kemasan yang telah dibuka.

Salah satu cara paling efektif menurut para ahli kopi untuk mempertahankan cita rasa kopi lebih lama adalah dengan menyimpannya ke dalam lemari beku atau freezer. Hal ini ternyata bukanlah mitos karena beberapa orang telah membuktikannya. Salah satu adalah Jaya Pranata, Juara Kedua Indonesia Aeropress Championship. Jaya yang juga owner dari 38 Coffee Lab dan menggagas private coffee session Ke.Me.Ja. 38 ini telah mengaplikasikan cara ini untuk menunda proses oksidasi dan mempertahankan cita rasa kopi-kopi miliknya.

Foto dari osu.edu

Kebetulan Jaya Pranata sering mengoleksi biji-biji kopi dari roastery luar negeri yang akan sangat sayang sekali jika biji-biji kopi premium itu kehilangan kenikmatannya karena proses oksidasi yang terjadi seiring waktu. Dia berbagi tips kepada saya bagaimana dia mempertahankan biji-biji kopi agar senantiasa sama rasanya seperti sesaat setelah disangrai.

“Saya membekukan biji-biji kopinya untuk memberhentikan proses oksidasinya. Tapi sebelum dibekukan biji kopi tersebut harus di-seal dimasukkan ke dalam platik kedap udara dan ditutup rapat. Sangat rapat sehingga tak ada udara sama sekali. Disarankan menggunakan kemasan-kemasan kecil sekali seduh. Mungkin 18 gram atau sesuai kebutuhan sekali seduhmu. Setelah itu langsung disimpan di freezer,” paparnya.

Jaya Pranata berbagi tips soal penyimpanan biji kopi

“Tapi ingat saat dikeluarkan dari freezer, kopi-kopi ini harus langsung digiling. Karena saat dikeluarkan biji kopi akan terkena udara dan mungkin tersentuh air, berembun ataupun lembab. Jadi agar tak berubah rasa langsung digiling dan diseduh ya,” tambahnya lagi.

Jaya Pranata sudah lama melakukan teknik penyimpanan kopi di freezer ini. Dan menurutnya teknik ini sangat membantu untuk siapapun yang gemar menyukai kopi dan tak ingin buru-buru menghabiskan kopinya karena takut kehilangan kenikmatannya. “Dengan menyimpan di freezer kopimu bisa bertahan cita rasanya sampai 2 tahun!”

Dua tahun itu waktu yang lama, kawan. Ada yang mau coba menyimpan biji kopi di freezer juga?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Apabila biji kopi yg sudah beku di freezer, dikeluarkan langsung digiling, apakah grindernya tahan.?
    Kan kalau beku semakin keras dan padat

  2. setelah keluar dari freezer kan dia akan berembun karena uap air dari udara setelah keluar dari freezer, yang jadi pertanyaan apakah ini tidak melengket di grinder karena lembabnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.