MEMBERSIHKAN BURR MESIN GRINDER FEIMA 600N, BEGINI ULASANNYA

Mesin grinder yang sering kita gunakan untuk mengubah biji kopi menjadi bubuk kopi dan kemudian diseduh, sebenarnya harus dibersihkan berkala seberapa rutin tergantung intensitas penggunaannya. Berikut ini sekilas bagaimana cara membersihkan burr pada mesin grinder Feima 600N atau sering juga dikenal dengan sebutan grinder Latina 600N.

UNTUK menyeduh kopi yang sempurna mungkin menjadi sebuah pencapaian tiap orang, dengan mempelajari rasio seduh, metode seduh, bahkan mempelajari karakteristik air seduhan yang tepat untuk mencapai seduhan kopi yang nikmat. Tidak salah, namun terkadang sering lupa, untuk menyajikan kopi yang nikmat juga butuh alat-alat kopi yang mendukung untuk menyajikan seduhan yang sempurna. Salah satunya kebersihan alat kopi juga perlu diperhatikan, dan tidak hanya alat kopi saja, mesin grinder juga harus bersih agar bubuk kopi yang akan diseduh tidak tercampur dengan sisa-sisa bubuk kopi sajian sebelumnya yang menempel di burr grinder.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kemungkinan bubuk kopi terkontaminasi dengan sisa bubuk kopi sajian sebelumnya, banyak barista yang menggrinder biji kopi dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk mensterilkan grinder agar tidak mempengaruhi rasa. Hal yang demikian ini, untuk mencegah kemungkinan terkontaminasi rasa, namun ada baiknya untuk mesin grinder sendiri harus dibersihkan secara rutin sesuai kebutuhan, apakah sebulan sekali atau sebulan 2 kali tergantung seberapa banyak penggunaan mesin grinder untuk menggiling biji kopi.

Sebelum memulai langkah demi langkah membersihkan burr pada mesin grinder kita, berikut beberapa kebutuhan untuk membersihkannya.
– Obeng
– Kuas yang lembut
– Kain lap
Selain dari ini, kamu juga bisa menambahkan kebutuhan lainnya untuk membersihkan mesin grinder sesuai kenyamanan kita ketika membersihkannya. Untuk perlengkapan kebutuhan membersihkan alat-alat kopi, bisa dilihat di sini.

MELEPASKAN WADAH BIJI KOPI
Kebanyakan dari mesin grinder elektrik sangat mudah untuk melepaskan wadah penampung biji kopi sebelum digiling. Setelah dilepaskan kita bisa membersihkannya dengan kain lap untuk menghilangkan sisa-sisa minyak yang mungkin menempel di dalam penampung biji kopi tersebut. Namun, jika merasa wadah kopi pada grinder tidak perlu dibersihkan maka kita bisa langsung membersihkan burr saja.

MELEPASKAH DAN MEMBERSIHKAN OUTER BURR

Melepaskan bagian terluar dari burr tidaklah begitu sulit, karena memang banyak grinder yang dibuat untuk memudahkan pengguna ketika ingin membersihkannya, sehingga mudah untuk dilepaskan. Dengan obeng yang sesuai dan kemudian memutar 2 sekrup yang ada pada luar burr, maka bagian terluar sudah terlepas dari grinder. Dan biasanya bagian ini pun ada sisa-sisa bubuk kopi yang menempel, bersihkanlah dengan kuas yang lembut untuk menyapu bubuk kopi yang menempel.

MEMBERSIHKAN BAGIAN DALAM GRINDER
Setelah melepas bagian luar burr kita akan melihat banyak bubuk kopi yang menempel pada burr, pada Feima 600N ini burr berbentuk flat denga dua burr di kedua sisi. Nah, yang pertama cobalah menarik burr flat yang satu kemudian lepaskan bagian per pegas kemudian membersihkannya dengan kuas yang lembut. Terlihat ada 2 sekrup pada burr ini tidak perlu dilepas ketika dibersihkan, jika ada bubuk kopi yang masih melekat di sekitar sekrup dan kuas tidak mampu menjangkaunya gunakanlah tusuk gigi kayu atau cotton bud kemudian menyapunya kembali menggunakan kuas. Setelah dibersihkan maka melanjutkan langkah selanjutnya untuk membersihkan burr flat yang satu lagi.

Kemudian melanjutkan ke bagian burr flat satunya yang masih melekat pada mesin grinder, tidak perlu dilepas cukuplah menyapunya dengan kuas yang lembut pastikan semua bubuk kopi yang menempel sudah dibersihkan. Sama halnya cara membersihkan burr flat yang satunya, jika ada bubuk kopi yang sulit dibersihkan di bagian sekrup cukuplah menggunakna tusuk gigi kemudian menyapunya kembali dengan kuas yang lembut. Beberapa barista juga menggunakan penyemprot udara yang sering digunakan teknisi untuk menghilangkan debu pada alat elektronik mereka.

MEMBERSIHKAN WADAH KELUAR BUBUK KOPI
Yang selanjutnya membersihkan wadah tempat keluarnya bubuk kopi setelah digiling, bagian dalam atau pun bagian luarnya. Cukuplah membersihkannya menggunakan kuas atau pun kain untuk menghilangkan bubuk kopi atau pun minyak kopi yang melekat di sekitaran lubang di mana tempat bubuk kopi keluar.

MEMASANGKAN KEMBALI KESELURUHAN GRINDER
Pasang kembali bagian-bagian yang semula dilepas ketika untuk dibersihkan, outer burr, wadah biji kopi, ataupun laci grinder. Pastikan tidak ada yang terlewatkan ketika pemasangan kembali,sebelum dipasang kembali pastikan semua bagian sudah dibersihkan.

MEMBERSIHKAN DENGAN GRINDER CLEANER (Opsional)
Pada umumnya produk grinder cleaner dibuat untuk membersihkan sela bagian yang tidak terjangkau oleh kuas, dan cara kerjanya hanya memasukkan grinder cleaner seperti menggunakan biji kopi yang akan digiling. Ketika penggilingan dimulai, disinilah proses pembersian bagian burr dalam yang tidak bisa dijangkau oleh brush. Tidak perlu khawatir, karena produk grinder cleaner dibuat untuk mengangkat minyak kopi yang melekat pada burr, sehingga tidak akan mempengaruhi rasa kopi. Langkah berikut ini untuk lebih memastikan mesin grinder sudah dalam keadaan bersih, jika pun tidak digunakan tidak menjadi masalah yang serius. Kami merekomendasikan Puro jika ingin menggunakan grinder cleaner, cukup menggunakan 6 butir saja sekitar 1 sendok makan untuk membersihkan grinder Feima 600N.

SEDUH KOPI PERTAMA SETELAH MEMBERSIHKAN
Setelah pembersihan selesai, cobalah untuk menyeduh kopi, bagaimana karakter rasa dari seduhan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah mesin grinder yang kita bersihkan sudah benar-benar bersih.

Namun, untuk memudahkan kita ketika membersihkan mesin grinder, ada baiknya diskusi dengan teknisi di mana mesin grinder dibeli, sehingga kita tahu bagaimana cara managemen mesin grinder yang kita gunakan. Dan jangan lupa untuk mempelajari manual book agar mengetahui bagian-bagian terkecil dari mesin grinder kita.

disadur dari ineedcoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.