MEMBUAT AFFOGATO DI RUMAH DENGAN ESPRESSO MAKER

Mungkin sajian satu ini adalah cinta pertamamu ketika berkenalan dengan minuman kopi, bisa saja siapa yang tau. Affogato merupakan salah satu alternatif menikmati kopi dengan santai, bagi mereka yang ingin menikmati kopi dan takut tidak ramah di lidah, affogato adalah salah satu solusinya. Tidak sedikit yang cinta dengan kopi awal mulanya karena sajian affogato yang merek apesan di kedai kopi, nah kalau kamu sajian kopi apa yang membuatnya jatuh cinta?

UNTUK menikmati kopi adalah hal wajib bagi mereka yang sudah terjun menjadi penikmat kopi, bahkan sehari tanpa menikmati kopi serasa sebulan tanpa minum kopi. Keterbatasan waktu untuk pergi ke kedai kopi favorit juga menjadi kendala, alhasil tidak bisa menikmati kopi untuk memenuhi kebutuhan harian. Dan pada akhirnya, untuk dapat menikmati kopi setiap hari, lebih baik menyimpan persediaan biji kopi untuk kebutuhan harian di rumah. Ada yang menikmatinya dengan cara tradisional, dan banyak juga yang mengkoleksi alat-alat kopi untuk melakukan eksperimen sajian di dapur mereka. Jika ingin bereksperimen dengan sajian affogato, mungkin referensi ini dapat membantu.

Untuk membuat affogato seperti kesan pertama menikmatinya, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Bahan untuk membuat affogato hanya terdiri dari Gelato dan Espresso. Tapi akan lebih nikmat jika disajikan pada wadah gelas yang fancy, karena minuman satu ini begitu menarik. Nah, ada yang beranggapan untuk membuat affogato sebenarnya hanya memerlukan es krim dan espresso, padahal gelato berbeda dengan es krim, sekilas perbedaan keduanya.

Gelato lebih creamy dibandingkan dengan es krim umum, walaupun bahan baku membuat gelato dan es krim sama tapi ternyata tidak mutlak. Gelato dibuat lebih banyak susu dan lebih sedikit cream dibandingkan dengan es krim umum, jika es krim umum memiliki bahan baku opsional dalam pembuatannya seperti kuning telur, dan lainnya, gelato tidak bisa sembarangan bahan dicampurkan. Dan ternyata menyajikan gelato berbeda dengan menyajikan es krim yang dikeruk, melainkan disekup menggunakan sendok. Bukan berarti membuat affogato tidak boleh menggunakan es krim yang dijual bebas di supermarket, sah-sah saja sesuai keinginan untuk mencapai cita rasa yang diinginkan.

Bahan yang kedua tak kalah penting, mempersiapkan espresso sebagai sentuhan akhir pada affogato. Nah, jangan beranggapan jika mempersiapkan espresso di sini harus menggunakan mesin espresso seperti di kedai kopi. Kita juga bisa menggunakan espresso maker untuk menyediakan espresso untuk sentuhan akhir dari sajian affogato kita.

credit: 1912pike

MENGGUNAKAN MOKKA POT
Karakter espresso yang disajikan menggunakan mokka pot juga bisa menjadi sentuhan akhir yang dituang ke wadah gelas yang berisi gelato. Mokka pot yang mampu menghasilkan espresso yang memiliki body jelas, akan menambah nikmat rasa affogato ketika espresso bercampur pada gelato yang begitu creamy. Membuat espresso menggunakan mokka pot sangatlah mudah, masukkan air seduhan pada wadah mokka pot dan kemudian memasukkan bubuk kopi pada basket mokka pot maka selanjutnya dipanaskan dengan kompor elektrik ataupun kompor biasa.

MENGGUNAKAN ESPRESSO PORTABLE
Banyak sekali espresso portable yang mudah dibawa ke mana-mana, sehingga memudahkan kita membuat kopi di mana saja ketika menginginkan kopi. Untuk membuat affogato, juga bisa menggunakan espresso portable karena mampu menyajikan espresso yang bercita rasa dan sangat pas untuk sentuhan akhir sajian gelato.

src: foodnetwork.com tastingtable.com img: downshiftology.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.