MEMBUAT SABUN DENGAN AMPAS KOPI, TREN ATAU ISENG

Sangat antusias pada pernak-pernik tentang kopi, tentunya kamu tidak ingin terlewatkan dengan yang satu ini.

SELAIN kopi diteguk dengan hikmat dalam berbagai suasana, bahkan ampas kopi pun memiliki sisi lain yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Maka tidak heran banyak pecinta kopi memanfaatkannya dengan berbagai hal, sebagai pupuk untuk menyuburkan dan menutrisi tanah tanaman, perawatan rambut agar sehat terawat, bahkan sebagai aroma ruangan untuk mengusir bau yang tak sedap.

Kopi sebagai aroma ruangan sering kali di letak di kamar mandi, dapur atau pun ruang lainnya untuk meresap bau yang mengganggu sehingga nuansa ruang menjadi netral. Kopi sebagai aroma ruangan tentu berbeda cara pengaplikasiannya, ada yang hanya menebarkan bubuk kopi baru digiling, ada juga yang memadukan lilin dan kopi, bahkan tidak sedikit yang menggabungkan sabun dengan kopi.

credit: soapqueen.com

Sabun kopi dengan campuran tertentu bisa menjadi penetralisir bau di ruangan, tapi bukan berarti sabun kopi tidak bisa dimanfaatkan seperti sabun pada umumnya. Dengan karakter aroma kopi yang mampu menyerap bau tak sedap, maka sabun kopi dapat membersihkan kulit sekaligus menghilangkan bau yang melekat pada kulit seseorang. Sebelum membuat sabun kopi sendiri di rumah, ada baiknya mengetahui sekilas tentang metode membuat sabun.

Sifat dari sabun itu sendiri tergantung bahan yang digunakan, ada sabun yang tidak memiliki banyak busa, ada juga sabun yang banyak menghasilkan busa. Setidaknya ada 4 cara umum yang digunakan untuk membuat sabun. Melelehkan sabun, proses mendinginkan, proses memanaskan, dan menambahkan kembali bahan lain ke sabun.

credit: soapqueen.com

Paling umum membuat sabun sendiri dengan 2 metode, melelehkan dan proses mendinginkan. Melelehkan adalah proses membuat sabun dengan melelehkan sabun yang sudah jadi kemudian menambah bahan lain untuk mengambil manfaat aromanya seperti ampas kopi, selanjutnya dituang ke cetakan.

Proses mendinginkan adalah membuat sabun dari awal, mencampurkan bahan-bahan dasar pembuatan sabun mengaduknya seperti adonan kemudian menambahkan bahan aroma seperti ampas kopi, dan menuangkannya ke cetakan untuk didiamkan hingga mengeras.

Membuat sabun dan menambahkan ampas kopi pada sabun sebelum mengeras, gunanya untuk memberikan manfaat dari kopi untuk sabun tersebut. Tidak hanya kelebihan dari karakter aroma kopi tapi juga menambahkan manfaat senyawa pada kopi yang terkandung pada sabun buatan. Pernahkah membuat sabun sendiri di rumah?

sumber
thesprucecrafts.com how to make soap, homemade coffee soap
img 1millionwoman.com.au

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.