MEMILIH CANGKIR KOPI: APAKAH PERKARA ESTETIKA SAJA?

Mungkin bukan hanya saya yang gemar memerhatikan aneka cangkir kopi dan wadah yang menyajikan kopi yang rupa-rupa. Setiap kedai kopi pun ternyata memiliki alasan kenapa memilih cangkir kopi tertentu dan semuanya lebih dari sekadar estetika.

PERNAHKAH kamu memerhatikan setiap kedai kopi pasti memiliki bentuk dan model cangkir dan berbeda? Selain untuk faktor estetika, pemilihan cangkir dan wadah saji tertanya memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Seorang teman pemilik kedai kopi pernah mengatakan kepada saya bahwa untuk menentukan cangkir kopi di kedai kopinya dia dan timnya melakukan riset agar cangkir yang dipilih tepat dan mewakili identitas kedai kopi mereka. “Kedai kopi kami bertema industrial dengan desain maskulin yang kentara. Lingar pertemanan kami kebanyakan anak motor dan kami memutuskan menggunakan cangkir-cangkir keramik berwarna hitam dan corak abu serta putih. Tujuannya agar senada dan berciri,” tutur sang pemilik kedai kopi.

Teman yang lain mengatakan bahwa cangkir kopi adalah identitas dan branding kedai kopi. Maka pemilihannya juga harus apik dan cermat. “Cangkir kopi adalah identitas. Kita sering melihat para pengunjung foto-foto dengan cangkir kopi dan diunggah ke media sosial. Jadi jika pemilihan cangkirnya apik dan berbeda, secara otomatis foto itu berbicara tentang brand kopi kami. Orang sudah kenal dan ini penting untuk brand identity sendiri,” papar teman yang lain.

unsplash.com

Itu kenapa banyak kedai kopi yang sengaja meminta perusahaan cangkir tertentu untuk mendesain cangkir yang lebih personal dan berbeda. Agar cangkir kopinya tak sama seperti di tempat lain.

Tapi selain bicara soal branding dan identitas, pemilihan cangkir kopi tak lepas dari fungsinya tentu saja. Biasanya cangkir kopi yang dipilih adalah terbuat dari materal keramik, porselain atau kaca. Dipilihnya keramik dan porselain karena terbukti dua material ini baik menahan panas. Sehingga suhu kopi tidak cepat turun dan rasanya tak cepat berubah.

Bentuk cangkir juga memengaruhi. Biasanya bibir cangkir lebih kecil ukuran diameternya ketimbang bagian dasarnya. Itu dilakukan agar kopi tidak cepat turun suhunya juga. Selain itu keramik dan porselain dinilai begitu nyaman digunakan. Baik diteguk maupun digenggam. Faktor lain adalah dua bahan ini tidak berbau, tidak berasa sehingga tidak mengganggu rasa dan aroma kopi yang disajikan.

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.