MEMILIH COFFEE SERVER DI RUMAH, BEGINI TIPSNYA

Menikmati kopi manual brew kurang lengkap rasanya jika tidak disajikan dengan coffee server.

BEGITU menariknya ragam peralatan kopi sekarang ini membuat kita senantiasa nyaman memilih peralatan kopi yang sesuai dengan kebutuhan. Perlengkapan seduh kopi dari mulai grinder elektrik, dripper, aeropress, server, dan alat kopi lainnya tidak terbatas hanya teruntuk kedai kopi saja, bahkan alat kopi sekarang ini bisa juga koleksi melengkapi alat seduh kopi rumahan. Jadi jangan heran banyak home barista lahir dari meja bar di rumah mereka.

Ingin belajar seduh kopi di rumah, paling penting untuk pertama kali harus memiliki grinder, agar tetap memiliki persediaan kopi yang segar saat diseduh. Kemudian pilihlah alat seduh favorit, seperti dripper, aeropress, atau pun alat kopi lain, selanjutnya memiliki server yang sesuai kebutuhan. Karena server sebagai wadah kopi ketika disajikan, memiliki banyak perbedaan maka harus paham kebutuhan seduh kopi rumahan seperti apa. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih server untuk di rumah.

Kalita Wave Dripper

Ukuran Server
Seberapa ukuran server yang diinginkan, ukuran server ini menampung banyaknya kopi di tiap sajian. Beberapa produsen server malahan memberikan kemudahan dengan menyediakan server berukuran 300ml, 500ml hingga 750ml. Karena ukuran server tentu akan berbeda kebutuhannya, biasanya untuk keperluan ngopi di rumah ukuran server 300ml saja sudah cukup, tapi untuk kebutuhan kedai kopi bisa hingga 500ml lebih.

credit: pexels

Handle atau Tanpa Handle
Tidak semua server memiliki handle, beberapa server didesain tidak memiliki handle untuk meningkatkan kesan ngopi yang lebih nikmat. Biasanya server tanpa handle itu bergaya seperti peralatan kimia seperti produksi server dari Suji, dan server dengan handle cenderung seperti teko modern seperti server produksi Kalita. Sesuaikan kebutuhan server dengan penggunaannya, apakah menggunakan handle atau tanpa handle.

credit: kurasu.kyoto

Bahan Server
Memilih server harus mempertimbangkan bagaimana bahan yang ada pada server, apakah mendukung kenyamanan saat membuat kopi dan mudah untuk penyajian kopi. Seperti Brewista Artisan, server tanpa handle namun dilengkapi dengan karet silikon untuk memudahkan ketida menuang kopi ke cangkir. Pertimbangan tiap detail dari bahan server perlu dianalisa, apakah server terbuat dari kaca tebal tahan panas, bagaimana dengan pegangannya apakah terbuat dari plastik atau kayu.

kredit: kintostore.com

Permukaan Atas Server
Tidak semua server dilengkapi dengan penutup untuk permukaan atas server, karena biasanya server digunakan sebagai wadah sajian kopi manual brew dari dripper dan juga tidak untuk diminum dengan waktu yang lama. Jadi tutup server disesuaikan dengan kebutuhan saja, yang paling penting mempertimbangkan diameter dari server. Jika berdiameter kecil, maka membuat kopi dengan dripper harus menggunakan dripper stand.

credit: huyenthoaiviet.vn

Desain Server
Desain server sekarang ini mengalami banyak inovasi, menyesuaikan konsep dari kedai kopi, bahkan didesain untuk kenyamanan pengguna. Yang paling unik adalah chemex, tidak bisa digolongkan ke dalam kategori server karena chemex adalah satu kesatuan alat kopi. Tidak perlu server dan dripper, karena chemex sudah satu kesatuan sebagai server dan juga dripper, hanya saja harus menggunaka filter khusus chemex, tidak bisa menggunakan filter dripper biasanya. Memilih server juga harus mempertimbangkan, apakah desain server itu memberikan kemudahan atau malah bisa membuat tidak nyaman. Karena tidap orang tentu berbeda cara seduh dan cara penyajian kopi.

img: pexels.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.