MEMILIH CUPPING BOWL YANG SESUAI

Kurang lengkap sepertinya jika tidak melakukan cupping ketika ada single origin yang masih fresh baru tiba.

CUPPING coffee merupakan ritual yang dilakukan untuk mencicip karakteristik dari kopi yang digelar bersama dari mulai aroma, body dan intensitas rasa yang ada. Biasanya proses cupping tidak dilakukan sendirian, akan semakin seru perbincangan setelah cupping ketika menemukan karakter rasa yang sama atau pun berbeda dalam satu single origin. Pelaku kopi seperti roaster, green bean buyers dan juga barista yang telah mendedikasikan diri pada industri ini, akan sangat antusias ketika melakukan cupping. Sebuah kesempatan yang tidak terkatakan, cukuplah dirasa maka komunikasi pun terjalin antara indera dan kopi.

Namun bukan berarti proses cupping tidak bisa dilakukan oleh kita yang sedang belajar menyelami khazanah sajian kopi. Untuk mencoba melakukan cupping di rumah dengan teman karib yang sering diajak ngopi, tidak ada salahnya. Untuk lebih memudahkan menelusuri karakter rasa ketika cupping, baiknya mempersiapkan lexicon flavour wheel agar menemukan karakter rasa yang lebih tepat. Sekilas persiapan yang harus dilakukan untuk menggelar cupping session di rumah.

Umumnya bubuk kopi digiling kasar, dan dalam sekali sesi cupping sekaligus mencicip 3-4 single origin yang berbeda. Persiapkan 6-8 cupping bowl untuk wadah kopi, dan cupping spoon untuk mencicipnya. Tentunya harus menggunakan grinder dan scale dalam persiapannya, sediakan juga bowl untuk wadah bubuk kopi yang basah, gelas untuk cupping spoon dan keperluan lainnya yang dirasa perlu. Untuk cupping bowl sendiri, tergantung kebutuhan namun jika ingin memilih cupping bowl mungkin sedikit tips untuk membeli cupping bowl.

Warna Sisi Bagian Dalam Cupping Bowl
Faktanya warna dari cangkir mempengaruhi persepsi seseorang akan sajian kopi yang diteguknya. Maka pemilihan warna untuk cupping bowl berguna untuk menegaskan persepsi indra seseorang ketika melakukan cupping session. Kebanyakan cupping bowl didesain dengan sisi bagian dalam berwarna putih, agar kopi menjadi kontras. Tapi tidak sedikit juga cupping bowl didesain dengan warna hitam pada sisi bagian dalam untuk membuatnya lebih terlihat hitam. Bahkan jika menggunakan material glass, maka kopi akan terlihat dari sisi maka kopi akan terlihat dari sisi bagian luar dan hal ini juga menarik.

Kapasitas Cupping Bowl
Untuk memudahkan sesi cupping, pilihlah daya tampung cupping bowl yang sesuai untuk digunakan. Kapasitas antara 160 – 200ml sangat sesuai untuk melakukan sesi cupping, kopi yang ditampung akan dengan mudah diambil dengan cupping spoon. Dengan daya tampung tersebut, kopi lebih leluasa terekstraksi ketika air panas bertemu dan berdiam untuk mengeluarkan karakteristik yang terkandung. Beberapa cupping bowl didesain dengan batas garis kapasitas, untuk lebih mudah mengetahui jumlah air panas yang dituang.

Material Cupping Bowl
Secara umum bahan dari cupping bowl lebih nyaman menggunakan bahan keramik. Selain mampu menampung kopi dengan optimal, juga bisa menjaga suhu air lebih tahan lama. Selain dari bahan keramik, beberapa orang juga memilih cupping bowl dari bahan kaca, agar bisa melihat reaksi bubuk kopi dan air pana dari luar cupping bowl.

Seberapa Lebar Permukaan
Lebar permukaan atas dari cupping bowl perlu diperhatikan, karena bagian ini akan dipenuhi oleh bubuk kopi yang mengambang ke atas ketika dituang air panas. Permukaan yang kecil tidak akan mampu memberikan aroma kopi yang optimal ketika masuk pada tahap menilai aroma kopi pada sesi cupping. Baiknya memilih cupping bowl dengan diamter permukaan yang lebar untuk memudahkan sesi cupping.

Melakukan sesi cupping untuk mengidentifikasi rasa tidak hanya berkutat dengan persiapan, tapi juga harus memahami standar melakukan sesi cupping. Lebih spesifik, The Speciality Coffee Association (SCA) di laman sca.coffee menerbitkan jurnal Protocols & Best Practices yang menjelaskan secara lebih detaik untuk melakukan sesi cupping.

src: sca.coffee img: unsplash

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.