MEMILIH MESIN ESPRESSO UNTUK KEDAI KOPI KELILING

Sebagai penikmat kopi, mengunjungi negara lain pasti langsung akan mencari tau di mana letak daerah yang terdapat kedai kopi yang nikmat, atau mencari tau daerah-daerah yang begitu ramai masyarakatnya yang menikmati kopi dalam keseharian mereka. Demikian itu, jangan heran jika ketika mengunjungi negara lain ternyata ada kedai kopi keliling yang dilengkapi dengan mesin espresso.

TIDAK heran jika di negara maju banyak kedai-kedai kopi yang tidak harus membutuhkan ruang yang luas untuk membuka bisnis kedai kopi. Sangat berbeda dengan karakteristik penikmat kopi Indonesia, di beberapa negara maju kebutuhkan akan kopi seperti rutinitas, banyak yang minum secangkir kopi untuk memenuhi asupan kafein harian mereka. Pergi membelinya di kedai kopi, setalah kopi didapatkan mereka langsung berlalu untuk melanjutkan aktifitasnya, tanpa perlu berama-lama menghabiskan waktu di kedai kopi. Ada yang membeli kopi dan minum sambil berjalan melanjutkan hari, tidak sedikit juga yang membawa cangkir sendiri seperti cangkir KeepCup guna menekan jumlah limbah cangkir instan yang disebabkan oleh minuman kopi.

Kedai kopi keliling tanpa dilengkapi mesin espresso pun sebenarnya bisa beroperasi dengan sajian espresso yang dibuat secara manual menggunakan Flair atau Rok Presso, tapi tentunya ada perbedaan sajian espresso yang dibuat manual dengan yang dibuat dari mesin espresso. Jika ingin mulai membuka bisnis kedai kopi keliling dengan dilengkapi mesin espresso, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Mesin espresso seperti apa yang sesuai dengan konsep kedai kopi keliling yang sedang kita rencanakan. Nah, mungkin berikut ini tips memilih mesin espresso yang sesuai kebutuhan ketika membuka kedai kopi keliling yang saya sadur dari forum home-barista.

TIPE MESIN ESPRESSO SEPERTI APA?
Di beberapa kesempatan tipe mesin espresso pernah kami ulas, mesin espresso seperti apa yang sesuai kebutuhan kita. Apakah mesin espresso otomatis, selain mudah mengoperasikannya tanpa perlu teknik khusus, mesin espresso bisa menjadi pilihan. Atau mesin espresso manual seperti yang ada di meja bas kedai-kedai kopi, dapat menyajikan espresso sesuai keinginnan kita yang dibuat berdasarkan keahlian seorang barista ketika membuatnya.

Seperti apa kedai kopi keliling kita, apakah gerobak kopi atau sebuah mobil yang diubah menjadi bar, karena bentuk kedai kopi keliling juga harus dipertimbangkan ketika memilih mesin espresso. Pastikan sesuai dan nyaman ketika membuat espresso untuk para pelanggan.

credit: customcoffeevans.com.au

SINGLE GROUP ATAU DOUBLE GROUP?
Jika beranggapan bahwa ukuran harus seminimalis mungkin agar ruang meja bar kedai kopi keliling tidak terlalu sempit, maka pilihan akan jatuh pada mesin espresso dengan single group. Hanya saja, jika kebutuhan untuk kedai kopi meningkat dan para pelanggan juga menjadi lebih banyak, mesin espresso dengan single group tidak menjadi pilihan. Namun demikian, kitalah yang paling mengerti mesin espresso manual seperti apa yang sesuai untuk kedai kopi kita.

Single group atau double group, ini hanya persoalan mengantisipasi intensitas pelanggan yang bergantian memesan espresso mereka, dan tentunya juga persoalan hitungan biaya yang harus dikeluarkan di awal saat memulai kedai kopi keliling kita.

credit: home-barista.com

SEPERTI APA SISTEM PEMANAS PADA BOILER?
Kebanyakan mesin espresso sekarang ini, dilengkapi sistem pemanas menggunakan gas untuk memanaskan boiler. Hal ini sangat membantu untuk kedai kopi keliling guna menghemat sumber daya listrik yang digunakan. Hanya saja tipe mesin espresso berbeda-beda, ada yang hanya dilengkapi gas sebagai sistem pemanas, ada juga yang dilengkapi secara terpisah antara pemanas gas dengan sistem listrik. Maka hal ini juga perlu dipertimbangkan, sebelum memilih mesin espresso yang sesuai.

Tapi perlu diketahui, menggunakan mesin espresso dengan fitur sistem pemanas gas, membutuhkan waktu yang lama untuk memanaskan air pada boiler untuk di awal mesin espresso pertama dinyalakan.

BAGAIMANA KEBUTUHAN LISTRIK GENERATOR?
Sumber daya listrik menjadi hal serius yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih mesin espresso, apakah menggunakan generator pembangkit listrik (genset) atau menyewa listrik rumah seseorang dan mengambilnya menggunakan kabel panjang. Menyewa listrik di rumah seseorang, hanya jika kedai kopi keliling kita tidak berkeliling terlalu banyak tempat, pilihan ini sesuai. Jika, ternyata kedai kopi keliling kita pergi ke suatu tempat yang tidak ada rumah, generator pembangkit listrik akan menjadi solusi.

Sumber daya listrik ini akan menyuplai listrik untuk grinder elektrik jika menggunakan grinder elektrik, dan alat-alat lain yang menggunakan listrik. Hanya saja dengan generator pembangkit listrik kita harus puas dengan suara bising yang ditimbulkan, dan asap yang keluar dari generator. Mereka yang memilih membuka kedai kopi keliling, umumnya akan menyewa listrik dari rumah seseorang yang terdekat dari kedai kopi keliling mereka ketika sedang berdiam dan menyajikan kopi untuk pelanggan.

src: home-barista.com img: coffeeplant.pl

1 Comment
  1. Dear mas yoga,

    untuk mesin espresso yang menggunakan gas apakah secara total mesin tersebut tidak menggunanakan listrik hanya gas saja.. kalau boleh minta referensinya untuk mesin espresso dengan menggunakan gas tersebut.
    Thank you…

Leave a Reply

Your email address will not be published.