MENAMBAHKAN GARAM PADA KOPI, APA JADINYA

Para penikmat kopi punya cara seru tersendiri untuk meneguk secangkir kopi mereka, termasuk menambahkan sejumput garam.

PERNAHKAH menambahkan bahan lain ke dalam sajian kopi, tidak terkecuali para pecinta kopi pun tentu pernah menambahkan bahan lain ke sajian kopi mereka. Saya sendiri pernah mencoba secangkir kopi di pagi hari dengan bubuk kayu manis, dan tidak menyangka karakter rasa dari sajian kopi berubah menjadi lebih lembut dan beraroma, walau pun demikian saya lebih mencintai sajian kopi original tanpa menambahkan gula atau pun bahan lainnya. Tidak ada salahnya mencoba menambahkan bahan lain sesekali ke sajian kopi guna menjawab rasa penasaran atau pun ingin mengeksplorasi perubahan karakter rasa yang terjadi. Dan kali ini, seperti apa sajian kopi yang ditambahkan garam, apakah lebih nikmat atau malahan karakter rasa menjadi aneh untuk dinikmati.

Faktanya, telah lama penikmat kopi di negara-negara Eropa sudah mengenal trik menambahkan garam pada sajian kopi mereka, bahkan di dunia kemiliteran menambahkan garam pada sajian kopi dilakukan untuk memanipulasi rasa pada kopi yang memang sudah buruk. Mungkin pada masa itu, tanaman kopi tidak seserius sekarang ini yang dikelola dengan dedikasi sepenuh hati para pelaku industri kopi. Menambahkan sejumput garam pada secangkir kopi akan mengubah rasa dari kopi itu sendiri, dan trik ini sudah dikenal sejak lama bukan sebuah tren baru di dunia kopi. Seperti apa karakter rasa kopi yang sudah dibubuhi garam, apakah memiliki rasa yang menarik atau malah sebaliknya.

Pada kadar tertentu menambahkan garam pada sajian kopi akan memanipulasi rasa kopi menjadi lebih ringan, khususnya menggunakan single origin dengan body yang jelas, menambahkan sedikit garam akan membuat sajian kopi lebih ramah. Toleransi tiap orang akan sajian kopi tentu berbeda, body kopi yang ramah menurut saya belum tentu ramah pada lidah orang lain. Menambahkan sedikit garam biasanya memang dilakukan untuk membuat sajian kopi menjadi lebih lembut mengurangi rasa pahit yang mungkin terlalu bagi beberapa orang, namun seberapa banyak garam yang ditambahkan agar tidak mengubah karakter rasa asli dari kopi.

Tidak ada aturan baku seberapa banyak diperbolehkan untuk menambahkan garam pada sajian kopi, jika dirasa sudah cukup maka sebatas itu banyaknya garam untuk sajian kopi kamu. Jika terlalu banyak, tentu kamu akan sadar sajian kopi akan memiliki karakter rasa yang aneh, jika ingin mencobanya bisa saja dengan takaran 1/4 garam atau lebih sedikit dari itu. Secara sendirinya kamu akan menemukan takaran yang sesuai untuk sajian kopi kamu, lebih baik menambahkannya sedikit demi sedikit jangan terlalu banyak. Kemudian, kapan tepatnya menambahkan garam untuk sajian kopi kamu, apakah pada saat proses seduh atau ketika sajian kopi siap untuk dinikmati. Tentu kedua cara ini berbeda, saya belum pernah mencoba menambahkan garam pada proses seduhnya, apakah kamu pernah mencobanya?

Selamat menikmati hari dengan sajian kopi favorit, meneguknya dengan ikhlas akan lebih membahagiakan.

sumber:
reviewed.com why you should put salt in your coffee to reduce bitterness
unsplash.com Tristan Gevaux

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.