MENAMBAHKAN MADU UNTUK SAJIAN KOPI, BOLEHKAH?

Tiap orang yang ingin menikmati secangkir kopi, pastinya punya cara tersendiri untuk meminum kopi mereka, ada yang menggunakan gula sebagai pemanis, menambahkan sedikit susu kental, dan yang paling unik menambahkan madu untuk espresso.

UNTUK penikmat kopi yang lahir di era third wave mungkin akan memandang sebelah mata para peminum kopi golongan kiri ini, mungkin menurut logisnya karakter rasa dari kopi akan berantakan jika ditambahkan gula, atau pemanis jenis lainnya. Karena gula itu sendiri akan meningkatkan karakter asam dari kopi pada kadar tertentu namun karakter rasa kopi juga bisa menjadi membingungkan di lidah.

Bukan berarti mereka yang datang ke kedai kopi bernapaskan speciality harus dikucilkan, dan harus dipaksa minum kopi tanpa gula. Malahan banyak kedai kopi menyediakan gula sachet siap sedia bagi yang memesan secangkir kopi, terpulang apakah mereka tergolong jenis peminum kopi dengan gula atau peminum kopi tanpa gula. Kopi dengan gula memang menjadi obrolan yang cukup serius dan selalu menjadi bahasan yang menarik, tentang efek gula terhadap kopi, tentang karakter rasa kopi setelah ditambah gula, dan lain halnya.

credit: pinterest

Lalu bagaimana tentang menambahkan steamed milk atau frothed milk ke espresso pada sajian kopi susu? Seperti punya fans base sendiri cappuccino atau latte selalu ramai yang menyukainya. Bahkan hampir ditiap kedai kopi sudah pasti orderan paling banyak selalunya kopi dengan basis susu apakah itu disajikan dingin atau selagi panas. Ini membuktikan, tiap orang punya cara tersendiri menikmati kopi mereka, termasuklah tentang menambahkan gula untuk secangkir kopi mereka.

Melihat perkembangan dunia kopi kini yang begitu memudahkan penikmatnya, banyak sekali alat-alat kopi yang dapat membantu mereka penikmat kopi menyajikan kopi sesuai selera mereka setiap harinya di rumah. Seperti espresso maker manual, alat seduh kopi dripper ataupun immersion, dan banyak lagi. Bukan hanya tertuju pada barista, kemudahan ini juga menambahkan keleluasaan penikmat kopi untuk bereksperimen membuat kopi selera mereka masing-masing.

Kopi dan Madu

Jangan heran jika melihat penikmat kopi menambahkan madu pada kopi mereka, madu ini sendiri bisa dibilang lebih baik daripada menambahkan gula pada kopi. Beberapa ulasan menu diet olahraga, menyebutkan kopi dan madu membantu proses penurunan berat badan. Sama-sama memiliki rasa manis, keduanya sebenarnya berbeda dari segi kandungan senyawa. Madu memiliki kandungan berupa antibakteri, antioksidan, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Untuk menambahkan madu pada kopi, ada baiknya memilih madu original.

credit: alwayshealthyliving.com

Bagaimana dengan karakter rasa kopi setelah ditambah madu. Mengacu pada kopi susu, beberapa barista memperhitungkan rasio antara espresso dan susu, memilih susu yang tepat juga menjadi pertimbangan khusus. Sama halnya dalam menambahkan madu, perlu diperhitungkan kadarnya, apakan satu sendok teh atau 2 sendok teh, berapa banyaknya kamu yang paling mengerti selera kopi kamu.

Mungkin karakter rasa kopi dan madu tidak bisa bertemu, dengan mencoba brand madu lain dengan sajian kopi lainnya, mungkin kamu akan menemukan keeksotisan rasa dari kopi dan madu ini. Bagaimana menurut kamu, pernahkah kamu menambahkan madu ke kopi kamu, atau pernahkah menambahkan yang lainnya untuk selera kopi kamu?

src: driftaway.coffee img: mybeeline.co

2,496 total views, 95 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.