MENCARI LEVEL COFFEE GRINDER UNTUK KESEMPURNAAN EKSTRAKSI ESPRESSO

Dialing” sebuah ritus penjelajahan rasa, untuk menemukan perfect extracted pada sajian espresso. Dialing merupakan istilah proses setting tingkat kehalusan pada penggiling kopi.

GRINDER sekilas tidak memberikan efek pada keutuhan rasa sajian kopi, padahal level coffee grind faktanya sangat berperan terhadap produksi karakter rasa sebuah kopi. Fine ground coffee atau pun coarse ground coffee memiliki perbedaan dan sama-sama berkontribusi dalam menciptakan karakter rasa, apakah itu rasa asam yang terlalu atau rasa asam yang menyenangkan. Maka perlu proses “dialing” pada coffee grinder, terlebih lagi tiap brand grinder memiliki perbedaan kualitas gilingan walau pada level yang sama, misalkan saja grinder Feima pasti berbeda dengan grinder Rancilio. Proses dialing membantu menemukan keseimbangan rasa espresso dari uji level coffee grind, apakah itu kurang halus atau kurang kasar, dari rasa dapat ditelusuri.

credit: clive coffee

Ritual dialing tidak cukup sekali atau dua kali shot, maka perlu beberapa cup espresso ataupun paling tidak sediakan basket air buangan untuk warming berikutnya. Pada umumnya, untuk mencari setting level coffee grinder, pada espresso machine menggunakan pump pressure 6.5 bar, 15 gram VST baskets, serta suhu air di-set pada 93 derajat celsius pada group head. Sebab dalam prosesnya, dialing ini mengacu pada dose, grind, volume liquid, dan waktu ekstraksi. Dalam hal ini, untuk menguji level ground coffee, maka standarnya menggunakan skala 1:2, sehinga dari 15 gram menjadi 30 ml liquid espresso.

Yang menjadi acuan apakah level grinder harus lebih halus atau lebih kasar lagi, ada pada karakter rasa. Over-extracted umumnya akan menghasilkan karakter rasa sour, thin, terkadang grassy atau salty sedangkan under-extracted terasa agak pahit dan aftertaste kering di lidah. Menemukan perfect extracted terbilang cukup rumit, dan banyak pertimbangan, tapi paling tidak mendekati keseimbangan rasa saja sudah baik. Jika menurut kamu karakter rasa sudah seimbang itu sudah cukup, tidak membuat dahi kamu mengkerut karena terlalu asam atau tidak membuat kamu buru-buru minum air mineral karena kesan pahit yang tak bersahabat.

credit: clive coffee

Tips Dialing Coffee Grinder

Jika semua sudah dipersiapkan, espresso cup sudah tersedia dan ada baiknya espresso cup berbentuk cup dosis yang tertera gramasi pada sisi cup untuk memudahkan proses dialing. Maka selanjutnya, mulailah menjelajah;

  • Gunakan VST baskets dan ground coffee pada level fine, kemudian lakukan seperti menyajikan espresso biasanya. Meratakan ground coffee pada portafilter, tamping dan memasangkannya di groudhead, shot. Namun jangan lupa untuk menggunakan timer, beberapa espresso machine sudah dilengkapi dengan timer, atau gunakan scale yang dilengkapi timer seperti acaia scale.
  • Coba perhatikan liquid yang jatuh dari spout, mulailah mengaktifkan timer untuk menghitung waktu ekstraksi pada prosesnya. Beberapa barista berbeda pendapat mengenai waktu ekstraksi, apakah dimulai saat air panas mulai dishot, atau dimulai saat liquid jatuh ke cup. Tapi, waktu ekstraksi hanya sebagai acuan, apakah waktu ekstraksi terlalu cepat atau terlalu lambat untuk karakter rasanya. Jika kamu menemukan karakter rasa yang terlalu asam, dan waktu ekstraksi yang terlalu cepat, maka next shot, level grinder di-set agak kasar dari sebelumnya. Namun pastikan tidak ada sisa ground coffee yang tertinggal dan bercampur nantinya saat set level untuk shot selanjutnya.
  • Tidak ada resep espresso yang pasti, bisa saja resep di bar coffeeshop lain tidak berhasil di bar kamu. Maka perlu dialing, umumnya ekstraksi espresso yang baik pada rentang 25-35 detik dalam sekali shot. Jika shot kedua sudah pada set level ground coffee agak kasar dari sebelumnya, cobalah uji lagi bagaimana rasanya. Apakah masih tidak nyaman, apakah ground coffee harus lebih halus lagi, atau agak kasar sedikit lagi. Uji lagi dan lagi, ulang berkali-kali sampai menemukan rasa espresso yang nyaman.

Espresso yang nikmat, bukan hanya sekadar pemilihan coffee beans saja, namun butuh banyak latihan untuk menguji resep espresso yang sesuai dengan coffee equipment yang dimiliki.

src: fivesenses.com.au img: clive coffee

1 Comment
  1. maaf ada koreksi sedikit, over extracted (ekstraksi yang berlebih) menghasilkan rasa bitter (pahit), under extracted (ektraksi yang kurang) akan menghasilkan rasa yang sour (asam), thin (tipis)

Leave a Reply

Your email address will not be published.