MENCIPTAKAN SUASANA KERJA BAHAGIA DI KEDAI KOPI

Sebagai pemilik atau manager di sebuah kedai kopi, menciptakan suasana kerja bagi para pramusaji dan barista sangat penting, mengingat mereka akan berhadapan langsung dengan pelanggan untuk menebar kebahagiaan dengan sajian kopi, maka suasana kerja haruslah bahagia juga.

KEBANYAKAN perusahaan menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk para pekerjanya dengan cara melaksanakan gathering luar kantor untuk membangun teamwork agar tercipta suasana kerja yang bahagia. Tapi tentunya, hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, lalu kemudian apakah pekerja yang mendedikasikan diri mereka di kedai kopi kita harus dibuat seperti itu juga. Menciptakan suasana kerja yang bahagia tentu akan memberikan energi positif untuk operasional kerja, begitu pun para pekerja di kedai kopi. Setidaknya, jika biaya gathering outdoor belum mencukupi, ada tips untuk meningkatkan suasana kerja, mungkin bisa memberikan energi positif untuk para pekerja di kedai kopi kita. Dimulai dari menganggap para pekerja adalah tim bukan orang yang bekerja di kedai kopi kita.

Mengajak Diskusi
Faktanya, diskusi dengan pekerja memberikan kita sudut pandang yang berbeda dalam menyelesaikan masalah bahkan memberikan indikator lain sebagai acuan untuk mengambil keputusan. Dalam lingkup kedai kopi, dengan bertanya kepada barista kita akan mengetahui bagaimana prospek dari menu kopi yang selama ini sedang dijalankan, atau diskusi tentang resep kopi yang akan diluncurkan. Dan dari bertanya saja, kita bisa mengetahui bagaimana para pelanggan yang datang ke kedai kopi kita memberikan apresiasi kepada pelayanan atau sajian kopi yang kita sajikan.

credit: bettrbarista.com

Evaluasi Kerja Dengan Santai
Dinamika suasana kerja di kedai kopi tidak selamanya berjalan lancar, bisa saja ada keluhan pelanggan tentang pekerja baru di kedai kopi kita atau sajian kopi yang ternyata tidak sesuai. Hal ini perlu disampaikan untuk meningkatkan kinerja tim, bukan untuk menyalahkan salah satu pekerja tapi ingin memberikan semangat kerja sama saling membantu. Baiknya evaluasi ini dilakukan dengan santai, tidak perlu terkesan menyalahkan sehingga memotivasi yang lain untuk melakukan kerja dengan bahagia.

credit: videoblock

Apresiasi Kerja
Banyak cara memberikan apresiasi pada para pekerja yang telah mendedikasikan diri mereka di kedai kopi kita, salah satunya dengan kompensasi. Bukan seberapa banyak kompensasi yang diterima, tapi apresiasi kerja yang bisa memotivasi diri mereka dan yang lainnya untuk secara senang hati bekerja sepenuh hati. Hal ini bisa memberikan energi positif bagi para pramusaji yang melayani dengan ramah dan juga barista yang dengan senag hati menyajikan kopi tanpa ada kesalahan. Kompensasi pekerja yang datang lebih awal, atau apresiasi lainnya seperti hadiah tiket nonton, voucher makan, dll.

Menjaga Komunikasi
Sebagai pemilik atau manager, janganlah terkesan menjadi orang yang sulit untuk dijangkau oleh pekerja lain. Dalam arti, komunikasi yang dijalin kepada para pekerja di kedai kopi kita usahakan bersahabat. Sehingga jika di kemudian hari, ada hal-hal yang ingin disampaikan terkain operasional kedai kopi kita dengan senang hati mendiskusikannya.

Sajian kopi yang kita sajikan pada para pelanggan adalah secangkir kopi yang penuh dengan kebahagiaan di tiap kali teguknya. Tentu, kita sebagai pemiliki atau pun manager kedai kopi tidak ingin secangkir kopi itu disajikan oleh para pekerja yang tidak sepenuh hati karena disebabkan beberapa hal. Maka, perlu kita menjaga suasana kerja yang bahagia di kedai kopi kita.

Suasana bahagia ini saling terkait, bukan hanya untuk satu orang saja, tapi memberikan pengaruh positif untuk semuanya. Pemilik yang bahagia akan memberikan kebahagiaan buat para pekerja, yang kemudian bekerja secara bahagia melayani pelanggan menjadi bahagia, dan hal ini membuat pelanggan akan datang lagi. Make productive workplace with happier.

Disadur dari Cafe Culture Magazine img: freepik

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.