MENEGUK MASA LALU DI KEDE KOETJA

Kedai kopi ini bukan kedai biasa. Dia adalah sepotong ‘masa lalu’ dari budaya peranakan yang terjaga manis di salah satu ruang kecil di Medan.

KALAU tidak salah dua tahun lalu saya mampur ke Kede Koetja ini. Lokasinya berada di Komplek Cemara Asri Medan. Kedainya tidak terlalu luas. Bahkan tergolong kecil. Kede Koetja hanyalah sebuah tempat kecil nyaman yang berada di ruang depan sebuah ruko. Namun keistimewaannya lebih besar dari ruangannya. Kede Koetja layaknya galeri. Mengumpulkan barang-barang kuno khas peranakan dan membuat kita serasa tidak berada di Medan. Mungkin mirip Penang atau Malaka di Malaysia sana.

Sebenarnya Kede Koetja bukanlah kedai-kedai kopi umumnya. Kopi yang dihadirkan di sini adalah kopi tiam yang khas. Saya memesan secangkir kopi hitam yang datang sepaket dengan cangkir porselain jadul. Kopinya pahit mencekam dengan rasa karamel yang kentara. Jika tak kuat kopi hitam, kamu bisa memesan kopi susu yang tak kalah khas.

Di sana-sini kamu akan terpukau dengan pajangan di Kede Koetja. Di dinding bersusun hiasan dinding bermaterial kaleng. Juga ada koleksi kamera jadul, rantang dan alat makan, mesin tik beserta mesin hitung. Tak hanya itu ada juga uang kuno, piringan hitam, sampai mainan anak-anak zaman dahulu.

Di bagian depannya saja kita sudah disambut dengan sepeda ontel dan serutan es campur yang hanya ada di masa lalu. Menu makanannya pun berupa selembar kertas yang dibingkai dengan pigura jadul. Pokoknya segalanya jadul di sini. Mulai dari dekorasi hingga kursi. Mulai dari kamera hingga meja. Penuh pesona dan saya terpukau luar biasa.

Tak hanya kopi, di sini banyak jajanan yang membuat bahagia. Mulai dari aneka kue basah, serabi, pulut ketan, es campur, es cendol dan masih banyak lagi. Dari beberapa menu yang kami coba semuanya enak sekali. Tak ada satu pun yang kenikmatannya bisa saya tolak.

Jika ingin mampir ke sini pastikan dia buka. Sementara hanya buka dari Rabu ke Minggu. Dengan jam buka di atas 11 siang. Saya yakin takkan hanya saya yang terpukau dengan pesona Kede Koetja. Kamu pun akan berpikiran sama dan langsung ingin meneguk masa lalu yang sedap dikenang bersama kopi.

Kede Koetja

Komplek Cemara Asri

Jalan Bahagia No. 8 F Medan,

Sumatera Utara

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.