MENEGUK SECANGKIR KOPI DI SORE HARI, BOLEHKAH

Kapan pun ritual minum kopi memanggil, maka datanglah dengan hikmat meneguk kopi yang nikmat.

SIAPA pun yang menikmati kopi tiap harinya, masih saja meninggalkan kesan tanya, tentang waktu yang optimal bagi tubuh mengambil manfaat dari sacangkir kopi yang mereka teguk. Tidak sedikit teman yang melayangkan tanya pada saya, perihal kapan waktu terbaik untuk mereka menikmati sajian kopi. Saya pun kurang yakin bagaimana jam biologis tubuh mereka, karena jam biologis tubuh tiap orang tentunya berbeda, apakah sedang dalam kondisi bugar atau dalam keadaan letih yang tanpa sadar dipaksa. Siapa pun yang menikmati sajian kopi, tentunya mereka yang paling paham kapan jam terbaik untuk menikmati kopi dan mengambil manfaat kafein untuk tubuh.

credit: tiranaobserver.al

Benarkah minum kopi di sore hari kurang baik?
Sebenarnya tidak ada jam tertentu untuk seseorang menikmati secangkir kopi mereka, yang ada adalah bagaimana mengenal kebutuhan tubuh akan sajian kopi. Kebiasaan seseorang yang menikmati sajian kopi di sore hari karena menurutnya, jam 2 petang hingga sore hari adalah masa di mana tubuh sedang letih, namun tuntutan kerja memanggil. Kopi bisa membuat penikmatnya terjaga dan tetap fokus untuk beberapa jam kemudian, namun jika kapasitas kopi yang diminum berlebih hal ini bisa mengganggu jam biologis tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Alhasil, ketika malam yang seharusnya tubuh beristirahat, malahan terjaga karena tubuh masih mendapatkan fokus berlebih dari konsumsi kopi di sore hari. Besoknya, tubuh akan letih di jam produktif, dan memaksanya fokus dengan meneguk kafein kopi. Baiknya, menikmati sajian kopi harus mengenal jam biologis tubuh diri sendiri, walau pun saya terbilang peminum kopi yang tidak teratur namun saya masih membatasi diri dengan cukup menikmati secangkir kopi saja, dan maksimal 2 cangkir dalam sehari.

Credit : lifehack.org

Di Italia, tidak ada kopi susu di sore hari.
Lain orang lain jam biologis yang optimal untuk menikmati secangkir kopi, bahkan lain negeri lain pula budaya minum kopi yang berkembang. Jika di Indonesia, sekarang ini sajian kopi menjadi teman mengobrol dengan kerabat atau pun teman karib, di Italia kopi adalah sebuah kebutuhan. Tidak ada manual brew di sana, jika pun ada merupakan pelengkap menu kedai kopi untuk selera pengunjung luar Italia. Kopi mereka sejatinya adalah espresso, dan sajian lainnya merupakan tambahan susu seperti cappuccino atau pun latte. Kopi susu di Italia biasanya dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan dengan potongan kue kering atau pun biskuit, karena kopi susu terbilang sajian berat untuk dikonsumsi ketika tubuh sedang butuh istirahat. Jika ingin memaksa tubuh tetap fokus di sore hari, cukuplah mereka meneguk espresso dan melanjutkan aktifitasnya. Tidak ada kopi susu di sore hari di Italia, berbeda di Indonesia yang menikmati santai sore dengan iced cappuccino atau pun iced latte.

Jika saya boleh menyimpulkan, tidak ada jam khusus untuk menikmati kebaikan dari sajian kopi, hanya saja tiap penikmat kopi harus mengerti kebutuhan tubuh terbaik. Istirahat yang cukup dan tetap meneguk nikmatnya sajian kopi. Lebih seru lagi jika menikmati secangkir kopi buatan sendiri, dengan menyeduhnya menggunakan alat kopi favorit tentu akan berbeda pengalaman meneguk secangkir kopi di sore hari.

source
inc.com Kopi Sore Itu Mengurangi Kinerja Anda
huffpost Jangan Pernah Memesan Latte Di Sore Hari: Aturan Minum Kopi Di Italia
unsplash.com img: Maria Shanina

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.