MENGAPA BARISTA HARUS IKUT KOMPETISI BARISTA? SIMAK ULASANNYA

Bisa dibilang barista adalah ruh dari sebuah kedai kopi, keberhasilan sebuah kedai kopi secara garis besar ada pada barista. Apakah hanya orang tertentu saja yang bisa menjadi barista?

MUNGKIN bisa menjadi pertanyaan yang perlahan akan terjawab sendirinya, kemudian muncul lagi pertanyaan kok bisa sebuah profesi dikompetisikan. Untuk sebagian orang akan terlihat aneh, namun inilah letak apresiasi yang penuh kebanggaan tertuju kepada barista, kalah atau menang tidak menjadi soal. Tiap barista adalah pemenang yang dipercaya mewakili kedai kopi di mana mereka bekerja.

Ketika hampir semua pemilik kedai kopi antusias mengikut-sertakan barista mereka untuk mengikuti ajang kompetisi barista, namun ada saja sebagian kecil pemilik kedai kopi yang tidak ikut berpartisipasi karena sudah terlalu nyaman. Kalau dilihat sebenarnya efek kompetisi barista ini bukan hanya apresiasi untuk barista, melainkan lebih luas lagi, mencakup segala aspek dunia kopi.

credit: dailycoffeenews.com

Apa pun jenis kompetisi barista yang terselenggara, selalu saja berhasil mencuri perhatian hampir semua orang, dari yang katanya tidak suka kopi sampai mereka yang terjun bebas di dunia kopi. Karena menurut saya tidak ada orang yang tidak suka kopi, yang ada hanya saja mereka belum mengenal lebih akrab tentang si kopi. Kompetisi barista juga seperti melayani rasa penasaran orang banyak hingga pada akhirnya tertarik untuk menikmati seduhan kopi.

5 Alasan Barista Harus Ikut Kompetisi

Permasalahan yang sering terjadi, biasanya pemilik kedai kopi masih ragu untuk mengikut-sertakan barista mereka. Jika masih ragu apa manfaatnya mengapa barista harus mengikuti ajang kompetisi barista, berikut alasannya.

Pembelajaran
Jika beranggapan kompetisi adalah arena bertanding saja, eits, kompetisi bisa jadi arena belajar yang memacu adrenalin. Di mana apa yang kamu kuasai akan dievaluasi oleh beberapa ahli pada bidangnya. Setelah evaluasi tersebut kamu akan mendapatkan pembelajaran yang gak akan ditemukan dengan biasa.

Branding
Untuk barista yang mewakili kedai kopi mereka, pastinya nama baik kedai kopi itu banyak disebut-sebut banyak orang. Kompetisi bisa menjadi peluang untuk mengembangkan nama kedai kopi yang kamu kelola.

credit: world coffee events

Relasi
Ikut serta dalam kompetisi, akan mengenal lebih jauh bagaimana orang-orang di dalam lingkup dunia kopi. Menemukan relasi bahkan terjun dalam lingkaran orang-orang profesional yang berambisi tentang kopi.

Tantangan
Kompetisi barista ini sendiri bisa menjadi sebuah ajang menantang diri sendiri, untuk terus berusaha memberikan hasil yang terbaik dari apa yang kamu ketahui.

Inovasi
Dan pada akhirnya, menang atau kalah kamu menemukan sebuah inovasi yang mengembangkan resep kopi kamu, mungkin juga mengembangkan konsep yang selama ini kamu pegang teguh dalam menyeduh kopi.

Tidak selamanya tujuan sebuah kompetisi adalah kemenangan, walaupun kemenanganlah yang membuat gairah untuk tiap orang berkompetisi memperlihatkan peforma terbaik mereka. Tapi kompetisi barista adalah hal lain yang disebut dengan ritus kebahagiaan tak ternilai di era third wave.

src: fivesenses.com.au img: 10mag.com

4,735 total views, 3 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.