MENGAPA KOPI IDENTIK DENGAN KREATIVITAS

Benarkah sajian kopi memberikan kemampuan diri untuk menjadi kreatif, mari buktikan bersama.

RUTINITAS pekerja kreatif umumnya tidak terlepas dari sajian kopi, layaknya seorang penulis yang membutuhkan kopi untuk menyambung kata, atau seorang desain grafis butuh inspirasi dengan sajian kopi. Untuk beberapa orang malah lebih nyaman mengerjakan projek di kedai kopi, semakin menjelaskan bahwa kopi memiliki keterikatan dengan kreativitas. Jika benar sajian kopi aktifkan kreativitas diri, seperti apa penjelasan ilmiah tentang kandungan senyawa pada kopi yang berikan potensi kreatif setelah seseorang menenggak secangkir kopi mereka.

Kopi Maksimalkan Potensi Otak
Sekilas beberapa orang mengenal sajian kopi sebatas minuman penghilang kantuk, meneguk sajian kopi untuk mengerjakan tugas di larut malam. Padahal, ketika tubuh menerima asupan dari kopi, setelahnya otak seseorang menjadi lebih fokus dan konsentrasi optimal. Sebabnya, sajian kopi sangat membantu kerja-kerja yang memerlukan pemikiran. Bukan karena hilangnya rasa kantuk, tapi memaksimalkan fungsi otak untuk bekerja, sehingga memberikan energi lebih walau pun tubuh sedang merasa lelah.

Credit : wecandothisnow.com

Kopi Aktifkan Kreativitas Diri
Sebenarnya tiap diri seseorang dibekali sisi kreatif, hanya saja yang membedakannya adalah kebiasaan. Kemudian muncul pertanyaan, dari mana sebenarnya kreativitas diri berawal, lalu seperti apa sajian kopi membantu aktifkan sisi kreatif seseorang.

Inisiatif, pola manfaat yang diberikan oleh kafein kopi adalah menjadi fokus dan konsentrasi yang terpusat. Walau pun ketika seseorang tidak ingin melakukan apa pun, pemikirannya tetap bekerja sehingga memunculkan inisiatif kecil yang disusun menjadi ide. Mereka yang biasa menulis fiksi maka akan muncul ide cerita, yang sedang berencana memiliki sebuah usaha umumnya akan muncul ide usaha. Inisiatif tanpa direalisasikan hanya sebatas ide, maka jangan biarkan ide itu hilang selagi sajian kopi belum habis diminum.

Komitmen, sesaat tubuh seseorang seperti sangat bergairah ingin melakukan ide-ide baru yang muncul dari kepalanya. Jika awalnya ide muncul sebatas selingan waktu luang, masih dalam pengaruh positif kafein kopi, ide kemudian diekstrak menjadi rencana-rencana aksi. Maka tidak heran, banyak yang memanfaatkan sajian kopi untuk memulai rutinitas. Malahan beberapa instansi yang mulai paham kini memfasilitasi mesin kopi otomatis untuk para stafnya agar selalu mendapatkan manfaat kopi berkualitas.

Credit : squarespace.com

Percaya Diri, selanjutnya inisiatif ide yang bemunculan dan telah diekstrak menjadi daftar rencana tidak akan menjadi kreatif tanpa rasa percaya diri. Sajian kopi bukan berarti mampu memberikan rasa percaya diri untuk melakukan banyak hal, namun memberikan suasana nyaman sehingga lebih terfokus untuk melakukan sesuatu.

Tiap orang punya sudut pandang sendiri memaknai secangkir kopi mereka di pagi hari. Ketika sajian kopi hanya sebatas penghilang rasa kantuk, maka seperti itulah manfaat kopi untuknya. Namun, ketika sajian kopi mengoptimalkan seseorang dalam banyak pekerjaan, maka secangkir kopi menjadi sajian kopi berkualitas.

Pernahkah punya pengalaman, yang awalnya menurut kamu tidak bisa dilakukan, ternyata bisa kamu lakukan karena meneguk secangkir kopi favoritmu. Yuk berbagi di sini!

sumber:
thekitchn.com the link between coffee and creativity
goinswriter.com coffee creativity writer
pexels.com img Iain

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.