MENGAPA KOPIMU RASANYA PAHIT, COBA CARI TAU DI SINI

Ketika menikmati kopi, pernahkah kita merasa ada yang lain dengan secangkir kopimu hari ini, ketika sesapan yang pertama rasanya tidak pernah sama lagi dengan hari-hari sebelumnya, masih layak untuk diminum namun dengan sajian yang sama rasa kopinya cenderung agak pahit.

TIDAK menjadi soal menggunakan alat kopi apa pun untuk seduhan nikmatmu, namun yang menjadi permasalahan jika seduhan kopimu tidak sama lagi dengan seduhan hari sebelumnya. Padahal rasa-rasanya kita sudah melakukan hal yang benar dan sama persis dengan seduhan yang kita lakukan sebelumnya. Tapi tetap saja karakter rasanya tidak sama lagi, cenderung agak pahit dari seduhan sebelumnya, walau pun kadar rasa pahit untuk sebagian orang berbeda-beda. Tetap saja kopi punya bahasa rasa untuk menunjukkan perbedaan rasa pada lidah pengopi.

Secara garis besar, permasalahan mengapa kopi rasanya tidak sama lagi dengan seduhan kopi pada sebelumnya, mungkin ada masalah dengan biji kopi yang digunakan, air seduhan yang digunakan atau masalah lainnya. Agar mengetahui lebih detail tentang permasalahan dengan sajian kopi kita, mungkin beberapa hal ini membantu kita untuk menelusuri permasalahannya.

Biji Kopi Tidak Segar Lagi
Salah satu alasan mengapa kopi menjadi tak nikmat lagi, mungkin karena biji kopi yang digunakan tidak segar lagi. Biji kopi yang dibiarkan terpapar dengan udara akan mengalami degassing, dan semakin lama terpapar maka semakin lama juga degassing berlangsung yang membuat karakter rasa juga terlepas ke udara. Untuk menjaga agar tidak terpapar udara, baiknya biji kopi disimpan pada wadah kedap udara, dan perhatikan tanggal roasting biji kopi.

credit: theshot.coffeeratings.com

Kesalahan Roasting Biji Kopi
Jika kamu penikmat kopi yang hardcore, mungkin sebelum seduh kopi kamu menyediakan green bean untuk disangrai sendiri yang kemudian diseduh. Hal ini mungkin alternatif menjaga kesegaran biji kopi, tapi jika setelah diseduh karakter rasa tidak nyaman, bisa jadi profil roastingnya yang bermasalah. Mengatasinya, cobalah untuk menemukan resep menu roasting yang nikmat, atau bisa jadi alat roasting yang tidak lagi mampu memanaskan green bean secara menyeluruh, maka mulailah investasi untuk menganti alat roasting rumahan kamu.

Ukuran Bubuk Kopi Tak Tepat
Sebenarnya tiap alat kopi untuk sajiannya, memiliki perbedaan ukuran giling biji kopi sebagai rekomendasi sajian nikmatnya. Jika kopi kita tidak bersahabat, bisa jadi permasalahannya terletak karena salah ukuran biji kopi. Kopi yang diekstraksi dengan air panas butuh ukuran bubuk kopi yang sesuai untuk larut dengan air seduhan. Mengatasinya, pahami metode alat kopi yang digunakan, dan seperti apa ukuran gilingan kopi yang sesuai di tiap metode seduhan dan sajiannya.

Suhu Air Seduhan Salah
Kopi yang diekstraksi secara optimal akan menciptakan karakter rasa yang kaya, namun apa jadinya jika air seduhan yang digunakan terlalu panas atau terlalu dingin. Dalam berbagai penjelasan, telah banyak rekomendasi suhu terbaik untuk air seduhan, pada rentang 90°-96°C. Biasanya kesalahan suhu ini, dikarenakan tidak ada alat ukur untuk melihat suhu air ketika air didihkan, baiknya menyediakan termometer untuk mempersiapkan air seduhan.

credit: goodmorningbaristas.com

Kandungan Air Seduhan Kurang Optimal
Sebenarnya suhu air seduhan yang sesuai saja belum cukup untuk mewujudkan sajian kopi yang nikmat, untuk lebih memastikan lagi sajian kopi yang tercipta lebih nikmat, perlu juga memperhatikan kualitas air yang digunakan. Kandungan senyawa baik yang ada pada air sangat membantu melarutkan kopi agar terekstraksi, lalu apa jadinya jika air yang digunakan tidak memiliki senyawa untuk melarutkan kopi. Baiknya, gunakanlah filter yang mampu memaksimalkan senyawa yang terkandung pada air dan mengurangi senyawa air yang buruk untuk ekstraksi kopi.

Alat Kopi Tidak Steril
Perhatikan kebersihan alat kopi yang kamu gunakan, karena alat kopi yang tidak bersih akan mempengaruhi tiap kali kita menyeduh kopi. Ada baiknya membersihkan alat kopi secara teliti agar ketika digunakan tidak memberikan dampak terhadap rasa kopi saat terekstraksi.

Proses Seduh Yang Bermasalah
Cara seduh sangat mempengaruhi karakter rasa, dari mulai waktu seduh dan juga perbandingan bubuk kopi dan air sajina yang digunakan. Bubuk kopi yang digunakan terlalu banyak sedangkan air seduhannya sedikit maka akan cenderung ciptakan rasa yang kurang nyaman. Ada baiknya memahami teori antara variabel cara seduh untuk menciptakan rasa kopi yang nikmat

src: roastycoffee.com img: leafbeanmachine.com.au

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.