MENGAPA PERLU MEMBERSIHKAN GRINDER SECARA BERKALA

Penggiling biji kopi sangat membantu untuk menyajikan kopi nikmat, menggilingnya sesaat ketika ingin menyeduh kopi.

SIAPA yang tidak ingin menikmati sajian kopi nikmat buatan sendiri setiap harinya. Untuk mendapatkan suasana minum kopi yang nikmat tentu hal pertama harus memiliki grinder sendiri di rumah. Penggiling biji kopi banyak ragamnya dari mulai penggiling elektrik yang umum digunakan di kedai kopi hingga penggiling manual yang bisa dibawa ke mana saja. Untuk memilih penggiling biji kopi yang sesuai, pastikan kebutuhan sajian kopi harian kemudian tentukan ingin memiliki mesin penggiling yang seperti apa.

Namun, memiliki penggiling biji kopi tidak juga selamanya mendapatkan hasil sajian seperti yang diinginkan. Kemudian muncul pertanyaan seberapa sering untuk membersihkan penggiling biji kopi agar selalu bersih dan siap untuk digunakan sesaat ketika ingin menyeduh sajian kopi. Bayangkan jika mesin penggiling biji kopi yang selalu digunakan di kedai kopi jarang dibersihkan, tentu akan berakibat buruk terhadap sajian kopi. Maka harus diperhatikan penggunaan mesin penggiling sesering apa. Mesin penggiling yang tidak bersih bisa mengakibatkan beberapa hal antara lain.

  • Sajian Kopi Tidak Lagi Sama
    Terkadang bubuk kopi yang keluar dari mesin penggiling masih ada tertinggal sedikit di mata bur atau pun saluran internal lainnya pada mesin penggiling. Pada mesin penggiling manual umumnya masih tersisa sedikit bubuk kopi pada mata bur, pada mesin penggiilng elektrik selain pada mata bur juga sering masih tertinggal di saluran keluarnya bubuk kopi. Maka ada baiknya dilakukan bersih-bersih mesin penggiling secara berkala, khususnya untuk mesin penggiling yang sering digunakan.
  • Kerusakan Komponen Penggiling
    Pada kasus yang lebih serius lagi, bubuk kopi juga dapat menyebabkan kerusakan komponen pada jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan dari sifat bubuk kopi yang menempel pada komponen mesin penggiling. Jadi jangan heran jika ada komponen yang berkarat mungkin karena kelembapan, atau pun retakan pada komponen. Setelah membersihkan mesin penggiling, harus dipastikan juga tiap komponen yang akan dipasang kembali bersih dan kering.

  • Kerusakan Motor Mesin Penggiling
    Jangan salah sangka jika ruang penggiling yang kotor tidak bisa menyebabkan kerusakan pada motor penggiling. Bubuk kopi yang masih tersemat di bagian dalam mesin penggiling mengundang serangga rumahan untuk mendekat. Tidak ada yang tahu aktivitas serangga setelah masuk ke dalam mesin penggiling. Bisa saja mungkin membuat sarang dan sebabkan kerusakan pada motor mesin penggiling.

Maka perlu untuk membersihkan mesin penggiling biji kopi untuk sajian kopi tetap nikmat. Pada mesin penggiling elektrik, ketika ingin membongkar komponen untuk membersihkannya, pastikan mesin tidak terhubung dengan listrik. Jangan membongkar motor mesin sendiri walau pun untuk alasan membersihkannya, cukuplah membersihkan ruang penggiling. Mesin penggiling juga bisa dibersihkan dan dirawat menggunakan puro grinder cleaning.
Pernahkan kamu memiliki pengalaman buruk ketika membersihkan mesin penggiling. Yuk berbagi di sini!

credit:
ineedcoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.