MENGAPA RASA KOPI BERUBAH KETIKA SUHU SAJIAN MENURUN

Ingatkah terakhir kali minum kopi dan kamu mengabaikannya untuk beberapa menit, kemudian meneguknya kembali rasanya sudah tidak seperti secangkir kopi yang kamu kenal.

SETELAH secangkir kopi tersaji ternyata ada reaksi lain yang menyebabkan perubahan rasa kopi. Bagaimana karakter rasa kopi menjadi berubah tiap kali suhu sajian mulai mendingin adalah sebuah fenomena menarik. Karena untuk sebagian orang menganggap penurunan suhu sajian kopi pada jeda waktu tertentu merupakan petualangan rasa. Karakter rasa kopi yang diteguk tepat setelah kopi selesai diseduh akan berbeda rasanya dibandingkan dengan 5 menit kemudian, 10 menit kemudian dan seterusnya. Malahan tidak sedikit juga yang menganggap penurunan suhu sajian kopi, membuat sajian kopi tidak nikmat lagi.

Semua ini tentang persepsi yang diterima oleh lidah dan diterjemahkan pada pola kebiasaan seseorang menikmati kopi. Cerita dibalik perubahan rasa ini masih perihal oksidasi, tidak hanya pada tahap persiapan seduh, setelah kopi tersaji pun interaksi oksigen sedikit demi sedikit menyamarkan rasa. Semula sajian kopi kamu memiliki karakter rasa yang beragam, setelah kopi mendingin yang tertinggal hanya rasa tidak nyaman ketika diteguk, tergantung metode seduhan dan varietas biji kopi yang digunakan.

Menelusuri forum yang mengulas akan hal ini, black coffee cenderung akan berganti rasa menjadi agak pahit ketika suhu sajian mendingin, sedangkan kopi drip masih nyaman untuk diminum walaupun rasa sudah menipis. Maka tidak heran banyak penikmat kopi yang meneguk sajian kopinya untuk waktu yang tidak sebentar, menggunakan tumblr kopi demi menjaga kualitas suhu sajian kopi. Menggunakan cangkir dengan material yang mampu mengimprovisasi ketahanan suhu sajian kopi juga membantu menjaga kualitas sajian kopi untuk beberapa menit.

Pengendalian suhu salah satu hal terpenting untuk menciptakan kenikmatan sajian kopi, pada tahap seduhan kopi suhu air seduhan menjadi aspek yang diperhatikan untuk ekstraksi kopi yang nikmat. Begitu juga ketika sajian kopi tersaji, pada suhu sajian tertentu, aroma nikmat kopi terbawa udara, disamping itu juga suhu sajian terpengaruh. Dari pengalaman para penikmat kopi, disimpulkan rasa yang optimal pada rentang waktu 15-20 menit setelah seduhan kopi.

Bagaimana menurut kamu, apakah perubahan suhu sajian kopi mempengaruhi rasa di sajian kopi. Pernah kamu memiliki pengalaman meneguk kopi yang sudah dingin namun tetap nikmat, yuk berbagi di sini.

sumber: bettercoffeeathome.com gambar: unsplash.com

1 Comment
  1. persepsi enak itu relatif.
    tapi kalau masalah rasa itu mutlak.
    menurut lidah saya yang awam, rasa kompleks dari kopi itu muncul seiring penurunan suhu.
    citra rasa yang “aneh” mungkin keluar ketika suhu kopi itu sudah mulai mendekati suhu tubuh.
    jujur, saya adalah orang tidak suka kopi pada awalnya, dan hal ini masih berlangsung pada seruputan pertama ketika teman menyuguhi saya dengan V60 hasil buatannya.
    awalnya saya hanya menghargai jerih payahnya untuk menjamu saya.
    namun ketika selang beberapa menit, kemudian saya menyeruput kopi yang sudah “dingin” tersebut. saya merasakan citra rasa yang aneh dilidah saya, dan beruntungnya saya menyukainya. setelah pertemuan itu dan sampai sekarang saya masih terjebak di “rabbit holenya kopi” .

Leave a Reply

Your email address will not be published.