MENGAPA STEAM WAND HARUS SELALU DIBERSIHKAN

Di era sekarang ini, kebersihan alat kopi tentu menjadi perhatian khusus dalam menyajikan kopi untuk memenuhi kebutuhan ngopi pelanggan yang datang ke kedai kopi. Pada permasalahan mesin espresso, terkadang masih ada barista yang beranggapan bahwa pembersihan untuk steam wand cukuplah dilakukan ketika tutup kedai.

SECARA kasat mata, tidak ada bedanya steam wand yang dibersihkan sesering mungkin setelah digunakan dengan steam wand yang dibersihkan ketika malam saat tutup kedai. Tapi, percayalah steam wand yang tidak dibersihkan sesering mungkin sebenarnya menyimpan bakteri pada ujungnya, dan hal ini sangat mengganggu sajian kopi. Maka ritual membersihkan steam wand setelah men-steam susu harusnya dimasukkan pada standar operasional. Dan untuk barista pemula pada saat magang lebih baik diungkapkan alasan kenapa dibersihkan sesering mungkin, agar tidak menyimpulkan bahwa pembersihan steam wand sama saja dengan pembersihan tutup kedai.

Steam wand yang digunakan setelah men-steam susu tapi tidak dilap menggunakan kain, tentu akan mengganggu hasil susu ketika di-steam untuk sajian selanjutnya. Bahkan, pada kasus yang lebih parah karena sudah sering tidak dibersihkan akan ada sisa susu menggumpal pada lubang steam wand, dan hal ini tentunya tidak baik untuk hasil sajian kopi kita. Bayangkan apa jadinya sajian cappucinno atau latte yang disajikan pada kita, dan ternyata steam wandnya tidak dibersihkan secara optimal.

credit: homegroundbarista.com.au

Sedikit tips ketika akan men-steam susu untuk sajian kopi susu, sediakan lap yang selalu siap untuk digunakan di tempat yang nyaman untuk diambil. Beberapa barista, ada yang memasangkan lap ke apron mereka ada juga yang meletakkannya di sebelah mesin espresso. Dan perlu diketahui, bahwa lap tersebut harus dicuci minimal sehari sekali, atau jika sudah terlalu basah lebih baik menggantinya dengan lap lainnya.

Sebelum men-steam susu, beberapa barista membuka knop untuk mengalirkan uap sebelum menggunakannya, ada juga yang langsung memasukkan steam wand ke pitcher untuk men-steam susu tanpa membuang uap terlebih dahulu. Dan selanjutnya, setelah susu di-steam dan knop uap sudah ditutup, akan ada sisa foam yang menempel di steam wand, maka bersihkanlah dengan lap. Setelah steam wand dibersihkan menggunakan lap, buka knop uap untuk memastikan tidak ada lagi foam susu yang masih menempel di lubang steam wand di bagian dalam. Jika hanya membersihkan bagian luarnya saja, tanpa membuang uap pada tahap akhir, bisa dipastikan lama kelamaan foam yang menempel pada lubang steam wand akan menggumpal dan mengganggu steam susu berikutnya.

Namun bukan berarti, jika sudah sering membersihkan steam wand setelah steaming, maka tidak memerlukan pembersihan lagi saat tutup kedai. Menjaga peralatan dan perlengkapan tetap bersih adalah keharusan untuk menjaga konsistensi rasa dan juga menjaga agar sajian kopi tetap sehat untuk dikonsumsi pelanggan.

src: baristabasics.com.au img: essentialcoffee.com.au

1 Comment
  1. Setuju banget!
    Karena aku pernah ngalamin diare2 gara ngopi di coffee shop yg terkenal, kebetulan waktu itu di outletnya yg di mall.
    Pas besoknya aku balik kesana (gak ngopi, krn msh diare), aku perhatiin cara baristanya bikin espreso n steam susunya.. ternyataa steam wandnya jorok, diujungnya kayak ada plak kuning2 gitu.. OMG! Jd agak kapok ngopi di coffee shop ‘brand’ itu

Leave a Reply

Your email address will not be published.