MENGENAL BICERIN COFFEE!

Jika Italia dikenal sebagai ‘kampung halaman’ espresso, macchiato, cappuccino dan lain sebagainya, maka ada satu menu kopi yang jarang digaungkan meski berasal dari negara yang sama. Minuman itu bernama bicerin coffee!

ITALIA memang kiblatnya espresso dan turunannya. Minuman yang tersebar di seluruh kedai kopi di dunia ini memang dilahirkan di Italia bersama minuman jenis lain. Namun, ada satu jenis menu minuman kopi yang tampaknya kalah popular dan jarang dibicarakan di mana-mana. Padahal minuman jenis ini telah ada sejak 1700-an dan dinikmati hingga sekarang.

Lalu apakah bicerin coffee ini sebenarnya? Bicerin Coffee ini ternyata adalah campuran espresso dan cokelat atau dikenal dengan “kopi cokelat”. Komposisi bicerin coffee secara umum adalah terdiri dari espresso, cokelat (biasanya dark chocolate) dan susu atau krim. Minuman yang berasal dari Turin (atau Torano) ini biasanya dinikmati pada musim gugur atau musim dingin karena memang disajikan hangat.

Penyajiannya sendiri biasanya ditempatkan di cangkir atau gelas kaca dengan busa susu yang sedikit tebal. Sehingga pada saat dinikmati, susu tersebut menyentuh bibir pertama. Sebuah sensasi lembut di awal lalu dilanjutkan dengan kopi dan cokelat yang tercampur sempurna. Kualitas cokelat juga harus sempurna. Tak semua jenis cokelat ternyata bisa nikmat diracik menjadi bicerin coffee. Oleh karena itu, diperlukan ketepatan dalam memilih jenis kopi dan juga cokelatnya agar bisa mencapai rasa yang nikmat.

Bicerin sendiri dalam Bahasa Piedmont berarti “small glass”. Yang mungkin berarti secangkir minuman berukuran kecil yang menghangatkan. Aspek penting dari secangkir bicerin coffee adalah three layers atau tiga lapis espresso, cokelat dan susu yang harus terlihat jelas dari cangkirnya.

Jadi di mana bisa menikmati bicerin coffee di Indonesia? Sejauh ini saya tidak pernah menemukan kedai kopi yang menyajikan bicerin coffee. Tapi menu kopi satu ini sangat mudah diracik sendiri di rumah. Untuk resep bicerin coffee akan saya bagi di artikel selanjutnya ya. Selamat menunggu!

Artikel disunting dari secretitaly.it

Foto utama dari houseandgarden.co.uk

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.