MENGENAL VARIETAS TANAMAN KOPI DENGAN KATALOG WCR

Sebelum menentukan ingin menanam tanaman kopi, mungkin ada baiknya untuk melihat varietas tanaman kopi apa yang sesuai dengan lahan yang akan kita tanam. Dan bahkan, dari mempelajari varietas tanaman kopi kita dapat mengetahui potensi hasil produksi seperti apa nantinya, apakah biji kopi akan memiliki karakter rasa yang manis, atau karakter rasa lain. Berbeda varietas, terkadang juga berbeda cara perawatannya dan metode penanamannya, varietas tanaman kopi yang tinggi dengan varietas tanaman kopi yang pendek pasti akan berbeda jarak tanamnya.

KOMODITAS kopi hampir di tiap negara kini menjadi sorotan yang serius, dari mulai cara pembuatan dan isu-isu yang terkait dengan si kopi ini. Tidak heran kini banyak sekali alat-alat kopi yang beragam dan dengan kualitas terbaik muncul di industri kopi. Hal ini merupakan dedikasi para pelaku industri kopi untuk tetap menyediakan kemudahan ngopi yang nikmat kepada para coffee enthusiast. Sebagai contoh salah satu alat kopi yang berkualitas dan mudah digunakan seperti Leverpresso Espresso Maker, merupakan alat pembuat espresso portable yang sangat nyaman bisa digunakan di mana saja, serta mampu mengoptimalkan ekstraksi dari kopi.

Namun ternyata yang menjadi permasalahan, walaupun hampir di beberapa lini rantai industri kopi banyak mengalami perubahan, tapi di beberapa daerah negara produsen kopi, petani tradisional mereka masih minim wawasan tentang varietas tanaman kopi. Sangat terlihat perbedaan perubahan dari hulu dan hilir rantai kopi industri ini, walaupun demikian hal ini disebabkan karena infrastruktur petani kopi tradisional mungkin tidak memadai untuk mencari referensi agar menambah wawasan mereka seputar tanaman kopi. Alhasil, tanaman kopi yang mereka rawat hanya berdasarkan metode perawatan turun-temurun yang sudah diwariskan oleh para buyut mereka. Padahal, banyak lembaga pemberdayaan petani kopi sebagai wadah bertukar informasi, dari mulai independen seperti koperasi petani kopi atau pun Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute yang dinaungi dinas pertanian.

Terlepas dari hal itu, memang perlu kemandirian petani kopi untuk mencari informasi terkait tanaman kopi seperti apa yang sesuai untuk ditanam di lahan mereka, bahkan mencari tahu bagaimana perawatan yang sesuai untuk varietas tanaman kopi tertentu. Informasi tersebut bisa diperoleh di laman varieties.WorldCoffeeResearch.org, di laman tersebut banyak sekali daftar varietas tanaman kopi yang bisa dijadikan referensi. Namun sebelum itu, petani kopi harus mengetahui kondisi lahan tanam yang akan mereka tanam benih kopi.

credit: worldcoffeeresearch.org

Klasifikasi dari katalog varietas tanaman kopi yang ada pada World Coffee Research digolongkan pada beberapa kategori, sehingga memudahkan mereka yang ingin mencari informasi terkait tanaman kopi. Mulai dari potensial kualitas berdasarkan ketinggian lahan tanam, hingga potensial banyaknya hasil panen, berikut sekilas mengenai klasifikasinya. Sayangnya laman ini masih katalog dari penelitian di beberapa negara produsen kopi belum mencakup negara produsen kopi secara keseluruhan.

FISIK TANAMAN | Kategori ini mencakup tinggi tanaman tumbuh, warna daun seperti apa, dan juga ukurun biji kopi yang nanti panen seperti apa. Dari fisik tanaman ini, pastinya petani kopi sudah mulai dapat menentukan varietas apa yang ingin mereka tanam, tapi tunggu dulu, bagaimana dengan klasifikasi lainnya.

ULASAN AGRONOMI | Dari ulasan berikut ini, petani kopi dapat mengetahui varietas kopi tertentu idealnya di tanam pada ketinggian lahan di berapa mdpl dan juga ideal di suhu seperti apa. Bahkan dari sini, dapat pula diketahui hasil panen seperti apa nantinya, potensi kualitas kopi seperti apa, dan juga informasi tentang penyakit tanaman yang mungkin menyerang atau dapat bertahan pada varietas tanaman kopi. Informasi ideal umur tanaman juga ada pada ulasan ini, semua hal tentang ilmu pertanian yang dapat membantu petani kopi mengambil keputusan diulas pada klasifikasi ini.

GENETIK | Informasi pada klasifikasi ini berkaitan tentang turunan tanaman kopi dari genus apa, dan penjelasan genetik terkait varietas tanaman kopi tertentu, serta ada juga sejarah singkat tentang varietas tanaman kopi.

INFO KETERSEDIAAN DAN LISENSI | Dan di akhir klasifikasi, menjelaskan apakah benih varietas tanaman kopi tersebut sudah memiliki lisensi, atau pun bagaimana informasi ketersediaan benih tanaman kopi tersebut.

Sebagai contoh berdasarkan katalog WCR, varietas tanaman kopi Baltian memiliki ciri tanaman yang tinggi dengan warna daun yang hijau hampir kecoklatan, dan biji kopi yang besar. Dan idealnya ditanam pada ketinggian lebih dari 1000mdpl dengan letak lahan secara astronomis pada 5° Bujur Timur hingga 5° Lintang Selatan (ataupun pada 5–15°N dan 5–15°S: >700m; >15°N and >15°S: >400m). Varietas Baltian berpotensi menghasilkan jumlah panen yang banyak dan juga berpotensi menghasilkan biji kopi berkualitas sangat baik. Bahkan, pada level aman pada ancaman wabah hama kutu serangga, tapi beresiko daun tanaman karatan jika tidak dirawat secara teliti. Nah, berikut sekilas mengenai katalog varietas tanaman kopi yang diterbitkan oleh World Coffee Research, jayalah selalu petani kopi Indonesia.

src: worldcoffeeresearch.org img: beanscenemag.com.au

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.