MENGETAHUI KECACATAN PADA BIJI KOPI

Kopi yang cacat memengaruhi hasil akhirnya pada seduhan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui ciri-ciri kecacatan pada green bean sebelum disangrai. 

DIPERLUKAN penyortiran yang ketat terhadap biji kopi hijau (green bean) sebelum disangrai. Biasanya penyortiran ini dilakukan secara manual dengan cara melihat bentuk fisik dan mencium aroma dari biji hijau tersebut. Kopi yang cacat dalam istilah kopi disebut juga coffee defect. Adapun penyebab dari kecacatan pada kopi ini bisa bermacam-macam sumbernya. Baik dari proses pascapanen maupun serangan hama pada saat sebelum panen.

Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja ciri-ciri kecacatan pada kopi tersebut, silakan baca poin-poin berikut ini.

credit: scanews.coffee

Biji Tidak Utuh atau Pecah

Hal ini mungkin terjadi pada proses pascapanen. Pada saat biji kopi dipisahkan dari kulit dan daging buahnya, terkadang terjadi kesalahan sehingga menyebabkan biji kopi tersebut tidak lagi utuh alias mengalami benturan di sana-sini. Ini bisa menurunkan cita rasa pada saat disangrai. Tidak utuhnya bentuk biji mengakibatkan tidak ratanya proses penyangraian. Oleh karena itu, ada biji yang kecil dan besar di sana. Biji yang pecah dan kecil akan mudah hangus pada saat disangrai sehingga kan pahit rasanya.

Biji Kopong

Biji cacat ini sering juga disebut dengan elephant beans. Biji ini isinya tidak merata dan satu sisinya mungkin lebih besar dari yang lain. Ini terjadi mungkin dari pohon sehingga ada buah yang tidak menghasilkan biji sempurna. Biji seperti ini jika disangrai akan cepat hangus juga sehingga memengaruhi rasa kopi.

credit : supplement-geek.com

Biji Berbentuk Ganjil

Kegagaan pembuahan menyebabkan biji kopi ini bentuknya tidak sewajarnya. Pun ini akan menyebabkan proses sangrai yang tidak merata. Tentu hasil akhir akan tidak nikmat pula.

Biji Gagal Fermentasi

Sedangkan yang ini tidak terlihat dari bentuk fisiknya tetapi dari aromanya. Ini terjadi karena proses pascapanen yang melibatkan proses fermentasi. Paling sering terjadi di tahap penjemuran. Kopi yang cacat ini menimbulkan rasa asam yang tidak menyenangkan dan bau yang tidak sedap.

Biji Berlubang

Sudah pasti ini adalah ulah hama dan serangga. Biji yang terkena hama ini rasanya pahit sekali dan bijinya juga tidak padat sehingga tidak baik untuk diproses lagi.

Biji Menghitam

Jika kamu sering menemukan biji yang sudah menghitam sebaiknya segera disingkirkan. Ini terjadi karena biji kopi tersebut sudah menyentuh permukaan tanah pada waktu tertentu jadi sudah terkontaminasi zat lain dan bisa jadi bakteri juga. Yang paling parah baunya juga sangat menyengat.

Biji yang Tidak Ada Aromanya

Biji ini biasanya dipetik pada saat belum merah sempurna ceri kopinya. Jadi masih mentah tapi sudah dipaksa panen. Rasa yang dihasilkan akan tidak enak dan aromanya hampir tidak kentara.

Foto utama dari healthline.com dan berbagai sumber

Foto utama dari agentgreen

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.