MENGHIDUPKAN KEBAHAGIAAN DI HAYATI SPECIALTY COFFEE

Kopi itu kehidupan. Setidaknya itulah yang menginspirasi kedai kopi ini yang mengambil Bahasa Arab ‘hayati’ yang berarti ‘hidup’.

YOGYAKARTA kini memang sangat memanjakan penikmat kopi. Tiga tahun lalu mampir ke Yogyakarta kedai kopi belum semeriah sekarang. Kini kemana pun kaki melangkah pasti bertemu kedai kopi yang memiliki keunggulan dan ciri yang berbeda. Kedai kopinya pun juga beragam dan masing-masing dari mereka memiliki pasarnya sendiri. Jadi meskipun pertumbuhan kedai kopi di kota ini cukup signifikan, owner-nya tak perlu resah karena tiap coffee shop pasti menemukan pelanggannya.

Hari keempat di Yogyakarta saya melipir ke sebuah kedai kopi yang cukup ‘kini’ di kawasan Demangan Baru. Bermodal lihat-lihat dari Instagram akhirnya saya kepincut juga untuk mampir ke Hayati Specialty Coffee yang berkonsep clean, minimalist and cozy. Warna putih mendominasi ditambah sentuhan kayu dan tanaman. Nyaman! Saat saya mampir ke sini suasana kedai sedang ramai. Comunal table dipenuhi mereka yang meeting (atau bekerja). Di bagian dekat jendela pun diisi lelaki berlaptop yang sibuk dengan dunianya.

Di coffee bar mesin espresso La Marzocco Linea duduk manis bersanding dengan manual grinder Mahlkonig. Ya, sungguh keserasian yang tak bisa ditolak. Di hopper grinder-nya saya mengintip kopi Java Halu yang menjadi coffee blend mereka. Ah, saya jadi tergoda memesan secangkir hot latte. Tak cukup dengan latte tentu saya memesan filter coffee yang diseduh dengan Hario V60. Sayang saya lupa single origin apa yang saya pesan. Rasanya lumayan meski tak membuat saya jatuh cinta. Hot latte-nya nikmat serasa ‘menghidupkan’ lidah saya yang tak puas dengan filter coffee tadi. Good job!

Minum-minum saja rasanya kurang puas. Ha-ha-ha. Jadilah saya memesan salted egg rice bowl yang surprisingly enak sekali. Meskipun saya bukan fans segala sesuatu yang di salted-egg-kan, tetapi saya cukup puas dengan yang saya pesan. Makan berdua seporsi karena sesungguhnya saya dan teman saya sudah makan sebelum mampir ke sini. Intinya makanan ini ludes oleh dua orang yang berbahagia.

Karen saya belum mengitari kedai kopi ini sampai ke belakang, jadilah saya memulai ‘tur’ kedai kopi ini. Di bagian belakang yang berbetuk ‘L’ ternyata adalah bagian smoking area yang nyaman sekali. Kursi-kursi banyak disebar dan ada tanaman yang memberi sentuhan hijau di sana-sini. Kaget juga ternyata banyak yang nongkrong di belakang sambil foto-foto.

Overall, Hayati Specialty Coffee adalah kedai kopi menyenangkan yang ‘menghidupkan’ kebahagiaan siapa saja yang datang. Tak hanya rasa kopi dan makanan, suasana di kedai kopi ini yang membuatnya istimewa. Selama saya di sini banyak sekali terjadi sesi foto dadakan yang membuat pengunjungnya senang. Kedai kopi itu begitu. Tak harus perkara kopi saja yang mengundang bahagia, suasana juga. Setidaknya di Hayati Specialty Coffee keduanya ‘hidup’ sehidup namanya.

Hayati Specialty Coffee

Demangan Baru No.7, Caturtunggal, Kec.

Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.