MENGHILANGKAN EFEK KAFEIN DI MALAM HARI

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan efek kafein di malam hari.

BAGI sebagian (besar) orang, terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa cukup menyusahkan saat malam hari karena membuat mereka menjadi susah tidur. Kafein disebut-sebut alasan utamanya—meski kopi sebetulnya bukan satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Jika kamu termasuk salah satu yang kerap mengalami masalah seperti ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan efek kafein. Simak beberapa poinnya berikut ini.

· Minum air putih

minum air putih

Minum air putih adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan efek kafein. Air putih bisa menjernihkan sistem tubuh bukan hanya dari racun tapi juga dari kafein sehingga cairan ini cukup ampuh menjadi penawar. Biasanya minuman-minuman yang mengandung kafein akan membuat tubuh menjadi dehidrasi yang mana kondisi ini semakin mempercepat ‘kerja’ kafein itu sendiri. Minum air putih, setidaknya minimal 2 gelas, bisa mengurangi efek dehidrasi yang ditimbulkan dan menghidrasi kembali tubuh.

· Mengonsumsi buah pisang

Selain minum air putih, makanan lain yang juga baik untuk dikonsumsi jika ingin menghilangkan efek kafein adalah buah pisang. Buah satu ini bisa menenangkan perut yang bergejolak dan membantu melawan beberapa efek yang tidak diinginkan dari kafein. Seperti yang diketahui, kafein bisa membuat tubuh dehidrasi dan mengacaukan keseimbangan elektrolit tubuh. Pisang yang mengandung kalsium dan potassium ini bisa membantu mengatur gula darah dan menjadikannya camilan ringan yang ideal setelah minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein.

· Makan camilan sehat

Jika tidak suka pisang, camilan-camilan sehat juga bisa membantu meredakan mual dan efek kafein. Coba mengonsumsi sesuatu seperti beberapa roti yang dipoles mentega almond, buah-buahan lain, sayuran dan mungkin beberapa asupan protein tanpa lemak. Camilan-camilan sehat seperti ini bisa meredakan perut yang terasa menggelegak, memelihara tubuh dengan lemak baik dan, tentu saja, membantu meleburkan kafein.

· Mengonsumsi vitamin C

buah vitamin C

Ketika pisang dan camilan lain mungkin tidak berhasil meredakan efek kafein, buah-buahan yang kaya akan vitamin C merupakan pilihan paling jitu. Banyak ahli mengatakan bahwa tingginya level kafein di dalam tubuh bisa memengaruhi konsentrasi vitamin C, membuat tubuh mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh kita sedang kekurang vitamin. Dengan memasukkan asupan vitamin C ke dalam darah, sistem tubuh pun bisa meredakan efek kafein yang tidak diinginkan. Coba konsumsi buah-buahan seperti kiwi, jeruk, strawberry atau grapefruit.

· Ngemil beberapa makanan ringan yang mengandung magnesium

Selama kita meminum air dalam jumlah banyak dan mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium, maka umumnya tubuh akan baik-baik saja. Magnesium juga bisa membantu mengurangi efek yang disebabkan kafein di dalam tubuh dan barangkali adalah cara termudah yang bisa dilakukan. Di saat bersamaan, magnesium juga dapat menghilangkan sakit kepala yang mungkin didapatkan oleh beberapa orang yang tidak terbiasa dengan kadar kafein di dalam darahnya. Makanan-makanan yang mengadung cukup banyak magnesium antara lain seperti alpokat, susu dan labu.

 

Makanan dan camilan di atas adalah beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk –minimal– mengurangi efek kafein dan membantu kamu bisa beristirahat di malam hari. Kalau kamu punya tips selain di atas, boleh dong dibagi di kolom komentar. 😉

 

Photo sources: Lead photo is by courtesy of Nikola and Tamara. | Fruits plate is of Hidehiro Kigawa.

 

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

9 Comments
  1. Aku sering begini nih, abis biasanya kalau asesudah lembur aku ngopi-ngopi dulu, eh malah susah tidur jadinya pas sampe rumah. Jadi aku akalin dengan banyak minum air putih deh, wlopun harus beser, tp akhirnya cepet bobo nyenyak 🙂

    Ohya kalo ngga salah tadi aku baca di websitenya Merries jg ternyata ibu hamil ngga bole konsumsi kopi ya, krn memang banyak efek negatifnya. 🙁

  2. Saya bukan pecinta kopi, tp 2hr terakhir saya minum espresso lumayan banyak kurang lebih 3x sehari. Dampaknya dalam sehari saya susah banget untuk tidur, cuman tidur 2jam setengah itu pun ga nyenyak, terus kadang merasa gelisah. Apakah normal efek seperti ini?

  3. Saya sebelumnya ga pernah ada masalah dengan kafein. Saya biasa minum kopi drip dan kadang espresso. Tapi tetep bisa tidur nyenyak. Masalah nya sekarang saya sedang mengkonsumsi fat burn untuk fitnes dengan kandungan kafein anhydrous 290mg dan extract green Coffee. sekarang malamnya jadi melek, melek banget. Ini emang kafein beda dgn kafeinnya kopi ya?

    1. Biasanya untuk kandungan caffeine fat burner lebih tinggi dibanding caffeine di kopi mas. Disarankan jangan meminum fat burner 6-8 jam sebelum jam tidur

  4. Biasanya untuk kandungan caffeine fat burner lebih tinggi dibanding caffeine di kopi mas. Disarankan jangan meminum fat burner 6-8 jam sebelum jam tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published.