MENGINTIP CARA MERAMAL NASIB DARI AMPAS KOPI

Bukan perkara sederhana untuk meramalkan nasib seseorang tapi bayangkan jika itu dilakukan melalui media ampas kopi, tentunya butuh latihan dan intuisi mendalam ketika membaca pertanda untuk meramal, masalah hasil ramalan terpulang mau dipercaya atau tidak.

MERAMAL nasib seseorang melalui ampas kopi terkenal di negara Turki, bahkan sudah menjadi tradisi yang memang harus dijaga untuk mempertahankan kearifan budaya ngopi di sana. Mereka yang meramalkan seseorang dengan membaca ampas kopi di cangkir kopi mereka merupakan peramal profesional yang tekstur ampas dari sisi-sisi bagian dalam cangkir. Jadi, jika kita mengetahui cara peramal meramal menggunakan ampas kopi, mungkin tiap orang bisa menjadi peramal.

Mungkin untuk sebagian orang ada yang menjadikan kegiatan ramal-meramal sebagai acuan untuk mengambil sebuah langkah dalam hidupnya, lebih baik cukuplah dijadikan sebagai hiburan yang mengibur suasana hati. Bagi mereka yang mempunyai intuisi saja tidak cukup, namun harus mampu menyampaikan pesan yang ada pada ampas kopi. Lalu bagaimana sebenarnya, ritual meramal menggunakan ampas kopi, sedikit langkah-langkah yang perlu dipersiapkan.

credit: instructables.com

Pembacaan kopi Turki jatuh dalam kategori Tasseography, metode ini meramal dengan menafsirkan pola di daun teh, ampas kopi dan lainnya. Mungkin kegiatan meramal ini tidak terlalu memberikan kesan, tapi yang menarik ketika peramal mengambil kesan pertama dari yang diramalkannya dengan membaca kepribadian pelanggan mereka.

Ritual meramal ini diwariskan dari generasi ke generasi dan hanya bisa membaca ampas kopi milik orang lain, tidak mungkin berguna untuk membaca ampas kopi di cangkir peramal sendiri. Mereka; peramal akan mempersiapkan kebutuhan untuk meramal seseorang, berikut ini langkah-langnya;

  • Mempersiapkan kopi Turki yang kuat dan lembut menggunakan metode seduh ala Turki tentunya.
  • Sajikan kopi pada cangkir kecil yang memiliki sisi bagian dalam yang berwarna putih.
    Seseorang akan diminta memikirkan pertanyaan yang akan ditanya, kemudian meminum kopi Turki. (Beberapa daerah di Turki ada yang meminta dalam jumlah tegukan tertentu, 1, 3 atau bahkan 5 tegukan)
  • Ketika selesai meminumnya, mereka akan diminta membalikkan cangkir kopi yang berisi ampas tadi di atas piring cangkir.
  • Setelah itu, mereka yang diramal diminta mengambil piring cangkir dan cangkirnya, lalu memutar cangkir searah jarum jam atau berlawanan, sebanyak 3 kali dengan memikirkan niat yang ingin diramalkan.
  • Setelah selesai diputar, piring kecil dan cangkir tersebut dibiarkan agar ampas kopi mengering.
  • Dan selanjutnya, peramal biasanya meminta yang diramal meletakkan cincin atau koin ke atas cangkir jika tujuan yang diramal tentang cinta atau kekayaan.
credit: instructables.com

Biasanya waktu untuk menunggu ampas kopi mengering sekitar 5 hingga 10 menit, sesaat ketika menunggu ampas kopi mengering, peramal akan mengajukan pertanyaan sederhana pada yang diramal, tentang kegelisahan mengapa harus diramal, dan lain sebagainya. Untuk menjadi peramal yang menggunakan ampas kopi, haruslah memiliki intuisi, narasi yang karismatik dan pengetahuan simbol ramalan untuk disampaikan.

Sekilas, penjelasan tentang ampas kopi yang berada pada cangkir kopi, bagian bawah mewakili masa lalu, dan sisi cangkir bagian tengah mewakili situasi masa sekarang dan sisi atas hingga tepi cangkir mewakili masa depan. Secara umum peramal akan fokus memperhatikan bagian ampas kopi yang lebih tebal kemudian berangsur memperhatikan pola yang terbentuk pada bagian ampas kopi yang tipis.

Meneguk nikmat sajian kopi adalah menikmati kearifan yang tumbuh di dalam cangkirnya.

src: instructables.com img: eliteworldhotels.com.tr

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.