MENGINTIP TEORI ROASTING, CIPTAKAN KONSEP RASA KOPI

Di siklus industri kopi, mungkin yang paling buat penasaran adalah pekerjaan seorang roaster.

BUKAN mudah menjadi seorang roaster, bahkan terkadang tidak habis pikir, jika roaster-roaster itu melakukan kesalahan, bisa jadi biji kopi yang sedang mereka roasting akan membuat rasa kopi tidak sesuai harapan. Bayangkan biji kopi yang bagus dengan karakter rasa yang menarik, ketika roaster mengalami kesalahan roasting biji kopi hasil roasting tidak akan memiliki rasa yang sesuai harapan.

Para roaster pemula pun bukan sebentar untuk mempelajari bagaimana cara roasting untuk mengeluarkan karakter rasa dari si biji kopi. Tidak sedikit juga yang ikut kelas menjadi seorang roaster, dan tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Beberapa orang yang ingin menjadi roaster juga ada yang memutuskan untuk belajar sendiri, mempelajari karakter biji kopi dari artikel dan video tutorial yang beragam. Dan berikut ini, sekilas bahasan dari teori konsep roasting.

Di antara para roaster tentunya ada yang memiliki style mereka sendiri saat meroasting si biji kopi. Tapi mungkin, basicnya sama apa yang perlu diperhatikan dan apa saja yang saling mempengaruhi. Sebuah teori konsep roasting yang dirangkumkan oleh Joe Marrocco bisa menjadi referensi belajar kita bagaimana cara roasting. Joe juga membuat kumpulan video motionnya di youtube yang bisa diakses siapa pun. Dalam tutorialnya, joe menjelaskan ada 3 hal yang saling terkait ketika meroasting.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat video tutorial dari Joe tentang konsep teori tersebut. Menjelaskan secara detail bagaimana biji kopi, mesin roasting dan karakter rasa saling mempengaruhi satu sama lain. Sebabnya, menjadi roaster perlu pemahaman yang lebih mendalam tentang 3 hal tersebut, agar bisa mengambil keputusan untuk hasil roast bean yang diharapkan.

GREEN BEAN MEMPENGARUHI RASA
Karakter rasa dari biji kopi sangat banyak tentunya, misalkan karakter fruity, caramel atau pun floral. Rasa yang tercipta ini adalah hubungan keterkaitan bagaimana proses green bean, yang kemudian dioptimalkan ketika masuk masa sangrai.

MESIN ROASTING MEMPENGARUHI BIJI KOPI
Tiap proses dari biji kopi memiliki perbedaan tentunya, apakah itu natural process atau honey process dan yang lainnya. Para roaster percaya, perbedaan bean process ini menentukan keputusan bagaimana cara sangrai seorang roaster untuk mengoptimalkan rasa yang diciptakan nantinya.

KARAKTER RASA DAN MESIN ROASTING SALING TERKAIT
Keputusan seorang roaster menentukan cara sangrai untuk green bean tertentu, dapat menciptakan karakter rasa yang sejatinya memang dimiliki oleh green bean. Namun, jika seorang roaster gagal memahami tiap catatan penting dari green bean, maka karakter rasa yang tercipta tidak sesuai yang diharapkan.

Kita sebagai penikmat kopi juga bisa mempelajari teori konsep roasting tersebut, bagaimana caranya? Jangan berpikiran, meroasting biji kopi harus menggunakan mesin roasting yang besar dan perlu biaya yang cukup mahal. Tenang, kita bisa mencobanya sendiri dengan mesin roasting rumahan seperti mini coffee roaster atau alat roasting rumahan seperti wajan dan sebagainya.

src: thecoffeecompass.com img: indiecoffeeroasters.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.