MENGULAS ORPHAN ESPRESSO FLATPACK CLASSIC TRAVEL DRIPPER

Penciptaan demi penciptaan dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan ngopi yang semakin tinggi. Orphan Espresso pun turut menghadirkan satu coffee dripper yang menunjang aktivitas ngopi kita di mana saja.

BEBERAPA tahun lalu kita menyambut suka cita kehadiran coffee dripper yang bisa dirangkai saat dibutuhkan bernama Munieq Tetra Drip. Coffee dripper ini datar dan mudah dibawa dan disimpan saat tak digunakan namun menjelma ‘corong’ segitiga saat ingin digunakan menyeduh kopi. Kini Munieq Tetra Drip bukanlah satu-satunya flat dripper yang ada di industri kopi kita karena Orphan Espresso hadir dengan Flatpack Classic Travel Coffee Dripper yang mengusung semangat yang sama.

Saat pertama kali melihat flatpack dripper ini kami langsung terpukau karena dia hadir bersama paket yang apik. Sebuah dompet cokelat yang di dalamnya terdapat flatpack dripper, dripper stand dari titanium dan 10 lembar penyaring kertas. Sekilas seperti dompet tipis yang di dalamnya adalah apa-apa yang kamu butuhkan dalam menyeduh. Begitu premium dan berkelas!

Flatpack Classic Travel Coffee Dripper-nya sendiri terbuat dari material FDA Silicone lentur yang bisa digulung. Ujung ke ujung coffee dripper-nya diberi pengait agar menyatu menjadi corong layaknya penetes kopi. Hebatnya lagi, coffee dripper ini bisa menjadi dua jenis coffee dripper yang berbeda. Di sisi yang satu dengan ulir garis panjang dari ujung ke ujung untuk ekstraksi yang lebih cepat. Dan sisi lainnya dengan ulir garis lebih pendek untuk ekstraksi yang lebih lama. Jadi keduanya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Beli satu gratis satu ibaratnya!

Saat mencoba menggunakannya kami rasa alat ini cukup kokoh meskipun terbuat dari silikon. Kesulitan untuk mengaitkan dua sisinya pun tidak begitu berarti karena hanya dikaitkan mirip dengan mengaitkan kancing pada baju. Praktis dan cukup nyaman saat dipakai seduh. Dan karena memang diciptakan untuk traveling, maka menurut kami alat ini layak dimiliki dari segi kepraktisan dan ringannya. Dan jika paper filter bawaannya habis kami bisa membeli paper filter V60 ukuran 1-2 cups yang tersedia di mana-mana.

Lalu bagaimana hasil seduhannya? Hasilnya beda tipis dengan alat seduh pour over lainnya. Semua bisa disesuaikan dengan metode seduhmu sendiri. Tapi secara personal menyeduh dengan alat ini seperti gabungan antara Rivers Coffee Dripper Cave Reversible yang terbuat dari silikon dan Munieq Tetra Drip yang bisa menjadi dripper datar. Atau jangan-jangan flatpack dripper ini adalah penyempurnaan keduanya? Entahlah. Mungkin kamu yang bisa memutuskannya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.