MENIKMATI KOPI SENDIRIAN DI KEDAI KOPI, MENGAPA TIDAK

Siapa bilang ngopi di kedai kopi harus dengan teman sejawat, membahagiakan diri sendiri di kedai kopi tidak ada salahnya.

KEDAI kopi identik dengan sajian kopi yang dinikmati secara beramai-ramai, bersama teman sekantor, teman perkuliahan atau pun relasi bisnis. Tiap orang yang berkunjung ke kedai kopi memiliki alasan untuk menikmati secangkir kopi mereka hari ini, menemani obrolan ringan hingga sebagai sajian selingan ketika rapat. Di sudut ruang kedai kopi, di dekat jendela, atau pun di meja dekat bar, banyak orang menikmati sajian kopi mereka sebagai pelengkap obrolan dengan teman-teman. Tidak heran kedai kopi di Indonesia ada sebagai wadah sosial untuk banyak orang, namun di beberapa negara kedai kopi sebagai kebutuhan untuk menikmati sajian kopi itu sendiri. Sebabnya, ada juga kedai kopi yang tidak menyediakan ruang luas untuk pengunjungnya seperti konsep kedai kopi take-away.

Tapi pernahkah kamu menikmati sajian kopi sendirian di kedai kopi favorit, beberapa menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tabu. Kebanyakan orang berkunjung ke kedai kopi tidak sendirian melainkan dengan teman, untuk semakin mempererat hubungan sosial mereka. Orang beranggapan bahwa ngopi sendirian adalah sesuatu hal yang aneh, mungkin mereka belum sadar fungsi kedai kopi bukan hanya sekadar wadah sosial untuk orang-orang mengobrol di dalamnya. Lebih dari itu kedai kopi bisa menjadi ritual menyendiri yang produktif, banyak yang melakukan kerja kreatif mereka di kedai kopi dengan secangkir kopi yang selalu terisi. Jika masih khawatir untuk ngopi sendirian di kedai kopi, setidaknya simak tips berikut untuk memastikan ritual ngopi sendirian menjadi nyaman.

credit: unsplash.com

1. Temukan Sudut Ruangmu
Untuk yang peka, sudut ruang di kedai kopi pun memiliki suasana berbeda, sebuah poros kebahagiaan yang terabaikan. Seperti menyatu dengan suasana kedai kopi, sudut ruang dengan kursi yang nyaman menjadi tempat favorit untuk ritual ngopi sendirian. Pastikan kursi di kedai kopi nyaman untuk digunakan berlama-lama, dan pilihlah sudut ruang yang didukung dengan soket sumber daya. Sajian kopi tanpa batas dengan terhubungnya perangkat elektronik pribadi untuk menelusuri banyak hal.

2. Inspirasi Seni Mengamati
Seruput nikmat sajian kopi sendirian di kedai kopi, teryata untuk beberapa orang dilakukan demi menemukan inspirasi dalam proses produktif pada kerja kreatif mereka. Ada yang menemukannya dengan membaca buku ditemani sajian nikmat dari kopi yang dipesan, ada juga yang mencarinya dari mengamati pengunjung lain. Mengamati pengunjung lain di kedai kopi, semacam hiburan untuk membangkitkan kreatifitas diri. Sebabnya, banyak yang memilih melakukan kerja di kedai kopi untuk mendapatkan inspirasi mereka.

credit: unsplash.com

3. Seruput Sederhana
Tidak ada yang bisa memastikan kejadian di kedai kopi, berharap tidak mengganggu pengunjung lain dengan ngopi di sudut ruang, malahan hal ini membuatmu manjadi pusat perhatian. Belum lagi, jika mengamati pengunjung lain di kedai kopi terlalu jelas, bisa jadi pengunjung lain akan terusik. Menjadi diri yang sederhana lebih baik, dari pada menjadi pusat perhatian yang mungkin mengganggu orang lain. Ritual ngopi sendirian di kedai kopi adalah proses memahami diri sendiri dan suasana sekitar ruang.

4. Ciptakan Kesan Baik
Menjadi pengunjung berkesan untuk barista mau pun untuk pengunjung lainnya, adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Menciptakan kesan bukan berarti mencoba menjadi orang lain agar berkesan, tapi berbaiklah ketika order pesanan kopi, menjadi ramah bukan berarti harus bersosialisasi, karena untuk beberapa orang ke kedai kopi sendirian demi menjauhkan diri dengan hubungan sosial yang ada.

Menikmati secangkir kopi sendirian di kedai kopi, umumnya dilakukan untuk bekerja atau pun membangkitkan proses kreatif dari pekerjaannya bahkan menikmati secara sederhana tiap teguk sajian kopi. Pernahkah kamu punya pengalaman ngopi sendirian di kedai kopi?

Ritual ngopi sendiri juga tidak kalah hebatnya dengan seduh kopi sendiri.

src: theodysseyonline.com img: unsplash.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.