MENJADI BARISTA PEMULA MULAI DARI RUMAH

Ingin menjadi barista mulai dari mana? Kerap pertanyaan ini mungkin terlintas di benak pecinta kopi.

NAMUN demikian, banyak yang menemukan caranya sendiri untuk memulai karir menjadi seorang barista. Belajar dari rumah, mencoba membuat kopi susu literan, dan menjual kopi susu secara online tanpa membuka kedai kopi. Untuk menjadi barista di rumah dan membuka kedai kopi online dari rumah tentu harus memiliki tahapan detail untuk mempelajarinya.

Mungkin kamu juga tertarik dengan ulasan menjadi barista kopi dari dasar.  Seorang barista sudah pasti mampu mengkreasikan biji kopi menjadi secangkir kopi nikmat. Tapi tidak sesederhana itu, dari awal perlu memahami karakteristik biji kopi sehingga paham perlakuan eksklusif untuk sajian kopi sempurna. Mengerti dengan alat-alat kopi sehingga bisa memaksimalkan seduhan kopi terbaik untuk karakteristik biji kopi tertentu.

Credit : nymag.com

Setelah piawai menyeduh kopi dengan pendekatan wawasan ekstraksi dan teknis yang menyertainya, menjadi seorang barista belum lengkap. Selanjutnya barista juga harus mempersiapkan diri terjun langsung sebagai baris terdepan di industri kopi yang melayani para penikmat kopi. Ramah dan sopan dalam pelayanan, fleksibel dan dapat diandalkan, mampu bekerja sama serta harus teliti ketika bekerja.

Dari bahasan singkat tadi menjadi seorang barista dari dasar, tentunya kamu sudah mengerti untuk memulai menjadi seorang barista dari mana. Di era digital ini, kamu pun bisa belajar apa yang ingin kamu kuasai dari rumah. Persiapkan keperluan dan kebutuhan untuk mulai menjadi home barista, mulai dari seduhan kopi manual selanjutnya kreasi sajian espresso based.

Kreasi Seduhan Kopi Manual

Pahami bagaimana pengaruh rasio kopi terhadap ekstraksi rasa, dan cara memahaminya hanya dengan banyak mencoba dan melatih pemahaman kamu. Memulai menjadi barista dari rumah, kamu harus bisa menyajikan seduhan kopi manual berbagai metode seduh.

Sedia Penggiling Biji Kopi

Dasar menyajikan kopi yang sempurna bermula dari biji kopi yang selalu segar ketika diseduh. Menyimpannya dalam bentuk biji menjadi hal wajib, kemudian digiling ketika akan diseduh untuk kualitas bubuk kopi yang optimal. Sesuaikan kebutuhan kamu, apakah memiliki penggiling kopi manual atau penggiling kopi elektrik sebagai tahap awal mempelajari karakteristik bubuk kopi untuk seduhan.

credit: pinterest

Kettle Leher Angsa

Selanjutnya kamu akan mempertimbangkan bagaimana untuk memaksimalkan teknis dalam seduhan kopi, untuk di awal memiliki kettle dengan tuangan aliran air stabil menjadi pilihan utama. Apa pun metode seduh yang digunakan, tuangan aliran air seduhan merupakan variabel yang mampu memaksimalkan potensi ekstraksi rasa. Sesuaikan kebutuhan kamu, memiliki kettle leher angsa yang terintegrasi sebagai pemanas air atau hanya memiliki kettle leher angsa dengan tuangan air stabil.

Peralatan Seduh Kopi

Setiap barista memiliki kecendrungan menyukai peralatan seduh kopi favorit mereka, namun demikian barista diwajibkan menguasai ragam metode seduh yang ada. Pelajari alat metode seduh dan temukan alat seduh kopi manual yang kamu sukai, V60, French Press, Chemex, Aeropress dan lainnya.

Kreasi Sajian Espresso Based

Kamu sudah memahami pendekatan rasio praktis dari kreasi seduhan kopi manual, pasti berikutnya ada rasa penasaran bagaimana seduhan espresso berkerja. Maka berawal dari proses belajar menjadi seorang barista dari rumah, kamu mulai mencintai prosesnya. Setidaknya untuk memahami kreasi sajian espresso based, ini yang perlu kamu persiapkan.

Sajian Espresso

Kemungkinan mengkreasikan sajian espresso tentu kamu sudah harus memikirkan alat seperti apa yang sesuai untuk kamu gunakan ketika membuat espresso. Memilih alat espresso maker portabel seperti Handpresso, Staresso atau espresso maker manual tanpa listrik seperti Flair, dan Cafelat Robot Coffee Maker. Bahkan kamu bisa memilih mesin espresso ringkas untuk membantu persiapkan espresso di rumah, seperti Otten Mesin Espresso Retto Green.

Sajian Susu

Untuk menciptakan kreasi sajian cappuccino dan latte, perlu mempersiapkan sajian susu yang dibutuhkan. Kamu bisa mengkreasikan sajian susu menggunakan alat frother elektrik seperti Otten Milk Frother Micro Foam. Untuk sajian susu dengan karakter foam padat, maka perlu alat steam beberapa mesin kopi sudah terintegrasi perangkat steam namun jika butuh alat steam maka rekomendasi Bellman Stove Top.

Menjadi barista dari rumah, selanjutnya kamu bisa melengkapi aksesoris barista untuk mendukung kinerja kreasi sajian kopi kamu. Dari mulai milk jug, tamper, apron dan perlengkapan lainnya. Semoga tahapan rekomendasi peralatan untuk menjadi seorang barista pemula dari rumah, bisa menjadi referensi kamu sehingga paham menjadi barista mulai dari mana.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.