MENUANG KOPI DARI KETINGGIAN TERTENTU MEMENGARUHI RASA?

Kopi memang detail dan spesifik. Tapi apakah benar perkara menuang kopi dari wadah atau server ke dalam cangkir kopi pada ketinggian tertentu memengaruhi rasanya?

BUKAN satu dua kali saya mendengar perdebatan perkara ‘menuang kopi ke dalam cangkir pada ketinggian tertentu’ sedikit banyak KATANYA akan memengaruhi rasa kopi. Awalnya saya pikir hal ini hanya sebuah ajang untuk keren-kerenan para barista di belakang coffee bar saja. Atau paling tidak supaya ritual seduh lebih terlihat ciamik layaknya atraksi di atas panggung.

Eh ternyata, hal ini juga dibahas di thekitchen.com yang dia kutip di dalam ulasan “LPT: Pour your coffee from a height of several inches (or more). It will introduce more oxygen into solution and tangibly improve the taste.” Penulisnya mengatakan bahwa jika menuang kopi dari dalam French Press ke cangkir pada ketinggian tertentu (sekitar 8 inci) akan mengubah rasanya menjadi lebih baik karena udara yang berada di sekitar itu akan membuat rasanya lebih enak. Who knows!

Pendapat lain yang datang penulis buku Craft Coffee: A Manual: Brewing a Better Cup at Home, Jessica Easto barista biasanya melakukan penuangan hasil seduh pada ketinggian tertentu agar partikel pada kopi tersebut tercampur dengan sempurna dan kemungkinan menghasilkan rasa yang sempurna pula. Juga, agar kopi mencapai suhu yang diinginkan sehingga lebih mudah menikmatinya. Ya seperti kita tahu beberapa biji kopi memang nikmat diteguk pada suhu-suhu tertentu.

Pendapat Jessica Easto juga dibenarkan oleh Steven Schreiber dari Brooklyn Beans yang mengatakan bahwa menuang kopi dari ketinggian tertentu mempermudah partikel air dan kopi tercampur dengan sempurna. Meskipun dia juga mengatakan mengaduk dengan sendok juga bisa mencampur partikel dengan sempurna juga. Mungkin caranya saja yang berbeda ya?

Jadi kembali ke judul artikel di ini apakah menuang kopi dari ketinggian tertentu memengaruhi rasa? Jawabannya iya. Pertama, karena mampu mencampur seluruh partikel kopi. Kedua, menurunkan suhu pada titik tertentu. Keduanya berpengaruh pada rasa yang kelak kamu teguk. Meski ya dua hal ini tetap bisa dilakukan dengan cara lain meski agak sedikit kurang kerennya karena memiliki sisi atraksi. 😀

Artikel disunting dari thekitchn.com dan situs lainnya.

Foto utama dari  shopback.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.