MENYEDUH DENGAN GABI DRIP MASTER

Metode seduh manual memang mengusung tema ‘menikmati kopi layaknya ritual’. Sedangkan manusia modern kerap menginginkan sesuatu yang praktis. Manual dan praktis ini berhasil diambil dan diwujudkan secara apik menjadi satu alat seduh bernama Gabi Drip Master.

GABI mungkin terdengar seperti nama seorang perempuan muda nan cantik. Tapi Gabi Drip Master adalah sebuah dripper asal Korea Selatan yang berbeda dari rekan pendahulunya Hario V60, Kalita Wave, Chemex dan lain sebagainya. Gabi Drip Master terbuat dari material plastik yang terbagi dari 4 bagian. Gabi Drip Master tidak sekedar penetes, Gabi tercipta genius dengan mampu meneteskan kopi sendiri tanpa memerlukan ketel leher angsa sedemikian rupa. That makes Gabi special!

Saya beruntung diizinkan mengutak-atik Gabi sekaligun melakukan unboxing alat yang dibandrol Rp. 545.000 ini. Gabi Drip Master tidak membutuhkan coffee scale juga (kecuali untuk menimbang kopi dan airnya). Jadi jika kamu ingin sedikit berhemat membeli alat kopi, gooseneck kettle and coffee scale bisa kamu coret dari daftar dan menggantinya dengan Gabi Drip Master saja.

Tanpa banyak bicara mari kita mulai mengutak-atik alat kopi ini!

Komponen dan Cara Pemasangan Gabi Drip Master

Box of Gabi Drip Master

Dalam kota Gabi Drip Master terdapat sebuah pelindung yang (agaknya) berbentuk prisma terbuat dari plastik untuk melindungi komponen dari Gabi. Ada sebuah buku panduan berbahasa Korea dan Inggris serta sebuah measuring spoon plastik berkapasitas 15 gram.

Isi dari kotak Gabi Drip Master

Bagian dari Gabi Drip Master sendiri terdiri dari 4 komponen utama yang semuanya terbuat dari material plastik transparan kualitas tinggi. 

Bagian dari Gabi Drip Master. (Dari Kanan – Kiri) water bottle, water spout, dripper, multi
  • Water Bottle : wadah paling atas tempat air panas. Wadah ini berkapasitas 150 ml berbentuk kerucut.
  • Water spout : memiliki (kalau tidak salah) 16 lubang khusus yang dibuat untuk mengatur tetesan air. Water spout dipasangkan menyatu dengan water bottle. 
  • Dripper : penetes kopi dengan satu lubang di tengah tempat coffee filter dan kopi diletakkan.
  • Multi : semacam tatakan dripper agar kokoh saat proses seduh dilakukan di atas server.
Water Bottle
Water Spout
Dripper
Multi

Keempat komponen dari Gabi Drip Master ini masing-masing bisa disatukan menjadi dua bagian lagi. Water Bottle dikunci dengan Water Spout. Sedang Dripper diletakkan bersama Multi di atas server. 

Water Bottle dan Water Spout
Dripper dan multi

Cara Seduh dengan Gabi Drip Master

Setelah semua komponen terpasang dengan sempurna dan dibilas bersih dengan air hangat. Kamu bisa memulai menyeduh dengan Gabi Drip Master.

Yang Dibutuhkan:

  1. Siapkan Gabi Drip Master
  2. Siapkan paper filter. Kamu bisa menggunakan Gabi Paper Wave filter atau Kalita Wave Filter 155.
  3. 15 gram kopi digiling medium.
  4. 150 ml air dengan suhu 89’C or so.
  5. Server kopi.

Cara seduh:

Letakkan paper filter di dalam dripper.

Bilas paper filter dengan air panas lalu buang air bilasannya.

Masukkan 15 gram bubuk kopi.

Pasangkan Water Bottle dan Water Spout di atas Dripper.

Tuang air pada Water Bottle hingga penuh (150 ml).

Tunggu hingga semua air menetes habis pada kopi.

Tetesannya seperti hujan. Wonderful!

Kopi nikmat diseduh dengan Gabi Drip Master siap dinikmati!

Kesimpulan:

Dengan Gabi Drip Master menyeduh sangat dimudahkan karena air tidak perlu dikontrol oleh gooseneck kettle. Hasilnya clean, balance dan menyenangkan. Ya, kalau soal hasil tergantung kopinya juga. Intinya ini sangat membantu untuk kedai kopi yang sering sibuk karena barista tidak perlu menyeduh perlahan dengan ketelnya. Untuk hasil kopi yang lebih body dan bold kamu bisa menyesuaikan dengan menambah jumlah kopi, mengurangi air, dan menentukan variabelnya saja. Asyiknya lagi Gabi Drip Master juga bisa digunakan untuk seduh dingin ala japanese iced coffee! 

Yang terbaik dari Gabi Drip Master adalah Water Spout dan kekerenannya dalam mengontrol tetes air. Tetes air mampu beredar di seluruh titik dan menyentuh kopi lalu memberi ekstraksi. Mengeluarkan ‘magic’ pada aroma, rasa dan tentu saja kebahagiaan dalam tiap tegukan!

Foto oleh Inez Japardi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.