MENYEDUH KOPI TAK HANYA DENGAN AIR DAN KOPI

Biasanya menyeduh kopi manual hanya melibatkan kopi dan air saja. Namun kini kami banyak menemukan eksperimen yang beragam dengan mencampurkan ‘bahan lain’ ke dalam kopi yang sedang diseduh. 

SEBENARNYA menyeduh kopi itu sah-sah saja dengan metode dan bahan apapun. Selama yang menyeduh berbahagia dan selama hasil seduhannya ada yang menikmatinya. Seperti baru-baru ini kami melihat fenomena perihal menyeduh kopi yang tidak hanya menggunakan kopi dan air saja tetapi buah-buahan, cokelat, sirup bahkan kue.

Tunggu dulu! Buah-buahan, cokelat dan sirup yang dimaksud ini bukan yang dicampur setelah kopi diseduh. Kalau ini mah sudah biasa. Tapi benda-benda ini dicampurkan ke dalam kopi yang sudah digiling dan diletakkan tepat di dalam coffee dripper. Kemudian diseduh seperti biasa dengan mengucurkan air dari kettle ke ‘bahan-bahan’ itu dan juga kopi.

Ekstraksi yang terjadi antara kopi dan bahan-bahan tersebut yang kemudian dinikmati. Saya sendiri pernah mencoba memasukkan potongan jeruk bali ke dalam coffee dripper yang sudah ada kopinya lalu menyeduh seperti biasa. Hasilnya? Secangkir kopi dengan rasa jeruk yang samar. Mungkin karena jeruk bali yang saya pilih kurang segar atau bisa jadi karena single origin yang saya pakai terlalu kuat aroma nutty dan chocolaty-nya.

Lain cerita seorang kenalan pernah memasukkan potongan cokelat merek ternama di dalam coffee dripper. Hasil seduhan kopi bercampur cokelat tersebut berwarna keruh dan menurutnya kopi yang dihasilkan hampir mirip kopi susu karena dia menggunakan cokelat milk and nuts. Menarik memang!

Kopi memang mampu mengasah kreativitas penikmatnya menjadi tak terbendung dan mencipta ragam formula yang ajaib. Seru dan menyenangkan! Namun di sisi lain banyak kontra yang tak setuju perihal ini karena menurut golongan tertentu kopi biarlah sederhana menjadi kopi saja. Jangan dicampuri dengan hal-hal yang akan mengubah rasanya. Kalau saya sih apa saja bisa. Kalau kamu? Masih mau coba hal-hal ‘ajaib’ seperti ini dalam menyeduh kopi?

Foto utama dari highergroundstrading.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.