MENYIASATI MINUM KOPI MANUAL BREW DI PERJALANAN

Untuk saat ini, merencanakan liburan melakukan perjalanan menyenangkan ke destinasi impian adalah hal yang membahagiakan, membuat daftar beberapa hal yang akan dilakukan selama liburan dan mempersiapkan keperluan yang akan dibawa.

BAGI para pecinta kopi, traveling merupakan kegiatan mengasyikan, bahkan menjadi sempurna bisa seduh kopi dan menikmatinya ketika traveling. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membawa peralatan kopi untuk kebutuhan minum kopi selama traveling. Jika memiliki mesin grinder rumahan, tentunya akan menyulitkan untuk dibawa bepergian, karena mesin grinder tersebut tidak didesain portabel sehingga bisa dibawa ke mana saja.

Paling penting sebelum melakukan perjalanan bagi pecinta kopi, harus memastikan kebutuhan biji kopi tersedia, air panas untuk seduhan terpenuhi dan alat kopi seduh favorit kamu. Kemudian sebelum memilih peralatan kopi seperti apa yang akan kamu bawa, coba pertimbangkan beberapa hal berikut.

  • Portabel
    Mereka yang melakukan perjalanan panjang berhari-hari lamanya, semakin mudah ruang geraknya jika membawa peralatan kopi tanpa listrik. Mereka yang pindah dari satu penginapan ke penginapan lain, dari destinasi wisata ke destinasi wisata lain, alat kopi yang mudah dibawa akan mempercepat urusan merapikan barang bawaan.
  • Daya Tahan
    Membawa alat kopi yang mudah rusak dan hancur karena benturan sungguh tidak menyenangkan. Pernahkah terbayangkan apa yang terjadi pada travel bag di pusat pengantaran barang, tidak menutup kemungkinan ada benturan yang terjadi, sebabnya alat kopi yang bebas dari benturan menjadi pilihan bijak.
  • Ukuran
    Seberapa besar alat kopi yang akan dibawa menjadi acuan penting, karena hal ini akan mengurangi ruang di dalam travel bag yang kamu gunakan. Menggunakan tas yang lebih besar bukan solusi, memilih alat kopi yang efisien menjadi pertimbangan tepat.

Setelah memastikan peralatan kopi yang akan dibawa dengan barang-barang lain cukup masuk ke travel bag, ada hal lain yang masih perlu diperhatikan. Untuk menikmati seduhan kopi manual dengan hasil yang konsisten, perlu peralatan yang mendukung dari mulai teknik dan ketepatan rasio.

Orphan Espresso - Pouring Pitcher / Kettle Light Gray

Gramasi Bubuk Kopi
Rasio ketika menyeduh kopi manual salah satu yang terpenting untuk hasilkan kopi yang nikmat. Umumnya cara siasati gramasi ini menggunakan scale yang ramping ataupun sendok takar. Bila tidak membawa scale untuk menimbang gramasi bubuk kopi yang digunakan, maka yang ada hanya mengandalkan intuisi jumlah bubuk kopi yang digunakan dengan air seduhan yang dituang.

Tanpa Kettle Leher Angsa
Metode seduh pour over untuk mendukung teknik tuang agar ekstraksi terimprovisasi maka perlu menggunakan kettle leher angsa, agar aliran air konsisten ketika dituang. Hanya saja ketika melakukan perjalanan, kettle leher angsa tidak mungkin dibawa, maka perlu menggunakan alternatifnya.

Pouring pitcher dari Orphan Espresso merupakan alternatif cerdas pengganti kettle rumahan yang digunakan selama ini. Desainnya yang stylish dan ringkas mudah untuk dibawa ke mana saja, bahkan kamu bisa atur aliran air yang keluar dengan fitur Flow Control Gate.

Pour Over atau French Press
Hasil sajian dengan metode keduanya memiliki masing-masing penggemar, hanya saja bagaimana jika metode seduh tersebut kamu bawa bepergian. Dripper atau french press yang kamu masukkan ke travel bag akan menyita banyak ruang di travel bag.

Munieq - Tetra Drip Stainless Steel (02S)

Pilih dripper yang portabel dan mudah untuk dibawa, seperti Tetra Drip dari Munieq atau Flatpack Drip dari Orphan Espresso. Hanya perlu sediakan paper filter, kamu sudah bisa seduh kopi pour over di mana saja.

Sedangkan French Press, banyak produsen alat kopi yang menciptakan metode seduh ini terintegrasi dengan tumblr, sehingga ketika selesai diseduh kamu tidak perlu mencari cangkir untuk meneguknya. Seperti Espro Coffee Travel Press dengan ragam pilihan warna menarik.

Saya yakin semua akan kembali seperti biasanya, traveling tanpa khawatir, minum kopi tanpa bimbang, rencanakan saja dulu nanti ketika tiba saatnya, bisa langsung dieksekusi

Nah kalau kamu, bagaimana cara menyiasati perlengkapan seduhan kopi manual yang kamu bawa bepergian? Peralatan apa saja yang selalu ada menemani hasrat minum kopi kamu selama perjalanan? Yuk berbagi di sini!

sumber: manualcoffeebrewing.com goingawesomeplaces.com



No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.