MERAWAT SARINGAN KOPI KAIN AGAR TAHAN LAMA

Saringan kopi kain atau dikenal dengan cloth filter memang sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum Gelombang Kopi Ketiga tiba.

ALAT seduh manual yang satu ini sudah terlebih dahulu dipakai secara turun temurun di Jepang dengan cara slow drip dan di beberapa daerah di Indonesia seperti Nanggroe Aceh Darussalam dengan kopi tarek-nya.

Di era sekarang ini, cloth filter merupakan alternatif saringan kopi yang cukup ekonomis dan lebih eco-friendly karena bisa dipakai berkali-kali. Hasil seduhannya pun berada di tengah-tengah antara paper filter yang clean dan smooth dan metal filter yang lebih body dan oily. Saringan kain dinilai mampu memberi rasa nikmat yang jernih namun tetap aromatik dan tebal. Itu kenapa banyak penyeduh era sekarang yang gemar menggunakannya.

Namun hal yang paling menjengkelkan dari cloth filter ini adalah perawatannya. Karena cloth filter jika tidak dibersihkan dengan benar akan meninggalkan resido pada pori-pori saringan yang kelak akan mengganggu rasa kopi hasil seduhan berikutnya. Selain itu, tentu kita tak suka melihat noda hitam tertinggal di sana juga, bukan? Lalu bagaimana cara merawatnya?

  • James Hoffman, seorang ahli kopi terkemuka mengatakan bahwa cloth filter harus dicuci bersih sesaat setelah dipakai. Jangan sampai dia dibiarkan mengendap lama karena takkan bisa hilang.
  • Dia menambahkan lagi alangkah baiknya jika cloth filter yang sudah dicuci direndam pada air saja agar kualitas kainnya terjaga.
  • Pun bisa juga dalam keadaan basah dimasukkan dalam plastik dan disimpan di freezer sampai kamu memerlukannya kembali. Ini baik untuk menjaga kualitas cloth filter itu sendiri.
  • Selain tips dari James Hoffman, saya sendiri menggunakan baking soda dalam membersihkan cloth filter. Setelah dicuci bersih, saya rendam cloth filter pada air hangat yang sudah dicampur baking soda sekitar 1-2 jam lalu keringkan.

Tips di atas bisa kamu tiru jika kamu memang menggunakan cloth filter secara rutin dan mulai jengkel karena warnanya berubah. Kalau kalian punya tips lainnya boleh ditambahkan di kolom komentar ya!

Sumber dari YouTube James Hoffen dan situs lainnya

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.