MERENCANAKAN BELI SINGLE ORIGIN UNTUK MENU KOPI, SIMAK TIPSNYA

Dalam bisnis kedai kopi, persediaan biji kopi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

BAHKAN persediaan single origin di sebuah kedai kopi bukan asal pilih, tapi butuh beragam pertimbangan dari mulai kuantitas permintaan pelanggan akan single origin tersebut, atau untuk kebutuhan sajian menu kopi tertentu di kedai kopi itu. Single origin memiliki banyak perbedaan, dari mulai karakter rasa hingga tampilan biji kopinya, hal ini dipengaruhi oleh banyak hal tentunya. Hal ini menjadi pertimbangan banyak head barista sebelum melakukan purchasing single origin untuk melengkapi persediaan di kedai kopi.

Sebelum melakukan purchasing apakah itu seorang coffee roaster yang mencari green bean, atau seorang head barista yang request single origin pada coffee roaster tidak luput dari perencanaan berdasarkan angka dan perkiraan yang jelas. Merencanakan purchasing single origin tergantung dari keperluan dan kebutuhan, ada yang merencanakan lebih mendetail, ada juga yang merencanakan dengan konsep sederhana. Perencanaan ini akan memudahkan pekerjaan coffee roaster dan bahkan menghemat biaya yang tidak perlu, waktu dan hal lainnya. Setidaknya dalam merencanakan purchasing single origin, harus menjawab beberapa pertanyaan untuk mengambil keputusan.

credit: unsplash.com

Kegunaan
Apakah biji kopi yang dibeli untuk kebutuhan sajian blend, single origin atau keduanya? Apakah biji kopi yang akan dibeli untuk kebutuhan espresso, sajian coffee filter atau keduanya? Untuk semakin memudahkan, jawablah dengan alasan mengapa biji kopi untuk sajian blend saja atau mengapa biji kopi untuk keperluan sajian espresso dan coffee filter. Alasan itu akan menguatkan mengambil keputusan purchasing single origin yang tepat untuk persediaan kedai kopi.

Kualitas
Apakah kebutuhan biji kopi menggunakan biji kopi certified, microlots, specialty, commercial, dan lainnya? Hal ini mengacu pada konsep kedai kopi yang digunakan, dan harus terjawab dengan alasan, misalnya mengapa kedai kopi membeli biji kopi sertifikasi organik, mengapa menggunakan kopi komersil. Tentu alasan ini diselaraskan dengan visi kedai kopi yang diusung, mengedepankan idealisme atau mengejar keuntungan, mungkin keduanya.

Lokasi
Apakah kebutuhan biji kopi berdasarkan wilayah atau negara produksi secara spesifik? Jika pun harus menggunakan biji kopi dari negara produksi kopi secara spesifik coba jelaskan alasannya. Maka, hal ini akan sangat membantu proses pengambilan keputusan untuk menggunakan single origin yang mana.

Anggaran
Berapa banyak biaya yang dianggarkan, juga masuk dalam perencanaan, hal ini terkait dengan keuntungan dari penggunaan single origin untuk sajian menu kopi. Dalam satu sajian kopi, berapa estimasi penggunaan biji kopi nantinya, apakah masuk dalam margin laba atau malahan melebihi.

Karakter Rasa
Seperti apa karakter rasa yang akan dicari untuk memenuhi kebutuhan sajian kopi. Apakah harus menggunakan fruity notes, atau yang lebih mengedepankan karakter bitter untuk menegaskan sajian kopi tertentu.

Jalur Purchasing
Keputusan akhir dari sebuah perencanaan single origin ini adalah langkah pembeliannya, apakah percaya dengan satu brand khusus penyedia single origin atau menjalin kerja sama dengan seorang pemasok, atau saling konsultasi dengan coffee roaster lokal.

Bukan hanya itu saja, untuk melakukan pembelian single origin harus juga mempertimbangkan apakah single origin tersebut pada persediaan selanjutnya mudah untuk diperoleh, jika terlalu sulit karena faktor persediaan green bean yang bermasalah apakah akan ada pengganti single origin untuk memenuhi kebutuhan yang sama dari single origin sebelumnya. Semisal, perencanaan sederhana tanpa menguraikan alasan, sebagai panduan untuk memudahkan kita melakukan purchasing.

Kegunaan : Espresso, Coffee Filter
Rentang harga : mid-range
Karakter : acidity, body, flavor notes
Sertifikasi : Rainforest Alliance
Volume : 30kg

Untuk merencanakan pembelian single origin, pasti kita yang paling mengerti apa saja kebutuhan dari kedai kopi yang kita jalankan. Semoga informasi ini memudahkan dalam perencanaan purchasing single origin.

src: dailycoffeenews.com img: pexels.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.