MESIN ESPRESSO SEPERTI APA YANG COCOK DENGAN KONSEP COFFEESHOP KITA

Sebelum memulai bisnis coffeeshop tentunya banyak yang harus dipertimbangkan dari mulai konsep interior yang khas hingga memilih mesin espresso seperti apa yang mendukung daya tarik dari coffeeshop.

PUNYA mimpi membuka bisnis coffeeshop pribadi, tentunya menjadi impian tiap penikmat kopi. Sepertinya sangat seru menjalani dinamika yang ada di coffeeshop, dari mulai memesan biji kopi untuk keperluan pelanggan atau menciptakan menu kopi baru. Tapi sebelum itu tentu kita perlu membuat daftar rencana yang harus dilakukan untuk memulainya, agar bisnis coffeeshop yang kita jalankan berkembang.

Banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis coffeeshop idaman. Menentukan konsep bisnis coffeeshop, memilih lokasi yang tepat untuk mendukung konsep yang dijalankan, peralatan kopi dan mesin espresso seperti apa yang sesuai dengan konsep bisnis yang kita rencanakan, tentunya banyak lagi seputar operasional kerja, pemasaran bisnis, dan lainnya. Tapi yang paling utama, konsep coffeeshop seperti apa yang ingin diterapkan pada coffeeshop nantinya.

KONSEP COFFEESHOP

Melihat gairah industri kopi sekarang ini, adalah sebuah peluang para pebisnis untuk ikut serta di dalamnya. Maka tidak heran banyak sekali coffeeshop baru, yang tampil secara lokal mau pun bergaya classy di kota-kota besar. Banyaknya coffeeshop adalah ragam pilihan buat para penikmat kopi ingin menghabiskan waktu di sana. Sebabnya, banyak coffeeshop yang berusaha menampilkan identitas kedai kopi mereka dengan konsep yang menarik. Maka perlu, kita yang ingin memulai bisnis coffeeshop memikirkan, coffeeshop seperti apa yang akan kita bangun, seperti apa wajahnya bertahun-tahun kemudian. Dari banyaknya konsep coffeeshop yang ada, secara umum mungkin bisa dikategorikan seperti ini.

credit: hawelka

Coffeehouse
Kedai kopi yang biasanya beroperasi dengan konsep rumah, menggunakan barang-barang rumah sebagai interiornya, tanpa menghilangkan sedikit pun suasana ruang rumah karena untuk mendapatkan kesan minum kopi layaknya di rumah sendiri.

Cafe
Konsep coffeeshop ini beroperasi tidak hanya mengandalkan sajian kopi, tapi juga fokus terhadap sajian makanan yang ditawarkan. Dan tentunya perlu managemen yang ekstra mengingat konsep cafe menawarkan banyak hal untuk pelanggan mereka yang hadir.

Take Away
Di daerah perkotaan yang sangat dituntut serba cepat, konsep take away sangat sesuai. Mereka yang datang untuk membeli kopi dan setelah mendapatkannya kemudian pergi, tidak terlalu memerlukan ruang terlalu luas. Ada yang menggunakan ruang kecil di sudut kota, ada juga yang menggunakan gerobak atau mobil.

Hangout Space
Mengedepankan ruang yang lega untuk para pelanggan menikmati kopi mereka, dan umumnya pelanggan yang datang ke coffeeshop ini mencari tempat untuk mengobrol berlama-lama atau menghabiskan waktu seharian penuh.

credit: fromcoffeewithlove.com

MEMILIH MESIN ESPRESSO

Secara sederhana, orang-orang akan memilih mesin espresso dengan mempertimbangkan 3 hal, digunakan untuk apa, seberapa sering dipakai, dan menyesuaikan budget mereka untuk membeli mesin espresso. Tentunya, memilih mesin espresso yang digunakan untuk bisnis berbeda dengan memilih mesin espresso yang hanya digunakan di rumah. Setidaknya belilah mesin espresso yang layak, yang mampu melayani kebutuhan espresso calon pelanggan nantinya.

High-End Espresso Machine
Mesin espresso pada golongan ini tidak diragukan lagi, mesin espresso yang didukung dengan teknologi berkualitas dan mampu menyajikan espresso yang nikmat secara cepat. Hadir dengan banyak pilihan, ada yang 1 group, 2 group, 3 group bahkan 4 group head, tidak heran mereka yang ingin memulai bisnis coffeeshop dengan konsep classy akan mengambil mesin espresso pada kategori ini. Namun, tidak sama halnya untuk mereka yang ingin memulai bisnis kedai kopi take away, karena mesin espresso high-end membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Kualitas mesin yang luar biasa, dan juga desain yang memukau tidak salah banyak orang yang terkesima untuk segera memiliki mesin espresso pada kategori ini, seperti Kees Vander Westen buatan Belanda.

Middle-End Espresso Machine
Jika ingin mesin espresso untuk konsep coffeeshop yang bersahaja, tidak ada salahnya menggunakan mesin espresso pada golongan ini. Bukan berarti mesin espresso ini tidak bisa menghasilkan sajian espresso yang nikmat, hanya saja tidak setangguh mesin espresso high-end. Perlu perawatan mesin espresso yang teratur jika menggunakan mesin espresso ini, agar kualitas sajian espresso terjaga karena beberapa mesin espresso pada golongan ini tidak seragam kualitasnya.

Banyak pilihan mesin espresso yang sesuai untuk konsep coffeeshop kita, hanya membutuhkan mesin espresso 1 group head atau butuh hanya 2 group head maka tidak salah memilih mesin espresso pada kategori ini, seperti Orchestrale. Untuk mesin Orchestrale ada 2 tipe yang 2 group head, radiophonica dan ernica.

credit: kim olive

Memilih mesin espresso harus melihat bahan dan kapasitas boiler sebelum menentukannya untuk dibeli. Apakah group head didukung group E61 standar internasional atau tidak, walau pun produksi mesin espresso terbaru tentu sudah menggunakan E61 kebanyakan, tapi tidak salah lebih teliti. Group head E61 lebih bagus untuk sistem pemanas yang lebih stabil, pasangan portafilternya juga gampang dicari. Selanjutnya, coba lihat penutup mesinnya, buka dan lihat apakah ukuran pump besar, karena ukuran pump besar lebih stabil dan lebih kuat untuk menyuplai air serta tekanan yang dihasilkan lebih baik. Hindari membeli mesin espresso yang memiliki badan mesin terbuat dari plastik karena mudah pecah. Sebabnya kami merekomendasikan Orchestrale karena terbuat dari full stainless dan bahannya tebal.

Sebelum menentukan mesin espresso seperti apa yang sesuai dengan konsep coffeeshop kita, ada baiknya buat daftar pertanyaan espresso seperti apa yang mampu mendukung konsep coffeeshop yang akan kita jalankan, dimulai dari seberapa sering nantinya mesin espresso digunakan, hingga bagaimana desain dan perawatan mesin espresso. Tanyakan pada teknisi penjual mesin espresso, fitur apa saja yang tersedia pada mesin espresso yang akan kita beli.

src: talkaboutcoffee.com img: shopify

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.