MINIPRESSO GR: SI MINI UNTUK PENGGILA KOPI

Tingginya kebutuhan kafein, membuat manusia menciptakan berbagai alat untuk memudahkan ritual minum kopi. Berdasarkan inilah Minipresso mungkin diciptakan.

Bagi para penggila kopi, biji hitam yang memikat ini sudah merupakan kebutuhan mutlak sehari-hari. Kemanapun mereka pergi rasanya dunia masih terasa tak lengkap tanpa kehadiran kopi. Dan seringkali yang menjadi penghalangnya adalah repotnya membawa coffee gears, terutama jika harus bertualang ke tempat-tempat sulit, atau bepergian jauh dalam waktu yang cukup lama. Minipresso ini adalah jawaban yang membantu Anda mengatasi masalah itu.

Minipresso GR adalah alat pembuat espresso portable. Dengan panjang 175 mm dan berat yang hanya 360 gram, Minipresso akan menjadi traveling equipment paling bersahabat yang Anda bawa. Berpergian, baik hanya selama beberapa jam atau bahkan semalaman kini tidak menjadi masalah lagi karena Minipresso GR ini juga didesain dengan begitu compact, ringan sekaligus serbaguna.

Minipresso GR juga diciptakan dengan tujuan untuk meringankan “pekerjaan” membuat espresso dan membuatnya ringkas. Selain bentuk dan fungsinya yang manis dengan desain modern dan ramping, Minipresso GR juga memiliki inti (core) yang jenius: piston semi otomatis. Dengan piston semi otomatis ini, air (dalam kuantitas lebih irit) bisa disuntikkan ke dalam adapter kopi. Dan setelah beberapa kali pompa, kamu sudah bisa menikmati espresso dengan rasa yang kaya dan tebal, hasil ekstraksi optimal, dengan segera. Tekanan rata-rata (average pressure) Minipresso GR adalah 8 bars.

Fitur lain yang membuat Minipresso GR ini semakin nyaman dan aman adalah: ia tidak membutuhkan udara yang terkompresi, kartrid N2O ataupun listrik untuk mengoperasikannya. Cukup dengan bantuan tangan, kamu sudah bisa menyiapkan minuman kopi yang disukai sebebas yang kamu mau. Tanki air dengan kapasitas berbeda (tanki air standarnya berkapasitas 70 ml) membuat Anda bisa menikmati berbagai tipe espresso, mulai dari ristretto sampai caffé lungo. Tutupnya juga bisa digunakan sebagai cangkir espresso. All in one, bukan?

Jadi, Minipresso GR dengan desain minimalis tapi berfitur maksimal ini adalah traveling equipment yang tak boleh dilewatkan jika Anda bepergian dan ingin menikmati espresso nikmat setiap saat.

Untuk kamu yang baru memiliki Minipresso atau akan segera memiliki Minipresso dan ingin tahu bagaimana cara menggunakan alat ini, berikut cara menggunakannya.

Minipresso terdiri dari cangkir espresso, lubang air, outlet head, filter basket, main body, piston dan tanki air.

1. Lepaskan cangkir espresso dari bagian utama Minipresso.

2. Ambil filter basket yang ada di dalamnya.

3. Pisahan tangki air dari bagian utamanya.

4. Ambil sendok plastik yang ada di sana lalu isi dengan bubuk kopi.

5. Bubuk kopi yang digunakan harus fine atau sama dengan bubuk kopi yang digunakan untuk espresso.

6. Setelah sendok penuh dengan bubuk kopi, letakkan filter basket di atasnya lalu balik posisinya sehingga kopi berpindah ke filter basket.

7. Saat bubuk kopi berada di filter basket, bersihkan sisa kopi yang berada di sekitarnya. Tapi kopi yang telah berada di dalam filter basket jangan ditekan atau di-tamping karena Minipresso memiliki sistem tamping-nya sendiri.

8. Masukkan filter basket yang telah berisi kopi ke dalam tubuh utama Minipresso.

9. Lalu tutup dengan penutupnya. Jangan lupa kunci dan eratkan.

10. Masukkan air panas ke dalam tangki air sampai batas garis. Jangan diisi penuh.

11. Lalu gabungkan tangki air dengan bagian utama Minipresso. Kunci dan eratkan.

12. Ambil cangkir. Pegang Minipresso dalam posisi terbalik.

13. Buka kunci pada Cara membukanya dengan putar ke arah kiri.

14. Tekan tombol piston berkali-kali. Pada pompa pertama mungkin espresso belum keluar. Terus pompa sampai espresso keluar seluruhnya.

15. Terus pompa sampai espresso.

16. Selamat mencoba dan nikmati ngopi di mana saja.

minipresso 

356 total views, 12 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Saya pengguna minipresso namun agak bertanya tanya tentang suhu hasil espressonya kok menjadi hangat ya setelah keluar dr alat? Apa memang seperti itu? Saya membayangkan keluarnya akan panas juga seperti suhu air yg digunakan.
    Kemudian yg kedua apakah pengguna lain mengalami hal yg sama bahwa air yg digunakan tidak habus terkomversi jafi espresso semua? Soalnya setelah selesai pompa pas buka alat masih ada air yg lumayan tersisa.

  2. Saya barusan beli dan saya coba, memang ada sisa air namun jumlah sedikit, untuk suhu air pada saat digunakan saya pake 90 C , keluarnya memang hangat juga, (belum ukur suhunya) tapi saya rasa sudah cukup….

Leave a Reply

Your email address will not be published.