MINUM KOPI DENGAN COKELAT KATANYA LEBIH SEHAT. BENARKAH?

Minum kopi dengan cokelat mungkin bukanlah hal yang baru di industri kopi. Tapi mungkin kita baru tahu bahwa menambahkan plain chocolate pada secangkir kopimu mampu memberikan ‘khasiat’ yang bermanfaat bagi tubuh.

MOCHA coffee adalah menu yang hampir ada di setiap kedai kopi. Pun dinikmati siapa saja karena rasanya terkenal begitu nikmat. Tapi tak banyak yang tahu bahwa kopi dan cokelat yang melebur dan dikenal sebagai mocha coffee ini mampu memberi ‘sesuatu’ yang baik bagi yang mengonsumsinya.

Baru-baru ini dilakukan sebuah studi terhadap ‘kekuatan’ yang muncul dari kopi dan kakao. Ali Boolani dari Clarkson University dan beberapa rekan dokter dari University of Georgia melakukan penelitian untuk mengungkap apakah kakao dan kopi yang dikonsumsi secara bersamaan mampu mengurangi kecemasan dan memberi energi bagi peminumnya.

Some-like-coffee-chai

Ali Boolani melakukan percobaan kepada beberapa pekerja. Mereka diminta untuk mengonsumsi kopi yang dicampur cokelat yang dikenal dengan percobaan “mental energy”. Beberapa partisipan diminta untuk meminum cokelat panas. Dan diteliti reaksi setelahnya. Kemudian beberapa partisipan lain diminta meminum kopi yang dicampur cokelat dan kemudian dicatat reaksi yang dialami. Hal ini disebut dengan “mental energy test”.

Setelah dilakukan penelitian ini, ternyata partisipan yang mengonsumsi kopi dicampur cokelat terbukti lebih tinggi tingkat konsentrasinya. Juga, terbukti bekerja dengan akuransi yang lebih tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan. Kafein pada kopi memberikan energi, sedangkan kandungan alami dalam kakao mampu mengurangi beragam kecemasan. Jadi meminum jenis minuman kopi yang dicampur cokelat akan baik sekali dinikmati saat pagi atau siang hari ketika sedang sangat sibuk. Selain itu rasanya juga nikmat.

Penelitian yang dilakukan oleh Ali Boolani ini ternyata didukung oleh perusahaan cokelat terkemuka Hersheys yang juga digadang-gadang akan meluncurkan produk minuman cokelat dan kopi. Nah, untuk kamu yang mungkin selama ini suka minum mocha coffee atau mocha latte dan lain-lain sekarang sudah bisa semakin berbahagia karena ternyata minuman favoritmu ada manfaatnya untuk kesehatan. Ah, jadi pengin minum mocha latte hangat nih!

Artikel disunting dari globalnews.ca

Foto utama dari fitnessbin.com

 

cari-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Wow… really
    Saya juga suka minum mocha coffee, tapi pas buat sendiri selalu ada yg kurang pas, btw mimin punya resepnya gak ya?
    Kali aja mau dishare….hhh

  2. Aku malah baru tau klo kopiyg dicampur sama kakao itu mocha coffe. Lol. Dulu pas masih di Indo, nggak suka banget sama kopi. Karena pahit. Meskipun pakek gula, tetep aja ada pahitnya. Pokoknya gak nemuin deh enak dan sensasi ya minun kopi tuh apa. Sampek aku nyampek Jerman, tinggal sama orang Jerman, yg setiap harinya selalu harus ada kopi, jadi penasaran deh nyoba. Ternyata justru jauh lebih pahit, karena kopi disini diminumnya gak pakrk gula, tapi susu les sugar. Karena setiap hari kecium bau kopi, akhirnya mulai tau sensasi dari kopi itu. Tapi aku masih nggak suka sama rasanya. Usut coba dicoba, karena aku suka coklat, akhirnya nemu racikan sendiri, kopi dicampur sama kakao. Boom… Meledak, rasanya nikmat banget. Perpaduan aroma dan rasa dari kopi dan kakao. Hemm… Nikmatt…
    Trs penasaran, apakah udah ada ya, racikan kopi kakao yg kayak aku buat, browsing”, eh ternyata emanh udah ada, dan itu “mocha coffe” ternyata. Ini maaah emang rasa kesukaanku dulu klo nenekku bikin es lilin. Makanya waktu ngrasakin pertama kali, nikmat, unik tapi familiar di lidah. Ternyata emang rasa itu sudah terekam bagus di syaraf lidahku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.