MINUM KOPI DENGAN KEJU. NIKMATKAH?

Jika banyak orang menganggap tren bulletproof coffee atau kopi dengan mentega adalah sesuatu yang aneh? Tunggu sampai mereka mendengar ‘menikmati secangkir kopi dengan keju’.

JIKA tren menikmati kopi dengan keju kini kembali booming di pasaran, maka kita harus sedikit menilik ke belakang. Minum secangkir kopi dengan memasukkan potongan keju ke dalam kopi tersebut telah ada bertahun-tahun silam. Cara minum kopi ini telah dianut sebagai tradisi masyarakat Swiss, Brasil dan Finlandia. Minum kopi dengan keju bukanlah sebuah barang baru meski kini trennya kembali menguak. Lalu apakah kopi dan keju ini mampu menandingi rasa nikmat kopi hitam atau kopi dengan gula yang sedari dulu telah ada? Jawabannya pastilah tergantung selera.

Credit : scaa.org
Credit : scaa.org

Sekilas mungkin kita tak mampu membayangkan bagaimana rasa kopi yang dicampur dengan keju nan asin. Tapi menurut Fabio Ferreira, founder dari Notes Coffee Roasters rasanya sungguh tak bisa disepelekan begitu saja. Berdasarkan hasil wawancaranya kepada homemadebyyou.co.uk, Fabio mengatakan bahwa kopi dan keju justru adalah pasangan serasi yang menimbulkan sensasi nikmat yang unik. “Kopi pada dasarnya adalah buah-buahan. Kopi adalah buah yang bijinya disangrai agar mengeluarkan aneka flavor. Sedangkan keju, keju adalah makanan yang biasanya sering dipadankan dengan buah. Contohnya saja pada fruity cake. Lalu kenapa tidak cocok dinikmati dengan kopi?,” katanya dengan panjang lebar.

Credit : cheeserank.com
Credit : cheeserank.com

Untuk kalian yang ingin mencoba menikmati minum kopi dengan keju, sebaiknya menikmatinya pada saat sarapan. Karena efek keju akan dan kafein katanya memberikan energi yang dibutuhkan untuk mengawali hari. Fabio Ferreira menambahkan tidak semua kopi cocok dipadankan dengan sembarang keju. Ada tips menarik agar kopi dan keju bisa dinikmati dengan kenikmatan total. Misalnya kamu memiliki single origin dengan cupping notes yang cenderung fruity. Maka keju yang cocok dicampurkan pada kopi tersebut adalah creamy and young cheeseBright flavor pada kopi akan memberikan kesegaran pada rasa kejunya. Sedangkan jika kamu ingin menyeduh single origin dengan cupping notes chocolaty, earthy dan cocoa, maka keju yang pas digunakan adalah yang berkarakter milky. Jadi seperti hampir menyerupai rasa cokelat panas yang nikmat.

Nah, sudah tahu ‘kan kalau sekarang kopi bisa dinikmati dengan potongan keju dan itu bukanlah sesuatu yang aneh dan tak mampu dinikmati. Mana tahu jika bosan dengan jenis minuman kopi yang itu-itu saja bisa sedikit bereksperimen dengan minum kopi pakai keju seperti orang-orang di Swizerland, Finland dan Brasil sana. Selamat mencoba ya.

Foto utama dari cupofjo.com

cari-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.