MINUM KOPI MENURUNKAN RESIKO SERANGAN JANTUNG

Beruntunglah kita yang memang sudah lama jatuh cinta kepada kopi. Karena minuman hebat ini berkhasiat baik untuk kesehatan dan salah satunya adalah menurunkan resiko penyakit jantung.

SAYA ingat sekali sewaktu remaja ada mitos yang berhembus bahwa kopi adalah penyebab serangan jantung. Karena orang awam di sekitar saya di masa lalu percaya bahwa kopi menyebabkan jantung berdebar lebih kenjang dan itulah yang memicu serangan jantung menyerang para peminum kopi. Padahal secara ilmiah dan riset hal tersebut sama sekali tidak benar. Kebenarannya adalah memang kopi memberikan efek jantung berdebar bagi beberapa orang namun hal itu tidak ada hubungannya dengan penyakit serangan jantung.

Kebenarannya adalah justru mengonsumsi kopi hitam 2 hingga 3 cangkir perhari menurunkan resiko serangan jantung yang kerap menyerang milenial. Seperti penelitian yang disadur dari New York Post dalam jurnal berjudul Journal of American Heart. Para peneliti melakukan penelitian terhadap kebiasaan minum para pesertanya.

Seperti diketahui bahwa penyakit jantung ditandai dari menumpuknya kalsium di arteri koroner yang menjadi pemasok darah ke jantung manusia. Penumpukan ini mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung. Inilah yang memicu penyakit jantung.

Peminum kopi aktif ternyata mengalami sesuatu yang menguntungkan perkara jantung ini. Kafein dan zat lain pada kopi dapat menghentikan pembentukan kalsium di arteri koroner yang menyebabkan penyumbatan. Jadi jika kamu ingin jantungmu senantiasa sehat mulai sekarang konsumsi kopi sehat dan benar. Namun ingat, kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Apapun yang ingin kamu konsumsi sebaiknya ‘dengarkan’ dulu diri sendiri.

Selamat minum kopi dan hidup sehat!

Sumber dari independent.co.uk

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.