MINUMAN KESEHATAN BARU : KOPI BERAS MERAH!

Beras merah umumnya dinikmati mereka yang ingin mengganti beras putih agar lebih hebat. Siapa yang sangka bahwa beras merah juga bisa diseduh layaknya kopi.

TREN kesehatan di Jepang baru-baru ini mengatakan bahwa ada minuman sehat yang disebut dengan rice brown coffee atau kopi beras merah. Hal ini berawal dari seseorang bernama Kakeru Ueno yang bekerja di sebuah desa kecil bernama Nobushina di Pegunungan Nagano, Jepang. Di sana dia melihat banyak orang tua yang masih sehat dan ternyata rahasianya adalah mereka gemar menyeduh beras merah layaknya kopi.

Kopi beras merah ini dipanggang menggunakan sisa panas arang. Arang memberi rasa yang unik kepada beras merah dan ternyata nikmat saat diseduh. Beras merah yang dipanggang ini ternyata memberi banyak khasiat bagi kesehatan antara lain mengandung mineral dan vitamin yang kaya.

Kopi beras merah ini juga banyak mengandung mangan, mineral penting yang menjaga fungsi saraf yang sehat, menstabilkan kadar gula darah dan membantu tubuh dalam mensintesis kolesterol dan asam lemak esensial. Manfaat kesehatan dari teh beras merah termasuk vitamin B, serat dan zat besi.

Tak hanya cukup sampai di situ, sebuah studi yang dilakukan di Tiongkok menunjukkan bahwa pria dan wanita yang mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi beras merah seminggu sekali selama enam bulan menurunkan risiko kanker usus besar, pankreas dan dubur lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi beras merah.

Juga kopi beras merah mengandung antioksidan yang dikenal sebagai polifenol, menurut penelitian yang dilakukan oleh Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio. Polifenol dalam teh hijau dapat memberi sinyal sel kanker untuk melarang reproduksi dengan merangsang proses alami kematian sel terprogram yang dikenal sebagai apoptosis.

Dengan kata lain, kopi beras merah ini layak dicoba untuk mereka yang mencandu minuman sehat yang rasanya mirip kopi namun unik. Keunggulan lain adalah minuman ini tidak mengandung kafein sehingga aman diminum siapa saja baik orang tua, anak-anak maupun wanita yang sedang hamil.

Artikel disunting dari quora.com, silky-beauty.blog dan beberapa sumber

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.