MUDIK LANCAR DENGAN KOPI

Musim mudik sudah tiba. Saatnya bersiap-siap menaklukkan perjalanan panjang untuk bertemu keluarga.

UNTUK yang mudik menggunakan jalur penerbangan, tampaknya takkan mengalami kesulitan berarti karena pulang ke kampung halaman bisa ditempuh dengan waktu singkat. Namun, untuk mereka yang melakukan ritual mudik dengan jalur darat baik itu dengan bus, kereta api atau mengendarai mobil sendiri, ada tantangan yang akan dilewati. Dan itu tak lain dan tak bukan karena waktu berkendara yang panjang.

Untuk saya sendiri, yang pernah mengalami mudik panjang melalui jalur darat selama 12 jam, saya memerlukan kopi agar tetap siaga. Untuk kamu yang juga menempuh perjalanan mudik yang panjang, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kopi lakukan untukmu!

Pilih Waktu Ngopi yang Pas

Jika perjalanan mudik dilakukan di pagi hari dan kamu berpuasa, maka disarankan minum kopi sedikit saat sahur agar membuat kamu lebih terjaga di saat menyetir panjang. Pengalaman kerabat kami biasanya sehabis subuh kantuk bisa datang, oleh karena itu mereka menikmati kopi di saat sahur agar lebih fokus menyetir.

Jika perjalanan mudik dilakukan atau dilanjutkan malam hari, maka disarankan menikmati kopi setelah berbuka atau ibadah tarawih. Perjalanan malam cukup rentan, oleh karena itu kesadaran penuh dibutuhkan apalagi untuk kamu yang menyetir sendiri.

Dengarkan Tubuhmu

Tidak semua kopi bisa diterima tubuh dengan baik apalagi di saat berpuasa kondisi tubuh dan metabolisme terasa berubah. Misalnya saya yang tidak bisa menerima kafein terlalu banyak yang hadir dari kopi robusta. Jika ini saya konsumsi akan memberikan efek berdebar berlebihan dan cemas. Hal ini tentu tidak akan baik untuk kamu yang akan menjalani mudik yang panjang. Minumlah kopi yang memang bisa diterima secara baik bagi tubuhmu dan tak memberi efek samping buruk.

Jangan Konsumsi Kopi Instan

Karena tubuh kita pasti sangat lelah, disarankan tidak mengonsumsi kopi instan yang memang mengandung zat-zat yang kurang baik untuk kesehatan. Pun selain itu jangan pernah meminum kopi dan mengonsumsi minuman berenergi secara berdekatan karena tidak baik untuk tubuhmu. Minuman berenergi mengandung kafein yang besar sehingga jika dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan dengan kopi akan berefek tak baik.

Selain itu, kamu harus mengonsumsi air putih dan banyak serta beristirahat dengan cukup ya. Selamat mudik!

 

Foto utama dari huffingtonpost.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.