MUNGKIN INI 5 NEGARA IMPIAN SI PECINTA KOPI UNTUK DIKUNJUNGI

Dapur rumah ala meja bar, sudah biasa untuk mereka seorang pecinta kopi, bahkan tidak ragu untuk melakukan banyak hal demi memuaskan hasrat mereka akan kopi, jalan-jalan ke kebun kopi atau keliling ke kedai-kedai kopi unik yang menyimpan kisah menarik tentang kopi adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.

BAGI pecinta kopi, semua hal yang berkaitan dengan kopi sudah menjadi trend, semacam panggilan hati atau rasa candu bila tak terpenuhi bisa jadi penasaran. Apakah itu alat kopi baru, atau biji kopi yang sedang hits, semua hal tersebut tentu pecinta kopi lebih dulu mengetahuinya. Bahkan daerah-daerah autentik yang menyimpan kisah tentang kopi juga harus diketahuinya. Buat kamu yang mencintai kopi sepenuh hati, dan mungkin mencari destinasi luar negeri yang menyimpan khazanah perkopian, bisa jadi ini salah satu impian kamu.

VIENNA – Austria
Bisa dibilang, tiap kota punya kedai kopi terunik mereka, salah satunya adalah ibukota Austria. Kedai kopi yang tumbuh di kota ini sama tuanya dengan monumen sejarah yang ada di sini. Vienna masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2011, semakin menambah rasa penasaran untuk berkunjung ke negara ini, sekaligus berkeliling menemukan kedai kopi yang menarik. Kedai kopi tertua di kota ini didirikan pada abad ke-19, Café Schwarzenberg. Tentunya banyak sekali kedai kopi yang unik di kota Vienna dari mulai model kafe third wave seperti Fürth Kaffee maupun kafe dengan arsitektural antik seperti Café Central dan Café Prückel. Waktu terbaik untuk liburan ke Austria antara April hingga Mei dan September hingga Oktober.

credit: wikimedia

HO CHI MINH CITY – Vietnam
Di Vietnam kopi masuk pada abad ke-19 diperkenalkan oleh kolonial Perancis, sejak saat itu hingga sekarang kopi semakin berkembang di negara ini. Kopi ala Vietnam terkenal eksostis dari sajiannya yang menambahkan kuning telur atau pun yogurt sebagai bahan tambahan sajian kopi agar lebih beraroma. Salah satu tempat ngopi di sini yang menyajikan kopi Vietnam khas adalah Shin Coffee di Saigon. Ingin menikmati kopi dengan suasana alam yang menyegarkan, di Ho Chi Minh City ada salah satu yang menarik lainnya, Du Mien Garden Coffee sebuah kedai kopi bernuansa alam. Liburan yang paling ideal di Vietnam, rencanakan perjalanan antara januari dan maret.

MILAN – ITALI
Bukan hal baru lagi bahwa Itali adalah negara idaman banyak pecinta kopi untuk dikunjungi. Bahkan dari negara inilah sajian-sajian kopi terlahir dan tersebar luas hingga ke banyak negara lain. Sajian seperti espresso, cappuccino, machiato adalah inspirasi banyak negara mendirikan kedai kopi pada masa perkembangannya. Kedai kopi yang paling terkenal di sini adalah Orsonero, Marchesi, Taglio, Caffé Napoli, dan Moleskine Café. Kota ini juga memiliki kedai kopi yang berkelas seperti Al Bancos, atau kedai kopi mewah seperti Pavé, Bar Luce dan Caffè Baglioni. Waktu terbaik untuk liburan di sini pada bulan Mei atau bulan September dan Oktober jika ingin menghindari desakan wisatawan lain.

credit: RevistaEspresso.com.br

São Paulo – BRAZIL
Sama kita ketahui bahwa Brasil telah menjadi produsen kopi terbesar di dunia selama 150 tahun terakhir ini, tak heran jika negara Amerika Latin ini menjadi salah satu tujuan terbaik para pecinta kopi untuk berlibur. Dan, São Paulo adalah rumahnya banyak kedai kopi dan roaster, karena biji kopi dari negara ini sudah tersebar luas ke banyak negara. Maka layak, São Paulo untuk dikunjungi demi menikmati hasrat ngopi di kedai kopi tradisional di kota ini seperti Sofá Café dan The Little Coffee Shop. Kota ini tidak hanya menyuguhkan kedai kopi yang menarik untuk dikunjungi, jika kopi kamu terlalu ilmiah untuk sekadar diminum, kunjungi Coffee Lab sebuah kedai kopi yang didalamnya juga ada aktifitas akademi kopi dan microbrewery. Belum selesai, jika ingin mencoba pengalaman bertani, Isso é Caffè adalah tempat yang harus dituju. Musim panas dan musim semi adalah waktu terbaik untuk liburan di Brasil.

ISTANBUL – TURKI
Siapa yang tidak mengetahui negara satu ini, Turki terkenal dengan sajian kopinya yang kuat dengan rasa body yang jelas disajikan dengan cangkir-cangkir porselen tradisional (fincan). Tentunya banyak sekali kedai kopi di Istanbul menjadikan kota ini sebagai tujuan impian yang sangat menarik. Pierre Loti Café dan Fazil Bey’s Turkish Coffee House adalah salah satu kedai kopi di Turki yang menawarkan pengalaman kopi yang autentik. Ingin merasakan kenikmatan kopi dengan suasana pemandangan yang nyaman coba cari tahu Galata Konak Café dan The House Café. Rencanakan perjalanan kamu di waktu terbaik ke Istanbul antara bulan September dan Awal November.

SEATTLE, Washington, USA
Faktanya Seattle adalah rumah pertama untuk kedai kopi terkenal Starbucks. Bukan hanya itu saja, Seattle juga memberikan tempat ngopi menarik, kedai kopi indie mewah seperti Elm Coffee Roasters, Mercusuar Roasters, Analog Coffee atau Victrola Coffee Roasters. Beberapa pecinta kopi yang menyukai kedai tradisional dengan sentuhan arsitektural lama layak mencoba Café Allegro dan Seattle Coffee Works’ Express Bar. Ingin berkunjung ke kota ini, lebih baik rencanakan perjalanan pada bulan September dan Oktober.

Banyak sekali negara yang menyimpan cerita tersendiri tentang kedai kopi mereka, namun Indonesia juga tidak kalah seru. Banyak kedai kopi lokal di kota-kota Indonesia yang menawarkan suasana ngopi yang seru dan nikmat. Belum lagi, biji kopi nusantara juga terkenal hingga ke banyak negara tentunya kota-kota di Indonesia juga tak kalah menarik dengan kota di negara lain sebagai destinasi liburan si pecinta kopi.

src: forbes.com img: fivesense.com.au

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.