MUNGKINKAH MEMBUAT KOPI DI RUMAH SEPERTI SAJIAN BARISTA

Siapa pun yang hobi ngopi keliling di banyak kedai kopi pasti punya pertanyaan yang hampir sama, bagaimana caranya barista membuat kopi senikmat ini. Tidak sedikit yang ingin mewujudkannya di dapur rumah mereka, ingin membuat kopi seperti sajian seorang barista di kedai kopi walau pun membuatnya di dapur rumah kita.

PERLU sama kita ketahui, untuk menyajikan secangkir kopi layaknya barista butuh banyak perhitungan, walau pun banyak hal yang harus diperhatikan bukan berarti tidak mungkin kita membuat kopi nikmat. Kita yang tidak terlalu mengerti tentang tanaman kopi juga mampu untuk membuat secangkir kopi yang nikmat. Untuk pertama, yang perlu kita pahami beberapa hal yang menjadi faktor penunjang kopi menjadi nikmat adalah kopi yang segar. Sudah seharusnya jika ingin kopi yang nikmat di dapur rumah kita, harus menyediakan biji kopi yang segar siap seduh. Tidak mungkin membuat secangkir kopi nikmat tanpa persediaan kopi yang segar.

Setelah persediaan kopi sudah ada, pasti akan memerlukan grinder tentunya. Pastikan perlengkapan grinder sesuai kenyamanan kita untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi. Grinder yang mana yang sesuai untuk kita, tergantung kebutuhan ingin membuat kopi seperti apa. Jika ingin membuat kopi bervariasi seperti espresso atau manual brew, harus memiliki grinder yang mampu menggiling dengan ragam grind size untuk kebutuhan ngopi kita. Ukuran gilingan sudah sesuai keinginan, maka selanjutnya harus memperhatikan rasio untuk membuat sajian kopi.

credit: bombora

RASIO RAHASIA KOPI YANG NIKMAT
Mungkin beberapa di antara kita yang sedang mengkoleksi peralatan seduh sebelumnya, membuat sajian kopi berdasarkan intuisi. Apakah itu ditakar dengan sendok makan atau pun berdasarkan perhitungan 3/4 bubuk kopi dari volume cangkir yang digunakan. Atau mungkin punya perhitungan rasio tersendiri tentang membuat sajian kopi di dapur rumah kita. Tapi pada akhirnya, rasa menjadi tidak konsisten, terkadang dapat sensasi kopi yang nikmat, terkadang malah kebanyakan air seduh. Ada baiknya menggunakan scale untuk sajian kopi yang konsisten, paling sederhana menggunakan Digital Spoon Scale untuk keperluan di rumah, atau ingin yang lebih bagus scale Acaia dan Yami yang sering digunakan para barista. Selengkapnya tentang rasio kopi berbanding air di sini.

credit: pinterest

AIR SEDUHAN MEMBANGKITKAN RASA KOPI
Setelah memahami hubungan antara bubuk kopi dan air seduhan, seberapa banyak air seduhan dengan bubuk kopi yang digunakan maka kita hampir mendekati untuk menyajikan kopi yang nikmat di rumah. Untuk beberapa orang, mengandalkan rasio kopi dan air saja tidak cukup untuk membangkitkan potensi optimal karakter rasa dari si kopi. Perlu juga memperhatikan temperatur air seduhan, dan juga teknik menuangkan air seduhan untuk beberapa metode seduhan sangat mempengaruhi perbedaan rasa seperti pada sajian V60. Sebabnya banyak sekali para produsen berlomba-lomba menciptakan kettle yang tidak hanya nyaman tapi mampu mengontrol air ketika dituang. Misalkan saja seperti produk kettle dari Brewista atau pun kettle dari Hario, selain nyaman juga mampu mengatur air seduhan sesuai keinginan kita. Selengkapnya tentang seduhan air untuk membuat kopi yang nikmat di sini.

PERALATAN KOPI TIAP SEDUHAN
Mengkoleksi semua alat kopi tiap seduhan untuk kita pemburu alat kopi rumahan mungkin membutuhkan waktu. Sajian nikmat dari kopi tidak selamanya hanya menggunakan kettle dan dengan rasio yang tepat. Beberapa metode butuh alat khusus, dan tentunya akan berbeda karakter rasa yang dibuat dengan metode tertentu dengan alat kopi lainnya. Semisal, metode seduhan menggunakan Aeropress pasti berbeda menggunakan V60, tergantung kita ingin metode seduhan yang seperti apa. Sajian lain seperti latte, cold brew, dan sajian kopi favorit lainnya butuh alat kopi yang berbeda-beda.

credit: coffee.pccure.us

Pour Over
Di antara kita pasti metode satu ini banyak penikmatnya, karena metode pour over mampu menyajikan kopi yang nikmat sesuai keinginan kita. Bahkan dengan pour over, menyeduh kopi seperti ritual yang begitu hikmat, dari mulai mempersiapkan bubuk kopi hingga menuangkan air seduhan menjadi daya tarik tersendiri. Tidak heran, alat kopi pour over sangat diminati para barista dan juga kolektor alat kopi untuk seduhan kopi di rumah. Alat kopi yang termasuk pour over seperti Chemex, V60, Kalita Wave dan banyak lagi.

Membuat kopi menggunakan metode pour overnya tidaklah terlalu sulit, secara teori bubuk kopi akan dimasukkan pada paper filter yang telah dipasang ke alat kopi. Selanjutnya dituangkan air seduhan melalui kettle, dan air seduhan akan melalui bubuk kopi hingga mengekstraksinya menjadi minuman kopi.

credit: dicountcoffee

French Press
Siapa yang mengira bentuk alat kopi yang sederhana ini mampu menyajikan secangkir kopi yang nikmat dengan body yang jelas. Bubuk kopi pada sajian French Press memiliki waktu yang lama terkena air, sehingga mampu membangkitkan potensi rasa yang pekat dari si kopi. Tidak heran banyak penikmat kopi memburu alat kopi satu ini untuk menikmati kopi dengan susu. Sajian kopi susu akan terasa lebih nikmat, dengan hasil sajian kopi yang pekat. Banyak produsen alat kopi yang diciptakan sesuai kebutuhan kita, dari mulai ukuran yang berbeda untuk volume sajian yang lebih besar atau pegangan yang berbeda sesuai kenyamanan kita, di antaranya French Press dari Hario, Bialetti dan Yami

Tidak perlu tenaga berlebih untuk membuat secangkir kopi menggunakan French Press, hanya membutuhkan air seduhan dengan suhu yang tepat. Bubu kopi yang dimasukkan ke French Press nantinya akan dituangkan air seduhan dan merendam bubuk kopinya. Kemudian ditutup dengan penutup French Press yang dipenutupnya ada plunger untuk memisahkan bubuk kopi dengan air kopi. Dan sajian kopi pun selesai dibuat dan siap untuk dinikmati.

credit: handsomewade.com

AeroPress
Apa sebenarnya yang membuat alat AeroPress sebegitu menariknya, mungkin jawabannya ada pada keseruan ketika kita menekan plunger dan air kopi pun terekstraksi. Selain praktis menggunakannya, AeroPress sangat nyaman dibawa ke mana-mana, tidak heran banyak yang menginginkannya. Namun yang menjadi pro dan kontra dari alat kopi satu ini, ada yang berpendapat bahwa AeroPress mampu menyajikan espresso. Sementara secara logika, teori sajian espresso menembakkan air seduhan ke bubuk kopi secara cepat. Namun demikian, biarkanlah AeroPress menyimpan rahasia-rahasianya dibalik keseruan menggunakannya alat kopi satu ini.

Sebagai tambahan, jika di antara kita menginginkan AeroPress jangan lupa dengan aksesoris tambahannya, yang memungkinkan kita untuk menyeduh kopi lebih seru lagi. Adalah Prismo keluaran Produsen Fellow, dengan Prismo air seduhan pada AeroPress dipusatkan ke satu lubang ketika plungger ditekan dan mengekstraksi bubuk kopi.

credit: flairespresso.com

Espresso
Jika berbicara tentang sajian espresso, mungkin untuk beberapa orang akan berpikir mesin kopi. Sebenarnya untuk menyajikan espresso tidaklah selalu menggunakan mesin kopi. Banyak alat kopi manual tanpa listrik yang mampu menyajikan espresso, bahkan tidak hanya itu beberapa alat kopi espresso bisa dibawa ke mana mana. Alat kopi manual espresso ini menjadi pilihan menarik para traveller, agar selalu bisa memenuhi kebutuhan kopi mereka di mana pun berada. Alat kopi manual yang dapat menyajikan espresso dan mudah di bawa ke mana-mana seperti Moka Pot, Handpresso, dan alat kopi yang tidak kalah menarik yang juga mampu menyajikan espresso layaknya hasil mesin espresso seperti Rokpresso, dan Flair.

Sajian espresso adalah basis untuk membuat latte, cappucino dan sajian lainnya. Maka tak heran, banyak yang menjadikan alat kopi espresso sebagai incaran utama, kemudian membeli alat frothernya untuk menciptakan buih dari susu pada sajian cappucino.

Selamat menyeduh dengan bahagia di rumah, bagaimana dengan koleksi alat kopi kamu, sedang mengincar alat kopi yang mana?

src: eatingwell.com theguardian.com prima-coffee.com homegrounds.co img: porhome.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.