MUSEUM MESIN ESPRESSO DI MILAN

Sedang merencanakan perjalanan ke Milan Italia, sebagai pecinta kopi tentunya destinasi ini tidak kalah menarik.

BINASCO, sebuah wilayah provinsi Milan tepatnya berjarak 15 km sebelah barat daya kota Milan. Di sinilah terletak sebuah bangunan meliuk berwarna merah, MUMAC (Museo della Macchina per Caffe) sebuah nama kependekan dari Museum Mesin Kopi. Menjelajah kompleksitas rasa dari secangkir kopi, berkunjung ke tempat paling bersejarah di mana mesin-mesin kopi dunia berkembang. Museum yang mengajak pengunjungnya kembali ke masa kejayaan tiap kumpulan mesin espresso di sini. Tidak hanya sebuah museum, MUMAC merupakan pusat pelatihan, perpustakaan, dan ruang lokakarya yang menjadikannya tetap unik untuk dikunjungi.

credit: mumac.it

Menjaga budaya yang berkembang di tiap era sebuah mesin espresso, dari masa ke masa agar siapa pun nantinya bisa menikmati bagaimana mesin espresso mengalami perubahan. Merayakan 100 tahun merek Cimbali, MUMAC didirikan pada tahun 2012 menghimpun karya megah mesin espresso LaCimbali dari tahun ke tahun.

Di dalam museum terlihat ratusan mesin espresso yang dipajang, dari mulai mesin espresso yang unik hingga model mesin espresso bergaya retro sesuai pada zamannya. Melihat bagaimana mesin espresso berevolusi hingga menjadi mesin espresso seperti sekarang yang terlihat di kedai-kedai kopi, suasana yang mengingatkan kembali ketika jatuh hati pada sajian kopi. Bahkan tidak hanya mesin produkan Cimbali saja yang dipamerkan, beberapa mesin espresso dari perusahaan ternama dunia ikut meramaikannya, seperti La Marzocco, Kees van der Westen, Vibiemme dan banyak lagi.

credit: Andrej Godina

Tidak ada pengunjung yang tersesat di MUMAC, karena penataan ruangnya yang ramah dan mudah untuk dikenali. Mesin-mesin espresso di pajang pada 6 ruang yang disusun berdasarkan eranya, dari era pertama sajian espresso di mulai hingga era mesin-mesin espresso berteknologi tinggi. Tidak hanya fokus memamerkan sejarah mesin espresso, bangunan ini juga memiliki fasilitas pelatihan. Jadi tidak heran jika banyak profesional dan penggemar kopi yang berkunjung ke sini sekaligus melakukan eksperimen terkait kopi dan mesin kopi.

credit: mumac.it

Sebuah destinasi menakjubkan untuk yang ingin merencanakan perjalanan ke Milan. Dikutip dari laman atlasobscura, masuk museum MUMAC gratis dan dilengkapi dengan panduan audio dengan 10 bahasa yang berbeda. Buka dari selasa hingga jum’at dan untuk pemandu tur ada biaya tambahan serta ada acara terjadwal sepanjang tahun di sini, selengkapnya di laman resmi mumac.it.

Bagaimana menurut kamu jika di Indonesia punya museum seperti MUMAC, pasti menarik ya.

sumber
atlasobscura.com mumac coffee machine museum
img mumac.it Angelo Gozilia

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.