Cafe & Travel News

MUSEUM-MUSEUM KOPI DI DUNIA


Jika ingin melakukan perjalanan ke masa lalu, kunjungilah museum. Di museum kamu mampu menyaksikan sejarah yang di dalamnya terpajang kisah masa lalu.

Seperti halnya manusia, kopi juga mengalami evolusi. Siapa yang tahu kopi telah berkembang dari masa ke masa, melewati berbagai dekade dan peristiwa penting yang pernah terjadi di dunia. Kopi tak hanya sebagai komuditi dan ritual penting dari dulu hingga kini, tetapi juga tak terlepas dari perkembangan yang dibentuk zaman dengan istimewa. Semua kisah dan cerita tentang kopi dengan sempurna di abadikan dalam museum-museum kopi yang tersebar di beberapa negara di dunia.

Coffee Museum, Santos, Brazil

Brazil sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia memiliki salah satu museum kopi terlengkap yang pernah ada. Museum Kopi ini terletak di Santos, Sao Paolo, Brazil. Museum yang disebut juga Museu do Café ini dibagi menjadi dua lantai. Yang pertama adalah wonderful pregão, sebuah ruangan yang dulunya menjadi tempat stok kopi berada sekaligus menjadi tempat para pedagang kopi bernegosiasi tentang harga kopi. Langit-langit ruangan ini terbuat dari kaca spektakuler yang didesain oleh seorang artis lokal bernama Benedito Calixto.

Di lantai dua terdapat beberapa pajangan, seperti lukisan, patung dan foto yang berkaitan dengan sejarah kopi di Brazil. Dinding-dinding ruangan juga dipenuhi ukiran karya seni yang terbuat dari kaca yang masih related dengan sejarah kopi. Jika kamu kebetulan traveling ke Brazil, jangan lupa datang ke museum yang dibuka dari Selasa – Minggu ini.

Website: museudocafe.org.br

Bramah Tea and Coffee Museum

Museum yang berada di Tenggara Kota London ini adalah museum pertama yang mengukuhkan dirinya sebagai museum dengan sejarah teh dan kopi terlengkap di dunia. Museum ini menyimpan 400 tahun dari sejarah termasuk perkembangan kopi di dunia iklan dan sejarah sosial dari kopi dan teh yang merupakan dua komoditi terbesar yang ada di dunia. Museum ini didirikan oleh Edward Bramah pada tahun 1992 setelah 40 tahun dia mencetuskan idenya. Jika kamu ingin melihat perkembangan dunia teh dan kopi yang terjadi di Inggris dan dunia, maka kamu harus datang ke museum yang lokasinya tidak jau dari London Bridge Station dan Borough Market. Setiap pengunjung juga bisa menikmati teh dan kopi ala Inggris dengan pengalaman yang tentunya tak terlupakan.

teaandcoffeemuseum.co.uk

Coffee Museum Alchymista

Museum yang terletak di kota cantik Praha, Cheko ini menyimpan banyak sekali peninggalan masa lalu yang berkaitan dengan perkembangan kopi di negara ini sendiri maupun dunia. Museum yang juga biasa dikenal dengan Muzeum Kavy Praha ini sekilas terlihat seperti galeri seni yang memajang banyak sekali alat-alat kopi dari zaman ke zaman. Alat-alat kopi itu antara lain grinder, roasting and serving. Di sini kamu bisa menemukan apa saja tentang kopi bahkan juga menemukan alat-alat kopi yang nyaris terlupakan.

Website: coffeemuseum.cz

Coffee Museum in Gangneung

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan peminum kopi terbesar. Oleh karena itu, negara ini dengan bangga memiliki museum kopi yang terdapat di Kota Gangneung. Museum cantik yang beberapa dindingnya terdapat mural tentang kopi ini akan membawa kamu menjelah sejarah kopi dari masa ke masa. Selain memajang banyak alat-alat kopi, di museum kopi ini juga terdapat tanaman kopi tempat kamu mengenal lebih dekat ‘biji dari surga’ ini. Untuk pecinta kopi yang kebetulan sedang melipir ke Korea Selatan, Coffee Museum in Gangneung ini tak bisa kamu lewatkan.

Website: http://cupper.kr

 

Foto dari thesavvyexplorer.com, flickr.com, prague.eu, http://kidsinthebus.blogspot.co.id

9,189 total views, 1 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply