NGOPI ENAK DI RUANG TUNGGU BANDARA

Tak pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya bahwa ada kopi enak yang bisa dinikmati dekat ruang tunggu bandara. Di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng, saya menemukannya.

SAYA adalah tipikal manusia yang akan menyempatkan ngopi di mana pun dan bagaimana pun keadaannya. Jika bisa dan memungkinkan ngopi akan saya pilih segera untuk ditunaikan. Dan biasanya saat melakukan perjalanan dengan pesawat, saya selalu ngopi di bandara. Di bandara banyak gerai dan kedai kopi yang rasa dan harganya beragam. Biasanya terletak di luar bandara atau sebelum ruang tunggu. Sampai kemarin saya menemukan coffee stand yang benar-benar beberapa langkah saja dari ruang tunggu.

Tak menyangka bahwa di Terminal Keberangkatan Domestik 1B Soekarno Hatta saya bisa menemukan kopi enak. Dan meski sering mondar-mandir bandara ini, saya tak pernah tahu bahwa ada coffee stand yang menyeduh kopi dari Jakarta Coffee House. Padahal kata baristanya mereka sudah ada sekitar 7 bulanan di sana. Ah, saya yang kurang jeli ternyata.

Coffee stand ini berada di dekat pintu B1 – B3. Tepat di depan pemeriksaan terakhir dan jangan lupa berada di sisi kanan. Coffee stand-nya beruliskan Travy Meal. Ya. mereka menjual makanan ringan juga dan tentunya kopi beraneka jenis sepaket dengan ragam single origin-nya.

Saya cukup takjub juga di tempat begini ada gerai kopi yang cukup serius menyajikan kopi. Maklum biasanya kopi di bandara apalagi yang berada di dekat ruang tunggu kopinya akan yagitudeh, tapi berbeda dengan yang ini. Ada mesin espresso dan manual brew pour over. Pilihan biji kopi juga cukup banyak. Kalau tidak salah ada 7 jenis. Mulai dari Flores, Sigararutang, Lintong, Sidikalang, Ciwidey dan banyak lagi!

Harganya pun ternyata tidak membuat kantong bolong. Bayangkan saja secangkir kopi yang diseduh dengan Hario V60 hanya dibandrol seharga 25.000 rupiah saja. Murah! Saya memesan single origin Sigararutang yang proses pascapanennya natural. Kopinya manis dan segar. Saya bahagia sekali bisa ngopi enak sambil menunggu keberangkatan.

Pembeli setelah saya memesan Es Kopi Malaka. Kata baristanya kopi susu ini pakai gula aren ya mirip-mirip es kopi susu negeri jiran. Selain kopi ada juga beberapa minuman nonkopi. Mulai dari teh sampai matcha. Intinya kalau kamu lewat terminal ini dan bingung mencari kopi enak. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan sisi kiri karena dia ada di sana.

Oh iya, kopinya dari Jakarta Coffee House yang memang sudah terkenal menyajikan kopi nikmat! Semoga di mana pun kita berada ritual ngopi takkan pernah lewat ya!

Travy Meal ; Jakarta Coffee House

Terminal 1B Keberangkatan Domestik

Bandara Internasional Soekarno Hatta

Cengkareng, Indonesia 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Padahal saya lewat sini tiap weekend mau ke Bandarlampung! pelajaran buat saya juga, ga boleh anggap semua kopi di bandara itu “yagitudeh” :))

    trims infonya mbak Tika !

Leave a Reply

Your email address will not be published.