NIKMATNYA BUAT KOPI DENGAN VIETNAM DRIP, INI ALASANNYA

Ingin menikmati secangkir kopi lebih lama dari biasanya, apakah kita termasuk penikmat kopi yang mencintai tiap detail proses seduhnya, mungkin vietnam drip bisa jadi salah satu alat kopi favorit.

DI ujung pekan sehari dalam seminggu, sangat perlu membahagiakan diri sendiri setelah beraktifitas selama weekdays. Hanya saja, pasti tiap orang punya cara mereka sendiri untuk merayakan akhir pekan yang bahagia. Jalan-jalan ke destinasi wisata misalnya, atau di rumah seharian dengan secangkir kopi favorit mereka dan menikmati tiap teguknya. Tidak hanya menikmati kopi, proses seduhnya pun memberikan momen relaksasi untuk beberapa orang. Dari mulai grinding biji kopi hingga menjadi bubuk kopi, hingga proses pouring ketika air seduhan membasahi bubuk kopi, aroma dari kopi terlepas dimulai sejak biji kopi digiling dan menjadi aroma relaksasi yang mampu membahagiakan diri.

Salah satu alat seduh kopi yang bisa menciptakan relaksasi ketika proses seduh adalah vietnam drip. Penasaran dengan alat seduh satu ini, mungkin ulasan singkat ini akan menjawabnya.

Otted doc.

RITUAL SEDUH YANG MENENANGKAN
Berbeda dengan alat seduh kopi lainnya yang terkadang mengedepankan proses seduh yang sebentar untuk sajian kopi, vietnam drip lebih menjanjikan pengalaman menikmati proses seduh yang menyenangkan. Bagaimana tiap tetes ekstraksi kopi jatuh ke dalam cangkir, tetes demi tetesnya, dan memberikan kita pengalaman di tiap proses seduhnya. Mempersiapkan segala hal dan menunggu ekstraksi kopi secara menyeluruh jatuh ke cangkir kopi. Sangat hikmat untuk bersantai atau pun menikmatinya di tengah obrolan, dan biarkan ekstraksi pada vietnam drip mulai memberikan aroma di tiap proses seduhnya.

MAKIN SERU DISAJIKAN DENGAN SUSU
Di asalnya, sajian vietnam drip umumnya menggunakan biji kopi yang dipanggang dark, tentunya karakter rasa yang dihasilkan begitu kuat. Dan budaya ngopi di sana selalu menyajikan sajian kopi menggunakan susu kental manis, atau pun gula untuk menyeimbangkan karakter rasa. Hal ini yang membuat sajian tradisional vietnamese coffee menjadi menarik dan banyak yang ingin mencobanya.

NGOPI YANG SANTAI TAPI TETAP ELEGAN
Jika di Vietnam lebih banyak menggunakan biji kopi yang memiliki karakter rasa yang kuat, bukan berarti kita tidak bisa menyeduh kopi dengan biji kopi yang light. Sebagai teman membaca buku atau pun aktifitas lainnya, vietnam drip selalu bisa diandalkan. Cara seduhnya yang sederhana, memberi kesempatan untuk kita melakukan aktifitas lainnya, setelah air seduhan dituang seluruhnya, maka biarkan vietnam drip kemudian menjatuhkan tetes demi tetes hasil ekstraksi kopinya.

CARA NIKMAT MINUM STRONG COFFEE
Untuk beberapa orang yang mencari kandungan kafein tinggi tapi tidak ingin menikmati karakter rasa yang kurang bersahabat dari biji kopi yang strong. Sajian vietnamese coffee memberikan keramahan karakter rasa setelah dipadukan dengan susu kental manis. Ingin beraktifitas sepanjang hari tidak ada salahnya mencoba kopi robusta yang diberikan sentuhan susu untuk menyimbangkan karakter rasa.

Siapa bilang menggunakan alat kopi vietnam drip yang simpel ini tidak bisa eksplorasi sajian kopi, bahkan dalam khazanah kopi vietnam drip memiliki menu sajian kopi yang eksostis.

VIETNAMESE EGG COFFEE
Yang paling terkenal dengan alat seduh vietnam drip adalah sajian vietnamese coffee, yang mana sajian ini menggabungkan karakter rasa kopi yang kuat dan manisnya susu kental. Pada rasio yang tepat, susu kental manis dimasukkan terlebih dahulu pada cangkir, dan kemudian ekstraksi kopi akan menetes perlahan ke cangkir melalui vietnam drip. Dan paling seru lagi, untuk eksplorasi sajian ini, kita bisa masukkan kuning telur ke dalam sajian kopi kita, penasaran kan. Jadi telur yang digunakan adalah kuning telurnya, dan selanjutnya kuning telur dimasukkan ke cangkir bersamaan susu kental manis, menunggu hasil ekstraksi menetes kemudian diaduk dan sajian Vietnamese Egg Coffee telah siap tersaji.

VIETNAMESE GINGER COFFEE
Tidak ada salahnya mencoba sajian kopi menggunakan vietnam drip dengan menambahkan jahe pada kopi. Karakter rasa jahe yang begitu eksotis menambah kesan rasa dari sajian kopi kita lebih menarik. Tidak terlalu sulit untuk membuatnya, sama seperti metode seduh biasanya menggunakan vietnam drip, tapi pada tahap finishingnya menambahkan potongan jahe pada cangkirnya. Bagaimana ingin mencoba sajian kopi ini?

src: dailynexus.com weaverscoffee.com img: steemit

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.